Ciri-ciri Isim Muannats

Posted on

Sahabat muslim sekalian, setelah mempelajari tentang isim mudzakkar sekarang meningkat untuk belajar jenis isim lainnya. Kali ini akan diuraikan mengenai isim muannats. Hampir sama dengan isim mudzakkar, bahwa muannats juga dipergunakan untuk menunjukkan kata benda yang mengarah pada jenis kelamin perempuan. Bisa dikatakan bahwa muannats adalah kebalikan dari mudzakkar.Isim Muannats

Penggolongan kata benda pada muannats ditujukan kepada wanita atau perempuan, baik yang tampak jelas maupun yang menjadi kesepakatan bersama. Dalam konsep kaidah bahasa Arab memang terdapat pengelompokan kata berdasarkan gender. Hal ini juga hampir sama dengan grammar pada bahasa Inggris tentang penyebutan kata benda yang berdasarkan jenis kelamin.

Baca Juga : Contoh dan Pembagian Isim Majrur


Isim Muannats

Bahasa Arab adalah salah satu bahasa yang memiliki struktur kata dan kalimat yang cukup banyak ketentuannya. Dalam satu kalimat bahkan bisa menjadi puluhan kata dengan arti yang baru. Keunikan ini juga bisa dilihat dari pembagian kata benda, yaitu sesuai dengan jenis kelamin, laki-laki dan juga perempuan. Untuk kata benda laki-laki lebih banyak dikenal dengan nama isim mudzakkar.

Penggolongan jenis kelamin ini bukan hanya berlaku untuk manusia, namun juga pada hewan atau binatang. Lalu bagaimana dengan benda yang tidak tampak jenis kelaminnya. Dalam kasus tersebut terdapat kesepakatan akan benda yang masuk ke penggolongan mudzakkar maupun muannats. Sahabat muslim akan mendapatkan ilmu pengetahun baru terkait kata benda (isim) yang ada.


Penggolongan Isim Muannats


  • Isim Muannats Lafdzi

Pengertian dari isim muannats lafdzi yaitu, suatu kata benda di mana fungsinya adalah menunjukan jenis kelamin perempuan yang dilihat dari wujud atau yang tampak. Muannats lafdzi ini dalam sebuah kalimat, memiliki tanda atau ciri yang menunjukkan akan jenis atau golongan muannats. Jenis muannats lafdzi tersebut sangat mudah ditemukan dalam kalimat.

Tanda yang paling mudah untuk melihat apakah kata tersebut termasuk dalam golongan muannats atau tidak adalah, dengan adanya huruf ta’ marbuthah ( ـة/ة ) sebagai huruf penanda. Selain itu kata tersebut juga secara jelas menunjukkan jenis kelamin perempuan, walaupun hanya sekilas dibaca. Contoh untuk isim jenis muannats lafdzi ini adalah:

Baca Juga : Contoh Isim Mudzakkar

Isim Muannats  Lafdzi Latin Bahasa Arab Terjemahan Bahasa Indonesia
فَاطِمَة faatimatun Fatimah
عَائِشَةٌ aisyatun Aisyah
خَدِيْجَةُ khodiijatun Khodijah
مسلمة muslimatun Muslimah
صابرة shoobirotun wanita yang sabar

Isim Muannats Haqiqi

Nama isim ini mungkin hampir mirip dengan mudzakkar haqiqi. Memang jenis dan sifat dari isim ini sama dengan mudzakkar, hanya saja untuk muannats haqiqi diperuntukkan bagi perempuan. Secara umum pengertian dari muannats haqiqi adalah suatu kata benda yang menunjukkan pada manusia ataupun hewan yang berjenis kelamin perempuan.

Isim Muannats  Haqiqi Latin Bahasa Arab Terjemahan Bahasa Indonesia
عَمَّةٌ ammatun bibi dari ayah
خَالَةٌ khoolatun bibi dari ibu
أُخْتٌ akhtun saudara perempuan
نَدَى nadaa nada
طَالِبَةٌ tholibatun mahasiswi

Isim Muannats Majazi

Untuk isim muannats majazi ini merupakan sebuah kata benda yang menjadi kesepakatan dari orang Arab akan gender suatu benda. Jadi dalam beberapa hal, terdapat kata benda yang tidak nampak jenis kelaminnya, apakah perempuan atau laki-laki. Untuk menggolongkannya pada mudzakkar atau muannats, dilakukan kesepakatan akan gender benda tersebut.

