Hizib Maghrobi : Pengertian, Fungsi dan Bacaannya

Posted on

Hizib Maghrobi

Sahabat Muslim, pernahkah mendengar istilah hizib? Buat Sahabat Muslim yang belum pernah mendengar istilah hizib, kali ini kita akan membahas apa sih itu hizib dan apa fungsinya. Sahabat Muslim mungkin pernah memanjatkan zikir atau wirid. Nah, di dalam wirid itulah terdapat serangkaian hizib. Hizib sendiri ada beberapa jenisnya dan yang terkenal salah satunya adalah hizib maghrobi.Hizib Maghrobi

Ada banyak sekali keutamaan yang Sahabat Muslim dapatkan dengan mengamalkan hizib ini. Namun, Sahabat Muslim tidak bisa sembarang mengamalkan hizib, ya! Ada beberapa aturan yang harus Sahabat Muslim lakukan sebelum melakukan amalan hizib. Untuk tahu lebih jelasnya mengenai hizib al-maghrobi, yuk Sahabat Muslim cek pembahasannya lebih detail di bawah ini!

Baca Juga : Bacaan Ratib Al- Attas


Pengertian  Hizib Maghrobi

Hizib maghrobi atau amalan maghrobi adalah salah satu bentuk pengamalan dari cabang ilmu bernama hikmah atau batin. Amalan hizib ini sangatlah tersohor di kalangan spiritualis karena mempunyai beberapa fungsi atau khasiat. Amalan maghrobi tidak hanya digunakan sebagai sarana untuk beribadah saja, namun juga untuk bermunajat kepada Allah.

Amalan maghrobi ini dipercaya bisa menjadi sarana untuk memenuhi segala hajat yang Sahabat Muslim butuhkan. Sahabat Muslim yang membutuhkan perlindungan dari berbagai macam mara bahaya dan bencana bisa mengamalkan hizib ini.

Ada banyak sekali jenis amalan maghrobi yang diajarkan oleh para ahli spiritualis karena memang ada beberapa versi. Adapun hizib ini dinamakan dengan “Maghrobi” karena amalan ini dicetuskan oleh ulama tasawuf dari negeri Al-Maghribi.

Manakah negeri yang dimaksud dengan Al-Maghribi? Buat Sahabat Muslim yang tidak tahu negara mana yang mendapat julukan Al-Maghribi, Maroko adalah negeri yang disebut Maghribi tersebut. Namun negeri Maghribi bukan hanya julukan untuk Maroko saja. Ada negara lainnya di kawasan Afrika Utara yang mendapat julukan negeri Al-Maghribi seperti  Aljazair dan Tunisia.

Baca Juga : Bacaan Ratib Al-Haddad Latin

Di negeri-negeri inilah, lahir banyak sekali tokoh-tokoh intelektual agama yang menciptakan berbagai karyanya. Mulai dari tokoh agama yang bergerak di bidang fiqih hingga ilmu hikmah. Salah satu tokoh agama yang dikenal menciptakan amalan maghrobi ini adalah Maulana Muhammad Al Maghribi, ia berasal dari Maroko.

Menurut sejarah, dia adalah tokoh agama yang menjadi salah satu anggota Walisongo angkatan pertama dan mendapat tugas untuk menyiarkan Islam di pulau Jawa.  Ia adalah ulama yang menciptakan salawat “Nariyah” yang banyak dinyanyikan hingga saat ini.


Fungsi Hizib Maghrobi

Buat Sahabat Muslim yang bertanya-tanya, apa sih fungsi mengamalkan hizib al-maghrobi ini? Nah, sebenarnya amalan maghrobi sendiri mempunyai beberapa fungsi atau khasiat jika Sahabat Muslim mau rutin untuk membacanya. Berikut adalah fungsi atau khasiat dari amalan maghrobi :


  1. Memberi Keselamat Bagi yang Membacanya

Sahabat Muslim yang ingin selalu diberikan keselamatan, maka membaca amalan maghrobi ini bisa menjadi sarana untuk keselamatan Sahabat Muslim. Siapapun yang membacanya akan selamat dari apapun marabahaya yang datang.

Baca Juga : Cara Mengamalkannya Hizib Sakron


  1. Terhindar dari Tipu Muslihat Musuh

Tanpa Sahabat Muslim sadari, sebenarnya ada banyak musuh di sekitar kita yang mungkin saja iri dan dengki dengan pencapaian Sahabat Muslim dapatkan selama ini. Jika Sahabat Muslim ingin terhindar dari tipu daya dan muslihat musuh, baik yang terlihat maupun tidak, amalan maghrobi ini bisa menjadi sarana Sahabat Muslim untuk menghindari tipu daya itu.


