Huruf Ikhfa dan Artinya

Posted on

Sahabat muslim yang budiman, apakah sudah mengetahui mengenai hukum bacaan ikhfa? Beberapa orang tanpa sadar sudah bisa membaca hukum bacaan ikhfa, namun ada juga yang belum. Ikhfa artinya menyamarkan, sehingga perlu dibaca dengan samar-samar.Huruf Ikhfa dan Artinya

Ketika seseorang membaca Al-Qur’an dengan kaidah tajwid yang benar, maka sahabat muslim juga akan menyadari bahwa orang tersebut membaca dengan suara yang merdu dan nyaman didengar. Oleh karena itu, mempelajari ilmu tajwid memiliki manfaat yang sangat banyak untuk semuanya.

Baca Juga : Huruf Izhar Syafawi dan Contohnya


Pengertian Ikhfa Artinya

Di dalam ilmu tajwid, ikhfa memiliki arti menyamarkan. Menyamarkan di sini memiliki maksud menyembunyikan huruf tertentu ke dalam huruf yang ada setelahnya. Cara membaca ikhfa yaitu dibaca dengan ghunnah atau bunyi dengung.


Macam-Macam Ikhfa

Berdasarkan hukum bacaan nun sukun atau tanwin dan bacaan mim mati, terdapat dua macam jenis ikhfa. Macam-macam ikhfa tersebut adalah ikhfa haqiqi dan ikhfa syafawi. Berikut merupakan Penjelasan dari macam-macam ikhfa:


  • Ikhfa Haqiqi

Ikhfa haqiqi memiliki arti menyamarkan atau menyembunyikan huruf nun mati atau tanwin kepada huruf ikhfa yang ada di depan. Ikhfa haqiqi perlu dibaca dengan dengung selama dua sampai tiga harakat atau menyamarkan nun sukun atau tanwin dengan ghunnah.

Selanjutnya, memasukkan ke huruf ikhfa yang berada di depannya. Huruf-huruf ikhfa haqiqi, yaitu  ك ,  ق ,  ف ,  ظ ,  ط , ض , ص ,  ش, س ,  ز , ذ ,  د ,  ج , ث , dan ت .

Baca Juga : Contoh Huruf Izhar dan Cara Membacanya


  • Ikhfa Syafawi

Ikhfa syafawi bisa dijelaskan cara menyamarkan atau menyembunyikan huruf mim mati ke dalam huruf ikhfa syafawi yang hanya ada satu huruf, yaitu ba’.

Ikhfa syafawi juga harus dibaca dengan dengung dan samar. Sahabat muslim tidak perlu memberikan penekanan yang kuat pada bibir ketika membacanya.


Pengertian Ikhfa Haqiqi

Ikhfa artinya menyembunyikan atau menyamarkan. Secara istilah, ikhfa berarti mengungkapkan huruf yang mati dan tersembunyi pada bacaan antara terang dan memasukkan dengan cara dengung di huruf pertama.

Dari penjelasan tersebut dapat diketahui bahwa saat membaca bacaan dengan hukum ikhfa, maka pengucapannya perlu dilakukan secara samar-samar antara terang atau izhar dan memasukkan pada huruf lain atau idgham disertai dengung.

Untuk lebih mudah, saat sahabat muslim membaca nun mati atau tanwin seolah bertemu dengan huruf “ng”. Huruf ikhfa haqiqi ada 15, yaitu  qaf ( ق  ), kaf (  ك ), , fa’ ( ف ), dhad ( ض ), zha ( ظ ), tha ( ط  ), shad ( ص ), sin ( س  ), syin ( ش ), za’ ( ز  ), dal ( د  ), dzal ( ذ  ), jim ( ج ), tsa’ ( ث ), dan ta’ ( ت ).

Mengapa jika tanwin atau nun sukun bertemu dengan huruf-huruf tersebut harus dibaca dengan hukum bacaan ikhfa? Hal tersebut dikarenakan makhraj huruf ikhfa haqiqi tidak berada dekat dengan makhraj nun, seperti huruf idgham bigunnah dan tidak terlalu jauh seperti makhraj huruf idzhar halqi.