Baca Juga : Contoh Isim Isyarah

Walaupun bagi beberapa orang kata tersebut tidak tampak atau tidak ada bedanya antara laki-laki maupun perempuan, tapi bagi orang Arab tetap ada pengelompokkan kata bagi kata benda yang tak tampak gendernya. Hal ini sesuai dengan kaidah bahasa Arab yang umum digunakan. Beberapa contoh kata muannats majazi adalah sebagai berikut:

Isim Muannats  Majazi Latin Bahasa Arab Terjemahan Bahasa Indonesia
مَدْرَسَةٌ madrosatun sekolah
سَمَاءٌ samaaun langit
شَمْسٌ syamsun matahari
يَدٌ yadun tangan
عَيْنٌ ainun mata

Isim Muannats Ma’nawi

Isim ini menunjukkan akan suatu kata benda yang tidak terdapat tanda muannats. Namun makna atau arti dari kata tersebut telah menunjukkan bahwa itu adalah perempuan. Selain itu kata benda yang masuk dalam golongan ini adalah, tidak adanya tanda ta’ marbuthah, tetapi kata menyatakan sebagai perempuan. Contohnya adalah زَيْنَبٌ (nama seorang wanita ‘Zainab’)


Ciri Isim Muannats

  • Terdapat tanda ta’ marbuthah ( ـة/ة ) yang terletak pada akhir kata. Contoh dari kata ini adalah:
Muannats yang diakhiri dengan Ta Marbuthah ( ة ) Latin Bahasa Arab Terjemahan Bahasa Indonesia
فَاطِمَة faatimatun Fatimah
عَائِشَةٌ aisyatun Aisyah
  • Terdapat huruf alif maqshurah ( ى ) yang diletakkan pada akhir kata. Contoh dari ciri ini adalah sebagai berikut.

Baca Juga : Tasrif Isim Maf’ul

Muannats yang diakhiri dengan Alif Maqshurah ( ى ) Latin Bahasa Arab Terjemahan Bahasa Indonesia
نَدَى nadaa nada
حَلْوَى halwaa manisan
  • Adanya huruf alif mamdudah ( اء ) yang letaknya ada pada akhir kata. Beberapa contoh dari ciri kata ini adalah.
Muannats yang diakhiri dengan Alif Mamdudah ( اء ) Latin Bahasa Arab Terjemahan Bahasa Indonesia
سَمَاءٌ samaaun langit
أَسْمَاء asmaaun nama

Contoh Penggunaan Isim Muannats pada Kalimat

Contoh Kalimat Latin Arab Terjemahan Bahasa Indonesia Isim yang digunakan
يَفْتَحُ خَالَةٌ سُوْرٌ yaftahu khoolatun suurun Bibi membuka jendela Muannats Haqiqi
نَامَ عَائِشَةٌ عَلَى السَّرِيْرِ naama ‘aaisyatun a’laas syariiri Aisyah tidur di atas ranjang Muannats Haqiqi
رَكِبَ زَيْنَبُ الحِصَانَ rokiba zainabul hisaana Zainab menunggangi kuda Muannats Haqiqi
يَدْخُلُ الهَوَاءَ فِي الحُجْرَةِ yadkhulul hawaa’a fii hujroti Udara masuk kamar Muannats Majazi
تُصْنَعُ الأَحْذِيَةُ مِنَ الجِلْدِ tushna’ul lahdziyatun minal jildi Sepatu dibuat dari kulit Muannats Majazi

Cara Merubah Isim Mudzakkar Menjadi Isim Muannats

Pada awalnya, semua kata benda dalam bahasa Arab termasuk dalam isim mudzakkar. Seperti yang telah diketahui bahwa isim mudzakkar adalah kata benda yang menunjukkan pada jenis kelamin laki-laki. Namun pada perkembangannya, terdapat beberapa kata yang hurufnya dapat diubah menjadi muannats atau menunjukkan jenis kelamin wanita.

Untuk bisa mengubah kata benda yang sifatnya mudzakkar menjadi muannats, caranya cukup mudah. sahabat muslim hanya perlu menambahkan huruf ta’ marbuthah ( ـة/ة ) atau huruf alif maqshurah ( ى ) pada akhir kata. Huruf tersebut adalah ciri yang menunjukkan bahwa kata tersebut adalah muannats. Beberapa kata yang telah diubah dari mudzakkar menjadi muannats antara lain.

Baca Juga : Contoh Nahwu Shorof

Isim Mudzakkar Terjemahan Bahasa Indonesia Isim Muannats Terjemahan Bahasa Indonesia
مسلم Muslim مسلمة Muslimah
طالب Mahasiswa طالبة Mahasiswi
مدرس Guru Pria مدرسة Guru Perempuan
أَنْتَ Saudara أَنْتِ Saudari
جَدٌّ Kakek جَدَّةٌ Nenek

Keunikan dan keragaman tata bahasa Arab yang menarik, akan menambah pengetahuan sahabat muslim sekalian. Tentunya untuk bisa membuat sebuah kalimat yang baik harus digunakan gabungan kata yang benar pula. Dalam hal isim muannats tersebut, lebih kepada menunjukkan kata benda yang memiliki ciri atau sifat wanita/perempuan. Muannats memiliki ciri khas dengan adanya huruf ـة/ة dan ى.

Pemuda Muslim Yang Hoby Menulis #Publisher #Programmer #Blogger #SEO