Syukron Artinya secara Bahasa dan Makna

Posted on

Syukron Artinya

Terima kasih adalah salah satu ucapan yang dianjurkan dalam Islam bagi sahabat muslim sekalian. Syukron artinya terima kasih jika diterjemahkan dalam Bahasa Indonesia, sahabat muslim mungkin sering mendengarnya dari sesama muslim dan muslimah yang gemar berbahasa Arab. Artinya memang sangat mudah dipahami, namun bagaimana cara sahabat muslim menjawabnya?Syukron Artinya

Syukron dapat dijawab dengan aneka kosakata Bahasa Arab pengganti kata “sama-sama”, tetapi sahabat muslim akan menemukan perbedaannya karena di dalamnya mengandung doa. Ketika orang lain mengucapkan kata syukur dengan berterima kasih kepada sahabat muslim sekalian. Maka selayaknya dijawab dengan doa, agar sahabat muslim dapat membalasnya maka simaklah penjelasan berikut!


Tujuan Penting Mengucapkan Kata Syukron

Semua orang tentu tahu bahwa mengucapkan kata terima kasih sangatlah penting untuk menghargai jasa dan kebaikan orang lain kepada sahabat muslim. Sama seperti saat mengucapkan kata syukron, sahabat muslim patut mengatakan kata tersebut jika bertemu dengan orang asing berasal dari Timur Tengah. Atau ketika seorang sahabat memberi sesuatu sambil mendoakan sahabat muslim dalam Bahasa Arab.

Baca Juga : Arti Musytaq Dalam Islam

Ucapkanlah syukron untuk mengucapkan syukur atas kenikmatan Allah yang diberikan melalui orang lain. Kata syukron sama dengan ucapan terima kasih, sama juga jika sahabat muslim mengucapkan jazakallahu khoiron. Meski ucapan tersebut sangat singkat tetapi maknanya cukup dalam karena mengandung doa bagi sesama muslim.

Gunakan kata syukron jika orang di hadapan sahabat muslim sekalian memahami makna kata tersebut agar mereka dapat menjawabnya dengan benar. Namun jika menurut sahabat muslim seseorang itu tidak memahami makna dalam Bahasa Arab maka gunakan ucapan dan doa dengan bahasa yang dimengerti.


Syukron Artinya secara Bahasa dan Makna

Syukron secara bahasa diartikan terima kasih, namun maknanya cukup luas karena kata tersebut juga memiliki persamaan kata dengan sambungan kalimat yang lebih lengkap. Syukron bisa juga disebutkan dengan menambahkan katsiira sehingga pelafalannya menjadi syukron katsiira, artinya terima kasih banyak.

Penggunaan kata syukron sangat beragam, mirip seperti kosakata lain dalam Bahasa Arab yakni menggunakan tambahan kata yang disesuaikan subjek dan tujuan untuk mengucapkannya. Namun kata syukron tetap diletakkan di awal kalimat dan penambahan kosakata lain berada setelah syukron. Berterima kasih kepada seseorang atas kebaikan mereka sangat dianjurkan agar diiringi dengan doa.

Hal tersebut telah disebutkan oleh Nabi Muhammad SAW, yakni mengucapkan syukron ditambah doa yang baik dalam kalimat jazakallahu khoiron. Ketiga kata tersebut dapat disambungkan maupun diucapkan secara terpisah karena maknanya hampir sama. Nabi Muhammad menganjurkan untuk menyebutkan syukron diiringi dengan doa lengkap seperti, “Syukron, jazakumullaahu khoiron.”

Baca Juga : Musytaq Jiddan Rindu dalam Islam


8 Contoh Tepat Mengucapkan Kata Syukron

Kata syukron diucapkan untuk berbagai kondisi sehari-hari ketika sahabat muslim menerima segala sesuatu yang sifatnya baik dari orang lain. Misalnya bantuan secara fisik, materi, pemberian hadiah, serta pada proses serah terima ketika sahabat muslim melangsungkan akad jual beli. Berikut contoh penggunaan kata syukron yang tepat.