  1. Menolak Sihir dan Kejahatan yang Datang

Jika Sahabat Muslim mau istiqomah dalam mengamalkannya, maka wirid maghrobi ini sangat berfungsi untuk menolak segala bentuk kejahatan yang datang menghampiri Sahabat Muslim. Entah kejahatan itu datang dalam bentuk sihir, santet ataupun senjata tajam, Sahabat Muslim akan terhindar dari segala bentuk kejahatan tersebut.


  1. Mengembalikan Bentuk Kejahatan itu Kepada Si Pengirim

Dengan mengamalkan maghrobi, Sahabat Muslim bukan hanya terhindar dari kejahatan dan mara bahaya berupa santet dan sihir saja, namun orang yang bermaksud mencelakakan Sahabat Muslim akan mendapat balasannya.

Kejahatan itu akan berbalik kepada orang yang mengirimkannya kepada Sahabat Muslim. Bisa jadi balasannya berupa hidup si pengirim akan menderita, susah dan bahkan meninggal tiba-tiba.


  1. Memberikan Aura Kharismatik

Untuk menumbuhkan aura kharismatik dan wibawa yang besar, Sahabat Muslim juga bisa mengamalkan hizib al-maghrobi ini. Sahabat Muslim akan dibekali aura yang penuh kharismatik dan memukau siapapun yang memandang Sahabat Muslim.


  1. Memudahkan Segala Urusan

Khasiat amalan maghrobi yang terakhir adalah bisa memudahkan apapun urusan Sahabat Muslim yang dirasa sulit untuk dihadapi.


Bacaan Hizib Maghrobi

Adapun  amalan maghrobi sendiri terdiri dari ayat-ayat Al-Qur’an, beberapa kalimat zikir dan rangkaian doa yang biasa dibaca ketika melafalkan wirid. Amalan maghrobi merupakan sarana ibadah yang bisa digunakan untuk lebih dekat kepada Allah.

Untuk bisa mengamalkan Maghrobi sendiri tidak membutuhkan syarat yang rumit seperti harus berpuasa dan melakukan jenis tirakat lainnya. Sahabat Muslim yang ingin sekali mengamalkan hizib ini bisa melafalkan bacaannya setiap hari.

Baca Juga : Pengertian Hizib Akbar


Adapun bacaan amalan maghrobi sendiri adalah :

  1. Ilaa hadhratin nabiyyil musthafaa sayyidinaa wa habiibinaa wa syafii’inaa rasuulillaah muhammad ibni ‘abdillaah shallallaahu ‘alaihi wa aalihi wa sallam, al faatihah…
  2. Ilaa hadhratil malaaikatil muqarrabiin wa hum jibraaiil wa mikaaiil wa israafiil wa ‘izraaiil wa munkar wa nakiir wa raqiib wa ‘atiid wa malik wa ridhwaan, al faatihah…
  3. Ilaa arwaahisy syaikh ‘abdul qaadir al jaylaanii qaddasallaahu sirrahul ‘aziiz, al faatihah…
  4. Ilaa khushuushan chairil anwar yang sudah mengijazahkan amalan maghrobi ini, al faatihah.
  5. Ilaa khushuushan…….( ucapkan nama lengkap Sahabat Muslim dan ibu Sahabat Muslim), al faatihah…

Wirid I: Bismillahirrohmanirrohim

Wirid II: Waidza bathosthum bathosthum jabbarin

Wirid III: Ya qowiyyu ya matin

Wirid IV: Allohumma sholli ala muhammad

Wirid V: Ya bathin

Wirid VI: Ya ghoni


Membuka amalan pertama:

Sahabat Muslim perlu membaca wirid di atas selama 3 atau 7 hari dengan rutin. Setiap bacaan Sahabat Muslim harus membacanya sebanyak 5 kali putaran tasbih. Nah, setiap putarannya, Sahabat Muslim harus membaca 100 kali sehingga totalnya membaca 500 kali. Setelah itu, cukup bacalah setiap malam Jumat atau 1 bulan sekali setiap malam Jumat.

Baca Juga : Khasiat Mengamalan Hizib Ikhfa

Apabila Sahabat Muslim ingin sekali mendapatkan khasiat dari hizib maghrobi ini, cobalah untuk tekun dalam mengamalkannya, ya!

Pemuda Muslim Yang Hoby Menulis #Publisher #Programmer #Blogger #SEO