Panjang harakat ikhfa yaitu sebanyak 2 harakat atau satu alif. Bagaimana tandanya membaca ikhfa yang benar? Sahabat muslim dapat merasakannya di bagian hidung. Ketika membaca hukum bacaan ikhfa, maka hidung juga akan terasa bergetar.

Cara kedua untuk mengetahui hukum ikhfa yaitu saat membaca Al-Qur’an lalu bertemu dengan bacaan لِمَنْ شَا ءَ coba tekan bagian hidung beberapa saat maka akan terasa terhenti.

Baca Juga : Contoh Mad Tamkin


Tingkatan Bacaan Ikhfa Haqiqi

Dalam Ikhfa Haqiqi terdapat beberapa pembagian tingkatan bacaan, yaitu ikhfa aqrob, ikhfa ausath, dan ikhfa ab’ad. Berikut merupakan penjelasan dari pembagian tingkatan bacaan ikhfa haqiqi:


  • Ikhfa Aqrob

Arti dari ikhfa aqrob yaitu dekat. Ikhfa aqrob terjadi ketika terdapat nun mati atau tanwin yang bertemu dengan huruf, ta’, dal, dan tho’.

Diberi nama ikhfa aqrob dikarenakan nun sukun atau tanwin yang bertemu dengan huruf ikhfa memiliki makhraj yang paling dekat dibandingkan dengan lima belas huruf Ikhfa yang lainnya.

Huruf ta’, dal, dan tho makhrajnya berasal dari pangkal gigi seri atas dan dekat dengan makhroj huruf hijaiyah nun.


  • Ikhfa Ausath

Ikhfa ausath atau yang dikenal juga dengan nama ikhfa wustha artinya yaitu pertengahan. Ikhfa ausath terjadi saat nun sukun atau tanwin bertemu dengan sepuluh huruf ikhfa, yaitu ث – ج  –  ذ – س – ش – ص – ض- ظ – ف

Diberi nama ikhfa ausath dikarenakan nun sukun atau tanwin bertemu dengan huruf yang memiliki jarak makhraj pertengahan atau tidak terlalu dekat, dan tidak terlalu jauh dengan makhraj huruf hijaiyah nun.

Baca Juga : Contoh Mad shilah Thawilah


  • Ikhfa Ab’ad

Ikhfa ab’ad artinya adalah paling jauh. Hukum bacaan ikhfa ab’ad yaitu saat nun sukun dan tanwin bertemu dengan salah satu dari dua huruf ikhfa, yaitu qof dan kaf. Mengapa diberi nama ikhfa ab’ad?

Hal tersebut disebabkan nun sukun atau tanwin bertemu dengan huruf ikhfa yang makhrajnya berada paling jauh dari  makhraj huruf hijaiyah nun. Huruf ikhfa dengan makhraj huruf yang paling jauh yaitu huruf hijaiyah, qof dan kaf yang pengucapannya berasal dari pangkal lidah.


Contoh Ikhfa Haqiqi

Jumlah ikhfa haqiqi cukup banyak ditemukan di dalam Al-Qur’an. Berikut merupakan contoh-contoh dari hukum bacaan ikhfa haqiqi, yaitu:

Sebab Ikhfa Haqiqi Bacaan Cara Membaca
Tanwin ( ـًــ ) bertemu dengan huruf tsa’ ( ث ) مَا ءً ثَجَّا جًا Maa-anngtsajaajan
Nun mati/sukun (نْ) bertemu dengan huruf kaf ( ك ) اِنْ كُنْتُمْ In kunngtum
Nun mati/sukun (نْ) bertemu dengan huruf shad ( ص ) مِنْ صِيَامٍ Minng shiyaamin
Nun mati/sukun (نْ) bertemu dengan huruf dal ( د ) وَ مِنْ دُوْنِهِمَا جَنَّتٰنِ Waminng duunihimaa jannataan

Baca Juga : Contoh Mad Shilah

Huruf ikhfa memang ada banyak dan sulit untuk dihafalkan. Namun, ketika sudah mengerti dan memahami konsepnya, maka sahabat muslim bisa mengetahui apakah bacaan tersebut termasuk ke dalam hukum bacaan ikhfa atau hukum bacaan yang lainnya.

Pemuda Muslim Yang Hoby Menulis #Publisher #Programmer #Blogger #SEO