Contoh Idzhar Halqi

Posted on

Salah satu hukum bacaan Al-Quran adalah izhar. Izhar memiliki arti jelas. Izhar juga dibagi menjadi beberapa jenis berdasarkan hukum bacaan nun mati dan mim mati. Beberapa jenis idzhar yaitu izhar halqi, idzhar syafawi, dan idzhar mutlaq.Contoh Idzhar Halqi

Bagi sahabat muslim yang sedang mempelajari atau ingin mengenal idzhar lebih detail, bisa dimulai dengan idzhar halqi. Contoh idzhar halqi di dalam Al-Qur’an tentu ada banyak dan cara membacanya harus dilakukan secara jelas.

Baca Juga ; Contoh Mad Thobi’i


Pengertian Izhar Halqi

Izhar yang berarti menjelaskan dan halqi adalah (sebangsa) tenggorokan. Berdasarkan istilah, idzhar halqi dapat dijelaskan sebagai suara nun sukun atau tanwin saat bertemu dengan huruf halqi.

Mengapa disebut sebagai idzhar halqi? Huruf yang termasuk ke dalam huruf idzhar merupakan huruf halqiah. Berdasarkan ilmu makhorijul huruf atau ilmu mengenai tempat keluarnya huruf, huruf idzhar yaitu huruf halqi yang berarti tenggorokan.

Huruf halqi merupakan tempat keluarnya huruf dari tenggorokan. Diberi nama idzhar halqi juga agar menjadi pembeda dengan jenis idzhar yang lainnya. Terdapat enam huruf halqi atau idzhar halqi, yaitu alif, ha, ‘ain, kho, goin, dan ha + hamzah.

Huruf idzhar halqi ada enam, namun hamzah juga termasuk ke dalamnya. Karena, saat bertemu dengan nun mati atau tanwin hamzah akan berada di atas huruf alif. Apabila dilihat dari letak makhrajnya, maka hukum bacaan idzhar halqi dapat dibagi menjadi tiga tingkatan, yaitu:

  • Tingkatan dasar: huruf kha dan ghain
  • Tingkatan tengah: huruf ha dan ‘ain
  • Tingkatan tinggi: huruf hamzah dan ha

Dengan begitu, hamzah sama dengan alif di dalam idzhar halqi. Cara membaca idzhar halqi yaitu dengan menjelaskan suara dari nun mati ataupun tanwin. Cara pembacaan yang jelas dan tidak ditambahkan dengan suara dengung.

Baca Juga : Huruf Mad Lazim Harfi

Mengapa idzhar halqi harus dibaca secara jelas dan terang? Hal tersebut dikarenakan makhraj huruf nun dengan makhraj huruf halqi memiliki letak yang berjauhan. Oleh karena itu, saat nun sukun atau tanwin bertemu dengan huruf halqi harus dibaca secara jelas dan terang.

Ketika mengucapkan suara nun, sahabat muslim perlu berhati-hati. Hal tersebut perlu dilakukan supaya tidak terlalu menekan yang membuat sifat nun menjadi berkurang.


Contoh Izhar Halqi

Berikut adalah beberapa contoh bacaan dengan hukum bacaan idzhar halqi, yaitu:

Idzhar Halqi Bacaan Dibaca
Nun mati (نْ) atau tanwin (ـًــ, ــٍــ, ــٌــ) yang bertemu dengan alif (ا) عَادٍاَخَاهُمْ

 

aadin akhaahum
Nun mati (نْ) atau tanwin (ـًــ, ــٍــ, ــٌــ) yang bertemu dengan kho (خ)

نِدَاءًخَفِيًا

 

nidaa an khofiyan
Nun mati (نْ) atau tanwin (ـًــ, ــٍــ, ــٌــ) yang bertemu dengan ha (ح)

مُلَاقٍ حِسَابِيَةُ

mulaqin hisaabiyatu
Nun mati (نْ) atau tanwin (ـًــ, ــٍــ, ــٌــ) yang bertemu dengan ‘ain (ع)

