Contoh Yang Tepat Menggunakan Kalimat Naudzubillah Min Dzalik

Posted on

Saat sedang bercerita dengan teman atau keluarga, mungkin sahabat muslim pernah secara spontan mengucapkan naudzubillah min dzalik. Apalagi kalau ada kejadian tidak mengenakkan pada orang lain, yang takut terjadi pada diri sendiri. Tapi apakah sahabat muslim tahu naudzubillah min dzalik artinya apa? Biar tidak bingung dan salah saat menggunakannya, simak informasinya berikut ini!Naudzubillah Min Dzalik artinya


Naudzubillah Min Dzalik Artinya Adalah

Kalau dalam tulisan arab naudzubillah min dzalik ditulis نَعُوْذُبِاللهِ مِنْ ذَالِكَ, yang terdiri dari lima kata utama dengan artinya masing-masing. Naudzu atau dalam bahasa arab نعوذ dengan arti minta dijaga atau dijauhkan, kemudian kata bi بِ yang masuk dalam huruf jer dalam ilmu nahwu. Lalu kata Allah الله  dengan makna tuhan pencipta semesta alam.

Baca Juga : Contoh Yang Tepat Menggunakan Kalimat Naudzubillah Min Dzalik

Selanjutnya ada kata min من yang menyambungkan kalimat, terakhir kata dzalik maknanya adalah kata penunjuk sesuatu yang jauh atau sama artinya dengan kata “itu” dalam bahasa Indonesia. Jadi jika disimpulkan bahwa arti dari kalimat tersebut adalah, kami meminta perlindungan kepada Allah dari hal itu.

Berarti saat sahabat muslim menggunakannya usai mendengar kabar buruk adalah sangat tepat, karena sudah sewajarnya untuk meminta perlindungan dari Allah SWT atas hal-hal yang tidak baik. Jangan lupa untuk tetap berdoa, selanjutnya melakukan hal-hal yang bisa menjauhkan diri dari hal buruk tersebut.


Contoh Yang Tepat Menggunakan Kalimat Naudzubillah Min Dzalik

Kalimat naudzubillah min dzalik yang tepat, bisa sahabat muslim gunakan sesuai dengan beberapa contoh berikut ini.

  1. Ketika mendengar berita di televisi tentang musibah yang melanda sebuah lokasi, sahabat muslim bisa mengucapkan kalimat tersebut. Sehingga menjadi doa yang baik kepada Allah SWT, agar dihindarkan dari hal-hal yang tidak baik. Contohnya, mengucapkan kalimat tersebut saat melihat banjir bandang yang melanda kawasan Sulawesi beberapa waktu lalu.
  2. Saat terjadi sebuah peristiwa tidak baik di depan mata, seperti ada orang sedang bertengkar maka sebaiknya bisa menggunakan kalimat ini juga. Agar dalam kehidupan sendiri tidak mengalami hal-hal buruk tersebut. Contoh lainnya saat melihat kecelakaan yang terjadi ketika melintas di jalan raya, sahabat muslim ucapkanlah kalimat tersebut.
  3. Misalnya sahabat muslim sedang mendengar sebuah cerita dari teman yang kurang mengenakkan, dan takut itu terjadi pada diri sendiri dan menimpa lingkungan sekitar maka ucapkanlah kalimat tersebut. Agar Allah SWT senantiasa memberikan perlindungannya.

Contohnya: ketika teman menceritakan tentang perceraiannya, maka di dalam sahabat muslim bisa mengucapkan kalimat ini, sebagai bagian dari doa akan hal buruk itu tak terjadi pada rumah tangga sahabat muslim.

Baca Juga : Apa Bedanya Syukran Jazilan dengan Syukran Lainnya?


Manfaat Mengucapkan Kalimat Naudzubillah Min Dzalik

Banyak manfaat yang bisa sahabat muslim dapatkan, ketika menggunakan kalimat naudzubillah min dzalik  dengan tepat. Pertama adalah selalu merasa dekat dengan Allah SWT, sebab yang terlintas saat terjadi peristiwa buruk disekitar, maka ungkapan pertama adalah berdoa kepada sang pencipta.

Kedua adalah jika diucapkan dengan sungguh-sungguh, insya Allah akan menjauhkan diri dari hal-hal buruk yang ditakutkan. Karena Allah SWT selalu memerintahkan umatnya untuk berdoa dan mengingatNya. Seperti dijelaskan dalam Alquran Surat Ghafir ayat 60, yang maknanya Allah SWT menyuruh hambanya untuk berdoa kepadaNya agar bisa dikabulkan.

Ketiga yaitu memohon perlindungan dari Allah SWT, dari hal-hal yang tidak diinginkan. Karena hanya kepada Allah SWT sahabat muslim meminta pertolongan, dan perlindungan seperti dijabarkan di dalam Alquran surat Al-Falaq ayat 1-5, dan juga surat An-nass ayat 1-6. Ayat-ayat tersebut mempertegas bahwa manusia hanya memohon dilindungi oleh Allah SWT.


Kalimat Lain Yang Juga Sering Dipakai Selain Naudzubillah Min Dzalik

Selain kalimat naudzubillah min dzalik, beberapa ucapan dalam bahasa Arab juga sering digunakan dalam percakapan sehari-hari. Pertama adalah naudzubillah minannar atau dalam bahasa arab ditulis نعوذبالله من النار, yang memiliki arti “Kami meminta perlindungan kepada Allah SWT dari api neraka”. Kalimat ini juga sering diucapkan sebagai doa, agar terhindar dari hal-hal buruk yang tidak disukai Allah.

Baca Juga : Nama Pembawa Rezeki dan Keberuntungan

Kalimat berikutnya adalah Masya Allah yang sangat tepat dipakai, ketika sahabat muslim merasa takjub akan sebuah peristiwa atau benda. Ucapan ini ternyata punya dua makna jika ditinjau dari tafsir Syaikh Muhammad bin Shalih Al ‘Utsaimin, yang pertama yaitu apa yang diinginkan oleh Allah SWT itulah yang bakal terjadi. Kedua adalah yang terjadi itulah kehendak Allah dan tidak bisa diganggu gugat.

Dalam penggunaannya kalimat Masya Allah, diiringi dengan kata Tabarakallah yang artinya berkah dari Allah maka semuanya bisa terjadi. Makna gabungan keduanya adalah apapun yang sahabat muslim kagumi, memang karena kekuasaan dari Allah SWT bukan yang lain.

Baca Juga : Makna Kata Antum, Contoh Penulisan dan Penggunaannya

Apakah sahabat muslim sudah makin pahan tentang kalimat naudzubillah min dzalik artinya, apa saja contoh penggunaannya, dan apa manfaat dari menggunakan kalimat tersebut? Nah mulai sekarang tentu akan semakin nyaman untuk memakainya, karena ternyata dampaknya sangat luar biasa untuk diri sendiri bukan? Apalagi jika dibarengi dengan doa-doa mustajab hanya kepada Allah SWT.

Pemuda Muslim Yang Hoby Menulis #Publisher #Programmer #Blogger #SEO