Wa Iyyaki Artinya Secara Bahasa dan Makna

Posted on

Pengertian Wa Iyyaki

Saat ini banyak seorang muslim yang mengucapkan kalimat jazakallaah atau jazakumullaah kepada sahabat muslim sekalian. Namun sebagian besar dari sahabat muslim juga belum memahami cara tepat menjawab kalimat tersebut meski sering mendengarnya. Kini saatnya bagi sahabat muslim untuk mengetahui wa iyyaki artinya sekaligus waktu yang baik dan keutamaan mengucapkannya.Wa Iyyaki Artinya

Pernahkah sahabat muslim sekalian merasa kebingungan dan kurang percaya diri karena tidak dapat  menjawab ucapan jazakallaah atau jazakumullaah? Jangan khawatir, karena sahabat muslim dapat mempelajari arti kosakata dasar sehari-hari dalam Bahasa Arab dengan benar dari sini. Penjelasan berikut bisa menjadi acuan bagi sahabat muslim untuk mulai memahami dan mempraktikkan wa iyyaki dengan tepat.

Baca Juga : Bahasa Arab Sama-Sama secara Bahasa dan Makna


Pembahasan Awal sebelum Memahami Arti “Wa Iyyaki”

Pengertian kata Wa iyyaki secara umum dapat dipahami sebagai kalimat jawaban dari ucapan dan doa “Jazakallaahu Khoiron”. Namun kata tersebut bukan menjadi satu-satunya, mengingat dalam Bahasa Arab terdapat beberapa pengucapan dan pergantian kata yang berbeda disesuaikan dengan jumlah dan jenis kelamin lawan bicara.

Sebelum sahabat muslim mengetahui lebih detail mengenai makna dan tujuan mengucapkan wa iyyaki, maka pahami terlebih dahulu tentang kata jazakallaah khoiron. Dua kata tersebut jika diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia menjadi sebuah kalimat berisi doa yakni “semoga Allah memberikan balasan yang baik kepadamu.” Kata itu yang nantinya harus dijawab dengan wa iyyaka.

Selain jazakallaahu khoiron, sahabat muslim juga bisa mengucapkannya kepada seseorang yang telah berterima kasih atau mengatakan kata “Syukron” kepada sahabat muslim sekalian. Meski tidak terdapat fatwa atau dalil secara khusus tentang cara untuk saling merespon. Tetapi sahabat muslim dapat mempraktikkannya karena di dalam kalimat jawaban tersebut juga ada makna baik bagi orang lain.

Apabila sahabat muslim sekalian pernah mempelajari Bahasa Arab dasar sedikit pasti sangat mengenal tentang ciri khas dalam bahasa tersebut. Hampir sama dengan Bahasa Inggris, dalam Bahasa Arab sahabat muslim harus mengganti suku kata jika berbicara dengan jenis subjek yang berbeda.

Baca Juga : Na’am Artinya secara Bahasa dan Makna

Namun Bahasa Arab memiliki kosakata yang lebih kaya, dan hal itu membuat wa iyyaki tidak dapat dilontarkan kepada semua orang di hadapan sahabat muslim. Penggunaan wa iyyaki dapat dilakukan jika di hadapan sahabat muslim merupakan seorang muslimah atau perempuan muslim. Sementara penggunaan selebihnya untuk orang lain tidak bisa, sahabat muslim harus menambahkan atau mengganti suku kata.


Wa Iyyaki Artinya secara Bahasa dan Makna

Wa iyyaki berasal dari kata dasar wa iyyaa, dan jika sahabat muslim cukup teliti mungkin akan langsung mengingat ayat yang ada dalam Surah Al-Fatihah. Di dalamnya juga dicantumkan sebuah kata “wa iyyya” yang disambungkan menjadi kalimat wa iyyaakana’budu wa iyyaa”ka nasta’iin. Kata tersebut memiliki makna baik untuk menjawab doa seseorang yang telah berterima kasih kepada sahabat muslim.

