Happy Milad Artinya Apa?

Posted on

Serba-Serbi Ucapan Selamat Ulang Tahun dalam Bahasa Arab

Halo sahabat muslim. Adakah yang sedang berulang tahun hari ini? Hari ulang tahun adalah hari yang sangat spesial bagi mereka yang berulang tahun. Ketika seseorang berulang tahun, beberapa umat Islam sering mengucapkan happy milad. Happy milad artinya apa, sih? Apakah mengucapkannya diperbolehkan dalam agama Islam? Yuk, cari tahu di sini!Happy Milad


Happy Milad Artinya Apa?

Umat Islam modern di Indonesia sering mengucapkan happy milad saat mengetahui bahwa teman atau keluarga mereka sedang berulang tahun. Apakah maksud dari ungkapan tersebut?

Baca Juga : Arti Alhamdulillah Wa Syukurillah


  • Arti Kata Happy

Seperti yang sudah sahabat muslim ketahui, ‘happy’ adalah sebuah kata yang berasal dari bahasa Inggris. Kata tersebut memiliki beberapa makna, yaitu bahagia dan selamat. Pemaknaan tersebut erat kaitannya dengan konteks di mana kata tersebut diucapkan.

Dalam kata ‘happy milad,’ kata ‘happy’ bermakna selamat. Hal ini dapat kita ketahui dari konteks penggunaannya, yaitu diucapkan saat seseorang berulang tahun. Pemilihan kata bahasa Inggris dalam ungkapan tersebut dilakukan agar mereka yang mengucapkannya terkesan modern, namun tetap Islami


  • Arti Kata Milad

Sedangkan ‘milad’ adalah kata dalam bahasa Arab. Kata tersebut berasal dari kata ‘maulud,’ yang artinya kelahiran, sehingga kata ‘milad’ dapat diartikan sebagai kelahiran.


  • Arti Ungkapan Happy Milad

Sehingga, jika kedua kata tersebut dipadukan dan diartikan secara mentah-mentah, maka berarti selamat kelahiran. Dengan demikian, sahabat muslim dapat memaknainya sebagai ucapan yang berarti ‘selamat hari kelahiran’ atau ‘selamat ulang tahun.’

Namun, perlu diingat bahwa kata happy milad ini hanya populer digunakan oleh umat Islam di Indonesia. Bangsa Arab sendiri menggunakan ungkapan yang berbeda dalam mengucapkan selamat ulang tahun. Ucapan tersebut adalah  ‘eid mawlid saeed’ atau ‘eid milad saeed.’

Baca Juga : Contoh Yang Tepat Menggunakan Kalimat Naudzubillah Min Dzalik


  • Hukum Mengucapkan Selamat Ulang Tahun

Hukum merayakan ulang tahun dan mengucapkan selamat ulang tahun menjadi perdebatan dalam agama Islam. Beberapa ulama menganggapnya sebagai bid’ah karena kedua hal tersebut tidak ada dalil atau aturannya.

Di sisi lain, ulama-ulama lain menilainya sebagai mubah yang jika dilakukan maupun ditinggalkan tidak akan mendatangkan pahala ataupun dosa. Dengan catatan, keduanya tidak boleh dilakukan secara berlebihan. Di samping itu, perayaan dan ucapan selamat tersebut tidak boleh melanggar hukum Islam.

Pendapat bahwa mengucapkan selamat ulang tahun atau happy milad adalah sesuatu yang mubah didasarkan pada sebuah kisah tentang Kaab bin Malik yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari. Karena suatu alasan, ia tidak dapat ikut serta dalam perang Tabuk, sehingga ia pun kemudian bertaubat.

Selanjutnya, Kaab mendapat kabar bahwa taubatnya diterima oleh Allah SWT. Setelah itu, ia pun menemui Baginda Nabi SAW untuk mengabarkan hal tersebut. Saat mendengar kabar ini, sahabat lain, Thalhah bin Ubaidillah lalu mengucapkan selamat kepadanya dan Baginda Nabi SAW tidak melarang Thalhah mengucapkan selamat.

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa mengucapkan selamat ulang tahun diperbolehkan dalam agama Islam. Ucapan ini sebagai salah satu wujud rasa syukur atas nikmat Allah SWT. Baginda Nabi SAW sendiri selalu berpuasa pada hari kelahirannya, yaitu hari Senin, sebagai wujud rasa syukur.


