Cara Mengamalkan Zikir Hari Ahad

Posted on

Zikir Ahad

Zikir adalah ibadah yang dipraktekkan oleh para sufi untuk tujuan memuliakan Allah dan mencapai kesempurnaan spiritual. Sahabat Muslim pasti selalu melafalkan zikir setiap selesai sholat atau di sela kegiatan bukan? Zikir memang bentuk ibadah yang bisa mendekatkan diri kepada Allah. Selain itu, zikir juga bisa membawa manfaat lain, salah satunya adalah zikir Ahad atau Minggu.Zikir Hari Ahad

Ada banyak zikir yang bisa Sahabat Muslim amalkan khusus di setiap harinya, mulai dari zikir Senin, Selasa hingga Ahad. Nah, salah satu zikir yang nantinya akan dipelajari adalah zikir Minggu. Zikir ini sudah banyak dipraktekkan oleh orang-orang sebagai sarana mendekatkan diri pada Sang Maha Kuasa. Seperti apa sih bacaan dari zikir Minggu ini dan apa saja manfaatnya?

Baca Juga : Keistimewaan Zikir Hari Rabu


Sejarah Zikir

Zikir adalah salah satu praktik ibadah paling berharga oleh orang-orang sufi dalam mengingat Allah. Menyatu dengan puji-pujian yang menyanjung Allah membuat orang sufi selalu mengingat sumber segala ciptaan, yakni Allah SWT.

Maksud dari menyatu adalah keadaan penyerahan diri yang terdalam kepada Allah. Zikir yang bisa membuat seseorang menyatu dengan Allah adalah zikir yang benar karena itu merupakan tujuan dari jalan sufi. Sebagai sarana untuk mencapai keadaan menyatu bersama Allah itu, zikir sebagai praktik ibadah diwariskan kepada para ahli tasawwuf  oleh Nabi Muhammad SAW.

Sahabat  Ali bin Abi Thalib  adalah orang pertama yang bertanya kepada Nabi Muhamad tentang jalan zikir. Ali meminta Nabi untuk mengajarinya cara yang paling dekat, paling berharga, dan termudah untuk bisa dekat dengan Allah SWT.

 Atas hal ini, Nabi Muhammad menunggu malaikat Jibril datang untuk menjawab pertanyaan Ali. Jibril datang dan dia menanamkan “La ilaha illallah” ke dalam hati Nabi Muhammad tiga kali. Nabi mengulangi kalimat itu dengan cara yang sama dan kemudian mengajarkannya kepada Ali bin Abi Thalib.


Cara Mengamalkan Zikir Ahad

Sesuai dengan namanya, yakni zikir Ahad, maka amalan zikir ini bagus jika dibaca ketika hari Minggu. Namun jika Sahabat Muslim ingin membacanya setiap haripun tidak masalah. Bacaan dari zikir Minggu ini adalah ‎يا حي يا قيوم  atau ya hayyu ya qayum. Arti dari kata “Ya Hayyu ya Qayyum” sendiri adalah Allah adalah Dzat yang Maha Hidup dan Dzat yang Berdiri Sendiri.

Berikut adalah cara mengamalkan zikir Minggu :

  1. Bacalah selepas sholat Isya’.
  2. Baca sebanyak 1000 kali atau semampunya.
  3. Setiap hari baca juga istighfar dan sholawat minimal 100 kali.

Manfaat Zikir Ahad

Ada beberapa manfaat yang akan Sahabat Muslim dapatkan dengan mengamalkan zikir Minggu ini, di antaranya adalah :


  1. Lebih Dekat kepada Allah

Setiap pujian-pujian indah yang dipanggil selama zikir adalah kunci menuju tingkat spiritual di dalam hati. Di tengah konsentrasi spiritual seperti itu, terkadang Sahabat Muslim seraasa diajak untuk melakukan perjalanan ke dimensi realitas yang mendalam.

Penyegaran jiwa ini membantu memberikan dorongan kepada Sahabat Muslim untuk lebih dekat kepada Allah. Manfaat zikir Minggu ini bisa meningkatkan energi spiritual dalam hati Sahabat Muslim. Sebab ketika Sahabat Muslim berzikir, tidak jarang malaikat ikut berzikir membawa berkah tambahan dari Allah.


  1. Mendapat Perlindungan Dari Bencana

Zikir Minggu juga bisa memberikan Sahabat Muslim perlindungan dari segala musibah seperti kebanjiran, kebakaran, badai, gempa bumi dan segala musibah lainnya. Bukan hanya itu saja, mengamalkan zikir Minggu ini juga membuat Sahabat Muslim terlindungi dari kemalangan.

Baca Juga : Fadhilah Zikir Hari Kamis bagi Umat Muslim


  1. Menjadi Orang yang Riang

Jika Sahabat Muslim adalah orang yang sangat pemurung dan selalu ditimpa kemalangan hingga setiap waktu selalu bersedih, amalkan saja zikir Minggu ini.

Dengan istiqomah mengamalkan zikir ini, maka Sahabat Muslim akan senantiasa diliputi rasa riang dalam hati dan semua tekanan dalam hidup akan sirna. Sahabat Muslim juga akan disukai oleh banyak orang dengan kepribadian yang Sahabat Muslim miliki.


  1. Terhindar Dari Penipuan

Zaman sekarang memang banyak sekali orang yang selalu menggunakan cara untuk bisa bertahan hidup, termasuk menipu. Motif dari penipuan sendiri ada bermacam-macam, bisa dengan gendam, hipnotis, mengirim SMS palsu dan sebagainya.

Jika Sahabat Muslim ingin terhindar dari penipuan atau diperalat oleh musuh, maka amalkan zikir Minggu ini dengan konsisten agar terlindungi dari segala macam bentuk kejahatan manusia.


  1. Dimudahkan Segala Urusannya

Bagi Sahabat Muslim yang mencari cara untuk menemukan kemudahan dalam urusan hidup, baik dari perasaan tertekan dari pekerjaan, hubungan, atau sekolah. Apa pun itu, Sahabat Muslim dapat meminta bantuan Allah dengan mengucapkan zikir Minggu secara rutin.


  1. Dilancarkan Rezekinya

Mengamalkan zikir Minggu ini juga bisa menjadi sarana untuk Sahabat Muslim agar dimudahkan rezekinya oleh Allah. Apabila kondisi keuangan Sahabat Muslim sedang bermasalah dan serba kekurangan, Sahabat Muslim bisa berikhtiar dengan mengamalkan zikir Minggu ini. Allah SWT akan membukakan jalan rezeki yang lapang untuk Sahabat Muslim.

Baca Juga : Khasiat Zikir Hari Sabtu

Amalkan zikir Ahad ini dengan istiqomah dan Sahabat Muslim bisa dapatkan berbagai manfaatnya, mulai dimudahkan urusannya, dilapangkan rezekinya hingga terhindar dari berbagai bahaya.

Pemuda Muslim Yang Hoby Menulis #Publisher #Programmer #Blogger #SEO