Makna Ucapan Mabruk Alfa Mabruk

Posted on

Pengertian Mabruk Alfa Mabruk

Jumpa lagi dengan para sahabat muslim sekalian, semoga senantiasa diberikan kesehatan dan rahmat dari Allah SWT. Kesempatan kali ini adalah untuk membahas tentang mabruk alfa mabruk artinya dan juga penggunaannya. Bagi sahabat muslim, mungkin sudah pernah mendengar tentang kata mabruk alfa mabruk. Kalimat ini sering diucapkan ketika ada orang yang berulang tahun.Mabruk Alfa Mabruk Artinya

Di kalangan umat muslim, kalimat mabruk alfa mabruk sudah sangat familiar. Bahkan ada juga lagunya sehingga lebih menarik. Ucapan ini bisa digunakan sebagai pengganti ucapan ulang tahun versi bahasa Indonesia. Selain lebih Islami, ucapan ini juga mengandung doa. Bagi yang mendapatkan ucapan mabruk alfa mabruk akan lebih senang dengan didoakan.

Baca Juga : Penggunaan Barakallahu Fiikum, Artinya, dan Keutamaannya


Mabruk Alfa Mabruk Artinya


  • Secara Harfiah

Ungkapan mabruk alfa mabruk berasal dari tulisan Arab (مَبْرُوْكْ اَلْفَ مَبَرُوْكْ). Secara harfiah, kata ini dapat diartikan sebagai “berkati seribu berkah” atau dapat juga berarti “dapat diberkati dengan ribuan berkah”. Tentu saja ketika teman, sahabat, keluarga, atau rekan kerja yang sedang berulang tahun, akan sangat senang jika ucapan selamat ulang tahun diganti dengan kalimat mabruk alfa mabruk.


  • Secara Etimologi

Menurut bahasa Arab, kalimat mabruk alfa mabruk terdiri dari 3 kata yaitu:

  • Mabruk (مَبْرُوْكْ) = berkah atau semoga berkah
  • Alfa = ribuan (banyak)
  • Alfa Mabruk (اَلْفَ مَبَرُوْكْ) = seribu berkah

Dengan kata lain, arti dari mabruk alfa mabruk adalah “semoga diberkahi dengan ribuan berkah”.


  • Secara Terminologi

Kata mabruk alfa mabruk diucapkan ketika ada orang yang berulang tahun. Kata ini sebagai pengganti ucapan selamat ulang tahun atau happy birthday. Mabruk alfa mabruk (مَبْرُوْكْ اَلْفَ مَبَرُوْكْ) berarti semoga mendapat rahmat serta beribu berkah.

Baca Juga : Jawaban Barakallahu Fiik yang Benar dan Waktu Tepat Menggunakannya


Penggunaan Kata Mabruk Alfa Mabruk

Mabruk alfa mabruk merupakan frasa yang sering digunakan untuk menyampaikan ucapan selamat ulang tahun. Frasa ini bukan hanya sebagai ucapan semata, namun juga berisi tentang perasaan dan doa bagi yang sedang berulang tahun. Dalam penggunaannya, frasa mabruk alfa mabruk disandingkan atau digabungkan dengan kalimat doa lainnya.

Apabila sahabat muslim akan memberikan ucapan selamat ulang tahun pada sahabat, kolega, saudara, atau orang terdekat bisa menggunakan kata ini. salah satu contoh penggunaannya adalah mabruk alfa mabruk ‘alaika mabruk, mabruk alfa mabruk yawm miiladik mabruk, yang artinya Selamat hari milad semoga mendapat rahmat dari Allahu Ahad sehingga hidup menjadi selamat.


Makna Ucapan Mabruk Alfa Mabruk

Ketika orang terdekat atau teman yang sedang berulang tahun, tentunya sahabat muslim ingin memberikan doa terbaik. Sebenarnya ucapan selamat ulang tahun bisa diucapkan dengan bahasa apa saja dan sesuai selera. Namun, agar tidak hanya sekedar ucapan gunakan saja kata mabruk alfa mabruk. Tahukah sahabat muslim sekalian, ucapan tersebut selain ungkapan selamat ulang tahun juga mengandung doa.

