Keistimewaan Zikir Hari Rabu

Posted on

Zikir Hari Rabu

Semua hari dalam agama Islam memang punya fadhilah sendiri-sendiri. Selain hari Jum’at yang dikenal sebagai hari penting umat Islam, ternyata hari Rabu juga punya fadhilah sendiri. Pada hari tersebut, Sahabat Muslim dianjurkan untuk melantunkan zikir hari Rabu. Sahabat Muslim penasaran mengapa Rabu begitu penting? Apa pula keistimewaan beribadah dan berzikir pada hari itu?Zikir Hari Rabu


Keutamaan Hari Rabu dalam Agama Islam


  1. Terciptanya Cahaya

Sahabat Muslim pasti sudah tahu kan bagaimana Alloh SWT menciptakan bumi dan segala isinya? Ajaran agama Islam menegaskan bahwa proses penciptaan bumi dan alam semesta ini terjadi selama 7 hari. Pada hari Rabu, Sahabat Muslim bisa melihat keajaiban yang diciptakan Alloh SWT untuk mahkluk-Nya.

Hari Rabu menjadi saat dimana Alloh SWT menciptakan cahaya. Sahabat Muslim bisa melihat kembali H.R. Muslim No. 2789 untuk mendapatkan hadits tentang penciptaan bumi pada hari Rabu. Cahaya adalah elemen yang sangat penting bagi seluruh makhluk hidup. Tanpa cahaya, umat manusia, hewan, dan tumbuhan takkan bisa bertahan hidup.

Baca Juga : Fadhilah Zikir Hari Kamis bagi Umat Muslim

Cahaya sangat diperlukan oleh manusia dan hewan untuk melihat kondisi sekitar. Cahaya bahkan jadi komponen penting agar tumbuhan bisa berfotosintesis dan menghasilkan makanan sendiri. Alloh SWT bahkan punya sifat cahaya (An-Nur) yang menyinari seluruh alam semesta ini.


  1. Musnahnya Kaum Tsamud dan ‘Aad

Sahabat Muslim pernah mendengar kisah tentang kaum Tsamud? Kaum ini adalah salah satu peradaban yang dimusnahkan oleh Alloh SWT. Selain kaum Tsamud, ada juga kaum ‘Aad yang ingkar kepada ajaran Alloh SWT. Dua kaum tersebut mengingkari ajaran yang dibawa oleh Nabi Saleh AS. Akhirnya Alloh SWT memusnahkan dua kaum tersebut dari muka bumi.


  1. Tenggelamnya Fir’aun

Sahabat Muslim, ternyata peristiwa besar dimana Nabi Musa AS diberikan wahyu oleh Alloh SWT untuk bisa membelah laut merah dengan tongkatnya? Pada waktu itu, Nabi Musa dan kaumnya sedang berusaha untuk melarikan diri dari tanah Mesir. Fir’aun yang kejam pun mengejar mereka dengan kereta kuda.

Alloh SWT akhirnya menunjukkan kebesaran-Nya dengan menenggelamkan Fir’aun beserta prajuritnya ke dalam Laut Merah. Ternyata peristiwa besar ini terjadi pada hari Rabu. Sungguh hari Rabu menyimpan banyak sejarah dan pelajaran bagi kaum Muslimin.


  1. Fadhilah Kesembuhan

Hari Rabu ternyata juga punya fadhilah dalam bidang kesehatan manusia. Nabi Muhammad SAW menganjurkan umatnya untuk minum obat pada hari Rabu. Obat yang diminum pada hari Rabu bisa menjadi perantara kesembuhan dari Alloh SWT dengan lebih cepat.


  1. Hari Pembalasan bagi Orang-Orang Dzalim

Selain banyak fadhilah di atas, ternyata ada beberapa peristiwa besar dalam sejarah Islam yang juga terjadi pada hari Rabu. Diantara peristiwa besar yang penting tersebut adalah:

  • Hancurnya Raja Namrud yang mengingkari ke-Esa-an Alloh SWT hanya dengan bantuan serangga. Ternyata Raja Namrud yang punya kekuasaan besar muda hancur hanya dengan kemasukan serangga di telinganya.
  • Pada hari Rabu juga Alloh SWT menenggelamkan si Qarun yang sombong karena hartanya. Ia dimasukkan dalam perut bumi beserta dengan keluarga dan kekayaannya.
  • Alloh SWT memusnahkan Auj bin Unuq yang dzalim hanya dengan burung hud-hud.
  • Alloh SWT juga menghancurkan Syadad bin Aad hanya dengan suara Jibrail AS pada hari Rabu.

Bacaan Zikir Hari Rabu

Rabu adalah hari dimana Alloh SWT menciptakan cahaya. Sahabat Muslim, di hari yang penuh cahaya ini banyak ulama yang memanfaatkannya untuk berdoa, belajar, memulai majelis, dan lain sebagainya. Banyak ulama percaya bahwa hari Rabu adalah waktu yang mustajab untuk memanjatkan doa.