Aneka Ucapan Ulang Tahun Islami

Ketika ingin mengucapkan selamat ulang tahun kepada teman atau keluarga, sahabat muslim dapat menggunakan beberapa variasi ucapan ulang tahun Islami, yakni:

Baca Juga : Apa Bedanya Syukran Jazilan dengan Syukran Lainnya?


  • Happy Milad

Ucapan ini sangat cocok bagi sahabat muslim yang ingin menunjukkan kepribadian Islami, namun modern. Selain itu, ungkapan ‘happy milad’ ini lebih pas diucapkan kepada teman atau mereka yang lebih muda daripada sahabat muslim.


  • Yaumul Milad

Ucapan selamat ulang tahun yang Islami ini terdiri dari kata ‘yaumul’ yang berarti hari dan ‘milad’ yang berarti kelahiran. Sehingga ungkapan tersebut terdengar lebih formal daripada ucapan ‘happy milad.’ Ungkapan tersebut lebih pas jika diucapkan kepada mereka yang lebih tua daripada sahabat muslim.


  • Happy Milad, Barakallah Fii Umrik

Kedua ungkapan di atas terbilang praktis dan singkat. Jika sahabat muslim ingin ucapan yang lebih panjang dan mengandung doa, maka sahabat muslim dapat menambahkan ‘barakallah fii umrik’ di belakang frase ‘happy milad’. Dengan penambahan ini, ucapan tersebut bermakna ‘selamat ulang tahun, semoga Allah SWT selalu mengkaruniakan berkah atas umurmu.’

Apabila mendapat ucapan seperti di atas, maka sahabat muslim harus membalasnya dengan ungkapan yang tepat. Pertama, segera aminkan doa yang diucapkan oleh orang lain tersebut. Setelah itu, sahabat muslim harus membalas dengan cara mendoakan orang yang mengucapkan, seperti:

Baca Juga : Nama Pembawa Rezeki dan Keberuntungan


  • Wa Fiika Barakallah

Doa balasan ini khusus diucapkan kepada laki-laki. Arti ucapan ‘wa fiika barakallah’ tersebut adalah ‘semoga Allah juga memberkahi (orang yang mengucapkan).’


  • Wa Fiiki Barakallah

Jika orang yang memberi ucapan selamat adalah perempuan, maka doa balasannya adalah ‘wa fiiki barakallah.’ Arti doa tersebut sama seperti arti balasan doa untuk laki-laki.


Doa untuk Mereka yang Berulang Tahun

Ketika teman atau keluarga berulang tahun, ucapan selamat atau ‘happy milad’ saja tidak cukup. Sahabat muslim tentu harus mendoakan kebaikan untuk mereka. Doa tersebut ada berbagai macam, meliputi:

Baca Juga : Makna Kata Antum, Contoh Penulisan dan Penggunaannya


  • Doa Umur Panjang dalam Keberkahan

Tidak ada salahnya bagi sahabat muslim untuk mengucapkan doa ‘semoga panjang umur’ kepada teman atau keluarga. Namun, sebaiknya sahabat muslim mendoakan agar mereka yang berulang tahun mendapat umur panjang yang penuh berkah.


  • Doa Memohon Rezeki yang Halal dan Baik

Saat mengucapkan ‘happy milad,’ sahabat muslim dapat menambahkan doa memohon rezeki yang halal dan baik atas mereka yang berulang tahun. Doa ini juga cocok diucapkan ketika diri sendiri berulang tahun.


  • Doa Keselamatan

Sahabat muslim pasti menginginkan keselamatan dan kebahagiaan di dunia akhirat, sehingga sahabat muslim perlu memberikan doa ini kepada teman, keluarga, atau diri sendiri saat berulang tahun.

Baca Juga : Akhi Artinya Laki-Laki Baik, Benarkah?

Happy milad artinya adalah selamat hari kelahiran. Mengucapkan ungkapan tersebut tidak akan membuat sahabat muslim menanggung dosa, begitu pula memberi kado dan merayakan ulang tahun. Namun, semua itu harus dilakukan tanpa melanggar hukum Islam, misalnya tanpa ritual tiup lilin.

Pemuda Muslim Yang Hoby Menulis #Publisher #Programmer #Blogger #SEO