Khasiat Zikir Hari Senin

Posted on

Bagaimana sahabat muslim bisa memiliki lebih banyak kendali untuk menghadapi kecemasan? Ternyata, zikir bisa melatih kecemasan sehingga dapat membantu mendisiplinkan pikiran dan lebih mendekatkan diri kepada Sang Maha Pencipta. Imam Al Ghazali sendiri mempunyai amalan zikir harian yang bisa sahabat muslim lakukan. Salah satu untuk mengawali zikir harian itu adalah zikir hari Senin.Zikir Hari Senin

Zikir Senin ini bisa sahabat muslim amalkan juga setiap harinya. Selain mendekatkan diri kepada Allah, zikir harian juga bisa memberi ketenangan dalam diri. Masalah hidup sepelik apapun akan terasa jauh lebih tenang. Semua kecemasan juga akan hilang jika sahabat muslim selalu berzikir mengingat Allah, karena tidak ada masalah yang bisa diselesaikan tanpa campur tangan Allah.

Baca Juga : Karomah Sholawat Munjiyat dan Sejarahnya


Bacaan Zikir Hari Senin

Jika seseorang menginginkan ketenangan dan kedamaian hati, dia bisa mendapatkannya dengan mengingat Allah SWT. Salah satu zikir yang bisa sahabat muslim amalkan adalah zikir Senin. Adapun bacaan zikir ini menurut Imam Al Ghazali adalah :

“Laa hawla wa laa quwwata illa billah”

Artinya :

“Tidak ada kuasa bagi hamba untuk menolak kejelekan dan tidak ada kekuatan untuk meraih kebaikan selain dengan kuasa Allah.”

Kalimat  zikir di atas adalah salah satu bentuk pernyataan yang biasa digunakan oleh orang-orang yang beriman dalam Islam untuk berserah diri kepada Allah. Menurut Nabi yang mulia, Muhamad SAW, kalimat zikir itu adalah salah satu dari harta surga.

Rasulullah pernah berkata bahwa ia menyarankan kepada umat muslim untuk sering-seringlah mengucapkan: Laa ḥawla wa laa quwwata illā billa karena sesungguhnya kalimat hauqalah itu adalah harta karun dari surga.

Perkataan Nabi itu menjadi hadits yang diriwayatkan oleh Imam  Tirmidzi. Hauqalah sendiri merupakan pernyataan dari ketaatan seorang hamba yang rendah hati kepada kuasa dan kemuliaan Tuhannya Yang Maha Kuasa.

Hauqalah adalah pernyataan yang mengumumkan realita dari semua realitas yang ada. Bahwasannya  segala sesuatu terjadi hanya dengan pertolongan Allah saja.  Manusia, betapapun ia merasa kuat dan hebat, tidak ada yang bisa mengalahkan kekuatan Allah.

Baca Juga : Keistimewaan Zikir Hari Rabu


Cara Mengamalkan Zikir Senin

Kapanpun sahabat muslim merasa sedih, tertekan, stres atau tidak bahagia, membaca zikir ini berulang-ulang bisa membantu sahabat muslim untuk menjadi lebih tenang. Berikut adalah cara untuk mengamalkan zikir Senin :

  1. Bersuci terlebih dahulu, bisa dengan wudu atau mandi. Sebab menurut hadits, siapapun yang berwudu sebelum mengamalkan zikir ini, doa atau hajatnya akan lebih diterima.
  2. Menghadap ke arah kiblat.
  3. Baca selepas sholat wajib.
  4. Bacalah sebanyak 100 kali atau semampunya selepas sholat.

Khasiat Zikir Hari Senin

Lalu apa sih sebenarnya khasiat dari mengamalkan zikir Senin ini selain memberikan ketenangan batin? Ternyata, ada banyak sekali manfaat yang akan sahabat muslim dapatkan dengan mengamalkan zikir hauqalah, di antaranya adalah :


  • Hajatnya akan Diterima

Imam Bukhori dalam haditsnya pernah menuliskan bahwasannya Nabi Muhamad pernah berkata, siapapun yang mengamalkan zikir hauqalah di setiap malam dan berwudhu sebelum mengamalkan zikir ini, maka hajat atau doanya akan diterima.

Baca Juga : Fadhilah Zikir Hari Kamis bagi Umat Muslim


  • Menyembuhkan Penyakit

Nabi Muhammad, pernah mengatakan bahwa zikir hauqalah bisa menyembuhkan dari penyakit. Ya, Rasulullah pernah berkata, bagi siapapun yang membaca laa ḥawla wa laa quwwata illā billah, maka kalimat itu bisa menjadi obat untuk 99 jenis penyakit.

Sahabat muslim yang ingin diangkat segala penyakitnya, maka cobalah untuk senantiasa mengucapkan zikir Senin ini.


  • Memberikan Kekuatan pada Diri Sendiri

Dalam menjalani kehidupan yang tidak bisa dilepaskan dari banyaknya problematika, sahabat muslim mungkin pernah ingin menyerah menghadapi masalah itu ketika tidak kunjung menemukan solusi. Merasa lemah dan tidak percaya diri meliputi hati sahabat muslim jika terus menerus menghadapi masalah dan ujian hidup.

Namun, tenanglah! Dengan mengamalkan zikir Senin ini, maka sahabat muslim akan merasakan kekuatan akan muncul sendiri dalam diri sahabat muslim. Kalimat hauqalah ini secara tidak langsung turut mensugesti diri sahabat muslim untuk kuat dalam menghadapi banyak cobaan dan ujian dari Allah SWT.


  • Simpanan Surga

Siapa yang tidak menginginkan surga? Jika ditanya apakah balasan akhirat yang paling diinginkan, semua orang pasti mengharapkan surga dan tentunya menghindari neraka. Sahabat muslim yang ingin sekali memiliki simpanan surga, maka rajinlah untuk mengamalkan zikir hari Senin ini.

Baca Juga : Khasiat Zikir Hari Sabtu


  • Dijauhkan dari Kemiskinan

Mengamalkan kalimat hauqalah juga bisa membuat sahabat muslim dijauhkan dari kefakiran. Sebagaimana hadits yang diriwayatkan oleh Ibnu Abid di mana sanad hadits ini menyambung ke Rasulullah.

Hadits ini menyebutkan bahwasannya siapapun yang mau membaca “Laa hawla wa laa quwwata illa billah” setiap harinya selama 100 kali, maka orang tersebut akan dijauhkan dari segala macam bentuk kekurangan.

Apabila sahabat muslim ingin sekali merasa tercukupi dan terhindar dari segala bentuk kefakiran, maka sahabat muslim bisa mengamalkan zikir hauqalah ini setiap hari, tidak harus menunggu hari Senin.

Pembagian zikir berdasarkan hari ini menurut Imam Al Ghazali hanya untuk membuat umat muslim merasa mudah dan ringan dalam melafalkannya jika harus melafalkan 1000 zikir sekaligus.

Baca Juga : Cara Mengamalkan Zikir Hari Ahad

Saat zikir memfokuskan pikiran hanya pada Allah saja tanpa memikirkan yang lain, maka zikir itu bisa mengembangkan keikhlasan sahabat muslim dalam beribadah. Jadi, mari amalkan zikir dengan seistiqomah mungkin. Dengan latihan berzikir, maka sahabat muslim mungkin akan menjadi lebih dekat dengan Allah SWT.

Pemuda Muslim Yang Hoby Menulis #Publisher #Programmer #Blogger #SEO