Penggunaan wa iyyaki juga perlu dipahami oleh sahabat muslim dengan benar karena pelafalan dan penulisannya bisa berbeda jika sahabat muslim membalasnya untuk selain muslimah atau perempuan. Apabila sahabat muslim hendak membalas ucapan terima kasih yang berasal dari sesama muslim dalam jumlah banyak atau orang tersebut adalah laki-laki maka gunakanlah kata berikut:

  • Wa iyyaakum digunakan untuk membalas ucapan syukron, jazakumullah khoiron katsiiraa, Jazakunallah khoiron katsiira, dan jazakumullah khoiron katsiiraa. Artinya dijadikan ucapan balasan kepada orang banyak, baik itu perempuan atau laki-laki (jamak), sekaligus perempuan dan laki-laki.
  • Wa iyyaka diucapkan ketika sahabat muslim mendapatkan terima kasih dari seorang muslim laki-laki secara tunggal. Kalimat tersebut berarti sebuah doa dan harapan agar kebaikan kembali kepada orang laki-laki yang berterima kasih kepada sahabat muslim.

4 Keutamaan Menjawab Jazakallaahu Khoiron dengan Wa Iyyaki

Apabila sahabat muslim mendapatkan doa yang baik dari seseorang ketika mereka juga berterima kasih atas kebaikan sahabat muslim, maka sudah sepatutnya turut membalas doanya. Keutamaan membalasnya dengan Wa iyyaki kepada seorang muslimah sebagai berikut:

Baca Juga : Mengenal Kata Afwan, Artinya, Makna, dan Penggunaan yang Benar


  • Saling Mendoakan bagi Sesama Muslim

Seorang muslim sebaiknya saling mendoakan kepada sesama dan mampu bersyukur atas segala nikmat yang diberikan Allah kepada mereka. Ucapan syukur bisa diwakili melalui jazakallaahu khoiron dan syukron karena di dalamnya juga terdapat doa bukan sekedar ungkapan terima kasih. Ketika sahabat muslim mendengarkan doa yang baik dari orang yang bersyukur maka patut membalasnya.


  • Menghargai Ucapan Terima Kasih dari Seorang Perempuan

Perempuan adalah makhluk mulia yang hatinya dibuat lebih lembut sehingga akan mudah tersentuh ketika sahabat muslim membalas ucapan syukur dan terima kasih dari mereka. Hal tersebut juga menjadi bentuk kerendahan hati sahabat muslim sekalian untuk menghargai ucapan terima kasih mereka. Karena mereka merasa bahwa balasan terbaik dari pemberian sahabat muslim melalui ungkapan doa.


  • Menghindari Kesombongan dan Riya Setelah Membantu Orang Lain

Sebagian besar dari sahabat muslim secara sadar dan tidak sadar melakukan riya ketika sedang membantu orang lain. Namun hal tersebut bisa sahabat muslim hindari dengan membalas doa dan ucapan terima kasih menggunakan kalimat wa iyyaki. Doa yang terkandung di dalamnya memberikan kebenaran bahwa sahabat muslim memang tulus dan rendah hati memberikan bantuan tanpa keinginan dipuji.


  • Menjalin Hubungan Fillah antar Sesama Muslimah

Ungkapan fillah menunjukkan tentang hubungan persahabatan yang baik dan saling mendukung antar muslimah berdasarkan nilai dan kaidah Islami. Dengan mengucapkan wa iyyaki setelah saudara muslimah lainnya berterimakasih dapat memperkuat hubungan persahabatan. Serta menjadikan sahabat muslim semakin dekat untuk bersama-sama menggapai ridho Allah dalam pertemanan.

Baca Juga : Macam-Macam Puasa Sunnah Hikmah dan Ganjarannya

Sahabat muslim yang telah memahami makna kalimat jazakallaahu khoiron beserta ungkapan untuk membalasnya yakni wa iyyaki artinya, dan keutamaannya disarankan segera mempraktikkannya. Namun perlu sahabat muslim garis bawahi bahwa kalimat wa iyyaki hanya diberikan kepada muslimah. Sahabat muslim bisa menggunakan tambahan suku kata untuk subjek lainnya yang diajak bicara.

Pemuda Muslim Yang Hoby Menulis #Publisher #Programmer #Blogger #SEO