  • Syukron Katsiira

Dua kata ini bisa sahabat muslim ucapkan ketika merasa benar-benar tertolong oleh bantuan orang lain. Serta ketika sahabat muslim sekalian memperoleh kenikmatan yang disalurkan oleh orang lain dalam jumlah yang sangat melimpah.


  • Syukron yaa Habibi

Sambungan kata syukron di atas memiliki makna terima kasih yang tujuannya diucapkan kepada seorang kekasih. Namun sahabat muslim harus mengucapkannya pada kekasih laki-laki saat berada di hadapan sahabat muslim.


  • Syukron yaa Habibati

Jika tambahan kata habibi berarti kekasih laki-laki, maka habibati berarti kekasih perempuan. Syukron di sini memiliki makna ucapan terima kasih yang secara khusus sahabat muslim tujukan untuk seorang kekasih perempuan.


  • Syukron ‘ala Ihsani

Apabila sahabat muslim merasa sangat tersentuh atas kebaikan yang tulus dari seseorang maka ucapan terima kasih yang cocok digunakan adalah syukron ‘ala ihsani. Kata syukron dan sambungan kosakatanya tersebut bisa sahabat muslim ucapkan kepada siapapun, baik laki-laki maupun perempuan.


  • Syukron Jazilan

Syukron jazilan memiliki arti dan makna yang sama dengan kata syukron katsiira. Penggunaannya pun berlaku untuk semua orang yang sedang berada di hadapan sahabat muslim sekalian, laki-laki atau perempuan.

Baca Juga : Penggunaan Kata Afwan Jiddan dan Jawabannya


  • Syukron ‘ala Du’aiki

Apabila sahabat muslim berhadapan secara langsung maupun tidak langsung, atau diwakilkan dengan seseorang yang telah membantu sahabat muslim maka ucapkanlah kata tersebut. Namun sahabat muslim harus mengetahui siapa orang itu, karena syukron ‘ala du’aiki diucapkan kepada seorang perempuan


  • Syukron ‘ala Du’aika

Kali ini merupakan kebalikan dari ucapan syukron ‘ala du’aiki, Rangkaian kata syukron ‘ala du’aika dapat sahabat muslim ucapkan untuk seorang laki-laki yang telah berbuat baik dengan beragam cara meski tidak berbincang atau bertemu secara langsung.


  • Syukron Laki

Syukron laki adalah ucapan terima kasih yang bisa sahabat muslim sekalian berikan kepada seorang perempuan secara langsung dan bertatap muka. Arti kata tersebut yakni “Terima kasih kuucapkan kepadamu.”


Balasan Tepat dan Baik untuk Ucapan Syukron

Sahabat muslim yang kebingungan ketika ada seseorang mengucapkan kata syukron sebaiknya cukup dibalas dengan kata afwan. Jika ingin melengkapinya dengan doa bisa membaca kalimat afwan versi panjang dalam beberapa kategori sesuai tujuan sahabat muslim mengucapkannya. Sahabat muslim juga dapat membalasnya dengan mengucapkan beragam kata dari wa iyyak.

Afwan lebih sering diucapkan ketika seorang muslim telah mengucapkan syukron kepada seseorang. Sahabat muslim sekalian harus memahami bahwa kata tersebut memiliki banyak makna selain “sama-sama” karena arti katanya secara harfiah yakni maaf.

Baca Juga : Mengucapkan Ana Uhibbuka Fillah Termasuk Sunnah yang Ditinggalkan

Penjelasan tersebut menyimpulkan bahwa syukron artinya secara harfiah yakni terima kasih. Apabila sahabat muslim ingin menyertakan doa maka disarankan untuk menambahkan kosakata berisi doa untuk menghargai sebuah kebaikan dari orang lain. Sahabat muslim dapat mempraktikkannya dengan segera agar mengingat pentingnya mengucapkan doa saat berterima kasih pada orang lain.

Pemuda Muslim Yang Hoby Menulis #Publisher #Programmer #Blogger #SEO