طَبَقَاعَنْ طَبَقٍ

 

thobaqon ‘anng thobaqin
Nun mati (نْ) atau tanwin (ـًــ, ــٍــ, ــٌــ) yang bertemu dengan ghoin (غ)

اِنْ يَكُنْ غَنِيًا

 

in yakun ghoniyyan
 Nun mati (نْ) atau tanwin (ـًــ, ــٍــ, ــٌــ) yang bertemu dengan HA (ه)

كُلُ شَيْءٍهَا

kullu syaiinhaa

Baca Juga : Contoh Mad Badal


Penjelasan Contoh Izhar Halqi

Agar sahabat muslim lebih mudah dalam mengenal idzhar halqi, maka berikut adalah beberapa contoh yang disertai dengan penjelasan. Penjelasan dari contoh idzhar halqi, yaitu:


  • Nun Mati atau Tanwin Bertemu dengan Alif

Pada contoh tersebut terdapat tanwin kasrah yang bertemu dengan alif (hamzah), dan cara membacanya dibaca dengan jelas yaitu “goo siqin idzaa”.

Contoh selanjutnya yaitu terdapat dalam QS. Al-Falaq ayat 5. Pada contoh tersebut terdapat contoh kasrah tanwin yang bertemu dengan alif dan dibaca “haa sidin idzaa hasada”.


  • Nun Mati atau Tanwin Bertemu dengan Kho

Di dalam QS. Al-Quraisy ayat 4 terdapat contoh idzhar halqi yang dibaca “minkhouf”. Hal tersebut dikarenakan terdapat nun mati yang bertemu dengan huruf Kho. Dengan begitu, cara pembacaannya harus jelas kepada nun.


  • Nun Mati atau Tanwin yang Bertemu dengan ‘Ain

Ketika sahabat muslim membaca surat Al-Fatihah, maka terdapat contoh idzhar halqi pada ayat 7. Terdapat kata “an’amta” yang harus dibaca dengan terang dan jelas antara an dan amta. Penjelasannya adalah yaitu huruf nun mati yang bertemu dengan ‘ain.

Baca Juga : Contoh Mad Iwadh


  • Nun Mati atau Tanwin yang Bertemu dengan Ha

Di dalam QS. Al-Kautsar ayat 2 terdapat kata “wanhar”. Kata tersebut adalah salah satu contoh idzhar halqi yang disebabkan oleh nun mati yang bertemu dengan huruf ha. Hukum bacaan tentu harus dibaca secara terang kepada huruf nun, yaitu “wan”.


  • Nun Mati atau Tanwin yang Bertemu dengan HA

Terdapat banyak contoh idzhar halqi salah satunya adalah pada QS Al-Lahab ayat 2. Pada ayat tersebut terdapat kata “’anhu” yang termasuk ke dalam idzhar halqi. Penyebabnya adalah terdapat nun mati yang bertemu dengan huruf hijaiyah HA.

Seperti ketentuan idzhar halqi, pembacaannya harus dilakukan secara jelas yaitu “’anhu” kepada huruf nun.


  • Nun Mati atau Tanwin yang Bertemu dengan Ghoin

Pada kata “ajrun ghoiru” yang terdapat dalam QS. At-Tin ayat 6 terdapat hukum bacaan idzhar halqi. Kata tersebut memiliki hukum bacaan idzhar halqi, karena terdapat fathah tanwin yang bertemu dengan ghoin. Cara membacanya harus jelas kepada nun mati yaitu “run ghoiru”.

Baca Juga : Contoh Mad Farqi

Agar sahabat muslim bisa membaca Al-Qur’an sesuai dengan ilmu tajwid dan hukum bacaan, maka perlu berlatih sesering mungkin. Cara yang bisa dipraktekkan adalah saat mempelajari satu hukum bacaan, Anda harus bisa menemukan hukum bacaan tersebut dan membacanya sesuai kaidah.

Pemuda Muslim Yang Hoby Menulis #Publisher #Programmer #Blogger #SEO