Baca Juga : Khasiat Zikir Hari Sabtu

Karena itulah, Sahabat Muslim semua harus memanfaatkan datangnya hari Rabu dengan banyak-banyak beribadah. Salah satu ibadah yang mudah dilakukan adalah zikir pada hari Rabu. Bacaan zikirnya pun cukup mudah. Sahabat Muslim tidak perlu kesulitan menghafal bacaan pendek ini:

Astaghfirullohal’adzim

(Artinya: Aku memohon ampunan kepada Alloh SWT)

Satu kali berzikir, maka bisa menghapus satu titik hitam di hari umat Muslim. Kapan sebaiknya Sahabat Muslim mengamalkan zikir ini? Para ulama memang tidak mencantumkan waktu yang spesifik. Artinya, Sahabat Muslim bisa membaca zikir ini sepanjang hari Rabu. Sahabat Muslim bisa membacanya selepas sholat fardhu.


Waktu yang Mustajab untuk Berdoa pada Hari Rabu

Tahukah Sahabat Muslim bahwa Nabi Muhammad SAW senang sekali berdoa pada hari Rabu? Walaupun semua hari dalam Islam adalah baik, tapi ternyata ada 3 hari yang sangat spesial bagi Nabi Muhammad SAW. Hal inipun sudah tertuang dalam sebuah hadits dari Jabir bin Abdillah:

أن النبي صلى الله عليه وسلم دعا في مسجد الفتح ثلاثا يوم الاثنين، ويوم الثلاثاء، ويوم الأربعاء، فاستُجيب له يوم الأربعاء بين الصلاتين فعُرِفَ البِشْرُ في وجهه، قال جابر: فلم ينزل بي أمر مهمٌّ غليظ إِلاّ توخَّيْتُ تلك الساعة فأدعو فيها فأعرف الإجابة

“Nabi shalallahu ‘alaihi wasalam berdoa tiga kali di Masjid Al Fath, yaitu hari Senin, Selasa dan Rabu

Ketika hari Rabudoa beliau dikabulkan, yaitu diantara dua shalat. Ini diketahui dari kegembiraan di wajah beliau.

Baca Juga : Cara Mengamalkan Zikir Hari Ahad

Jabir bin Abdillah pun mengaminkan kebiasaan Rosululloh SAW tersebut. Jabir juga meniru kebiasaan tersebut. Setiap kali iadihadapkan pada peristiwa penting, maka ia akan berdoa pada hari Rabu. Alloh SWT pun akhirnya mengabulkan doa yang dipanjatkan oleh Jabir bin Abdillah.

Fatimah az-Zahra ternyata juga selalu memanjatkan doa khusus setiap hari Rabu. Pada hari itu, Fatimah memohon kepada Alloh SWT agar melindungi dirinya, memanjatkan shalawat kepada Nabi Muhammad SAW, dan meminta penjagaan Alloh SWT. Sungguh seorang Fatimah az-Zahra saja merasa begitu lemah dihadapan Alloh SWT. Inilah doa yang diungkapkan Fatimah tiap Rabu:

اللهمّ احرسنا بعينك التي لا تنام ، وركنك الذي لا يرام ، وبأسمائك العظام ، وصلّ على محمّد وآله ، واحفظ علينا ما لو حفظه غيرك ضاع ، واستر علينا ما لو ستره غيرك شاع ، واجعل كل ذلك لنا مطواعاً ، إنّك سميع الدعاء قريب مجيب

(Allahummahrusnaa bi’ainikal latii laa tanam, ruknikal ladzii laa yuraam, wa biasmaaikal ‘idzaam wa shalli ‘alaa muhammadin wa aalihi, wahfadz ‘alainaa maa lau hafidzahu ghairuka dhaa’a, wastur ‘alainaa maa lau satarahu ghairuka syaa’a, waj’al kulla dzalika lanaa mithwaa’an, innaka sami’ud du’aa, qariibun mujiib).

Artinya; Ya Allah, jagalah kami dengan mata-Mu yang tidak pernah tidur, dan dengan tiang-Mu yang tidak pernah melemah serta dengan nama-Mu yang agung dan sampaikanlah shalawat kepada Nabi Muhammad dan keluarganya, jagalah kami sebab selain diri-Mu yang menjaganya niscaya ia akan lalai dan tutupilah aib kami sebab andaikan selain-Mu yang menutupinya niscaya justri ia akan menyingkap aib tersebut.

Sungguh hari Rabu begitu mulia dan penuh sejarah dalam Islam. Zikir hari Rabu bisa jadi penyelamat hati dari segala keburukan dan sifat jahat. Sahabat Muslim, sebagai orang Islam kita perlu mengamalkan zikir dan doa di atas. Itu adalah bentuk rasa taqwa terhadap Alloh SWT.

Pemuda Muslim Yang Hoby Menulis #Publisher #Programmer #Blogger #SEO