Saat mengucapkan mabruk alfa mabruk (مَبْرُوْكْ اَلْفَ مَبَرُوْكْ), secara otomatis juga sudah mendoakan keberkahan bagi yang berulang tahun. Hal ini karena arti dari kata tersebut adalah “semoga diberkahi dengan ribuan berkah” atau “berkah beribu berkah”. Ucapan ini bisa juga digabung dengan ucapan lainnya yang juga mengandung doa, contohnya mabruk alfa mabruk barakallah fii umrik.

Mabruk alfa mabruk memiliki makna sebagai harapan dan doa yang dilantunkan untuk orang yang sedang merayakan hari lahir. Dalam ajaran agama Islam, momen ulang tahun atau bertambahnya usia ini adalah waktu untuk introspeksi diri. Peringatan hari lahir menjadikan waktu yang tepat untuk merenungi apa yang telah dilalui sepanjang usia, apakah umur yang bermanfaat atau tidak.

Baca Juga : Wa Iyyaki Artinya Secara Bahasa dan Makna


Hukum Mengucapkan Ulang Tahun

Mungkin hampir Sebagian besar orang pernah merayakan ulang tahun. Walaupun bukan perayaan yang besar, bisa juga dengan sebuah perayaan sederhana. Hal yang penting adalah, iringan doa yang dilantunkan dalam perayaan hari lahir. Bukan hanya sekedar pesta namun juga dengan harapan, doa, serta kemasan acara terbaik untuk hidup yang lebih baik.


  • Dari Sisi Sosial

Sebagai makhluk sosial, memang tidak mungkin terlepas dari interaksi dengan orang lain. Termasuk dalam hal merayakan ulang tahun, karena hari tersebut adalah hari istimewa bagi yang merayakan. Sebagai muslim yang baik, sahabat muslim sekalian juga hendaknya menghargai dengan mengucapkan ulang tahun serta mendoakannya.

Mengucapkan mabruk alfa mabruk bukan hanya jika diundang pada acara ulang tahun, bahkan ketika sahabat atau orang terdekat sedang ulang tahun bisa saja langsung diucapkan. Dengan sikap tersebut, sahabat muslim telah menunjukkan sikap membahagiakan, ramah tamah, dan kepedulian. Ucapan selamat ulang tahun juga bisa sebagai kado, tidak harus dalam bentuk barang.


  • Dari Sisi Agama

Sahabat muslim sekalian, agama Islam juga mengatur tentang hukum seseorang mengucapkan selamat ulang tahun sebagai berikut:

  • Pendapat yang membolehkan mengucapkan selamat ulang. Hal ini didasarkan pada sebuah dalil bahwa tidak semua hal yang tidak dicontohkan oleh Rasulullah SAW berarti terlarang. Mengucapkan tersebut bersifat mudah (boleh) kecuali terdapat sebuah larangan.
  • Pendapat yang mengharamkan ucapan selamat ulang tahun. Hal ini didasarkan pada tidak adanya contoh dari Rasulullah SAW, ataupun para sahabatnya yang melakukan atau mengucapkan selamat ulang tahun.

Perayaan Ulang Tahun Dalam Islam

Merayakan ulang tahun dalam ajaran agama Islam, lebih dianjurkan dalam bentuk syukuran. Sangat tidak diperkenankan apabila merayakan ulang tahun dengan berpesta pora, foya-foya, dan kegiatan lain yang tidak bermanfaat. Tentu saja perayaan tersebut harus menyertakan iringan doa didalamnya. Beberapa contoh bentuk syukuran merayakan ulang tahun yang dianjurkan antara lain:

Baca Juga : Bahasa Arab Sama-Sama secara Bahasa dan Makna

  • Mengundang anak yatim atau kaum dhuafa.
  • Berbagai dengan orang yang kurang mampu, baik dalam keseluruhan acara atau setelah acara berakhir.
  • Muhasabah diri dan introspeksi akan perjalanan kehidupan yang telah dilalui.
  • Bersholawat atau melantunkan sholawat. Tidak dianjurkan memutar musik yang tidak baik dan berlebihan.

Dalam mengenang hari lahir, sahabat muslim sekalian dapat melakukan dengan berbagai cara. Salah satu hal sederhana yaitu memberikan ucapan dan doa. Ucapan yang baik akan membawa doa yang baik pula. Seperti mabruk alfa mabruk artinya semoga mendapat rahmat dan beribu berkah, sebuah kata sederhana namun sarat makna.

Pemuda Muslim Yang Hoby Menulis #Publisher #Programmer #Blogger #SEO