Hikmah Haji dan Umrah Yang Sangat Bermanfaat

Posted on

Haji dan umrah merupakan ibadah, yang dianjurkan oleh Allah SWT bagi orang yang mampu melaksanakannya. Karena banyak pahala bisa didapat saat menjalankan ibadah tersebut, begitu juga hikmah haji dan umrah yang sangat luar biasa dan berdampak pada kehidupan seseorang.Hikmah Haji dan Umrah

Untuk mendapatkan hikmah dari keduanya, tentu sahabat muslim harus melaksanakannya terlebih dahulu. Sesuai dengan firman Allah SWT dalam surat Al-Baqarah ayat 196 yang memiliki arti: “Sempurnakanlah ibadah haji dan umrah karena Allah,”


Hikmah Haji Bagi Yang Melaksanakannya

Sebagai Rukun Islam kelima, menunaikan haji memang mengharuskan sahabat muslim untuk bertandang ke tanah suci. Makanya diperjelas dalam rukun tersebut bahwa pelaksanaannya hanya kepada yang mampu, seperti dipertegas dalam Surat Ali Imran ayat 97. Apa hikmah yang bisa didapat bagi sahabat muslim yang melaksanakannya?


  1. Melancarkan Taubat

Selama melaksanakan haji sahabat muslim bisa menjadi media, untuk bertaubat dari masa lalu yang penuh dengan perbuatan dosa. Sahabat muslim bisa melaksanakan berbagai ibadah, dengan lebih khusu’ dan menghindari berbuat hal-hal yang dilarang oleh Allah SWT. Hal ini juga ditegaskan oleh Rasulullah SAW, melalui hadits sahih riwayat HR. Bukhari dan Muslim)

Baca Juga : Rangkaian Pelaksanaan Haji Ifrad

Dalam hadits tersebut Rasulullah SAW menjelaskan bahwa siapapun yang melakukan ibadah haji, dan menghindari ucapan buruk dan tidak fasik. Maka dia akan kembali ke tempat asalnya dengan kesucian seperti bayi yang baru dilahirkan.


  1. Ampunan Dosa

Sahabat muslim yang menjalankan ibadah haji sesuai dengan seruan Allah SWT, akan mendapat pengampunan dosa dan dijanjikan surga. Seperti Hadits riwayat HR. Bukhari dan Muslim yaitu:

َنْ أَبِيْ هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ أَنَّ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: الْعُمْرَةُ إِلَى الْعُمْرَةِ كَفَّارَةٌ لِمَا بَيْنَهُمَا وَالْحَجُّ الْمَبْرُورُ لَيْسَ لَهُ جَزَاءٌ إِلاَّ الْجَنَّةُ. رواه البخاري ومسلم.

Artinya:Dari Abu Hurairah RA, Rasulullah SAW pernah bersabda, “Umrah ke umrah dapat melburkan disa diantara keduanya. Sedangkan haji mambrur tidak ada balasan untukny selain surga,”


  1. Memperdalam Pengetahuan Islam

Ketika berada di tanah suci, sahabat muslim bisa menambah pengetahuan tentang Islam menjadi lebih luas. Karena banyak ulama yang bisa dijadikan tempat bertanya dan siap membimbing Anda disana, dan banyak tempat bersejarah yang penuh informasi penting tentang sejarah Islam di masa lalu yang masih dipegang teguh sampai saat ini.


  1. Menambah Ketaatan

Dengan mendekatkan diri kepada Allah SWT saat melaksanakan ibadah haji, sahabat muslim akan menjadi hamba yang lebih taat. Tentu saja dengan penyerahan utuh segala ibadah hanya untuk Allah SWT, dan mencari ridha serta pahala dariNya.


Hikmah Umrah Bagi Yang Melaksanakannya

Meskipun masuk dalam kategori ibadah yang disunnahkan, namun ketika dilaksanakan dengan maksimal sahabat muslim juga akan mendapatkan hikmah yang luar biasa yaitu:

Baca Juga : Perbedaan Haji Qiran Dan Haji Lainnya


  • Ketenangan Hati

Berserah kepada Allah SWT saat didera berbagai masalah, memang hal yang bisa dilakukan. Apalagi jika bisa melaksanakan ibadah umrah langsung ke tanah suci. Dengan fokus beribadah di sana, ketenangan hati akan sahabat muslim rasakan dan solusi dari berbagai masalah bisa didapatkan dengan lebih maksimal.


  • Jauh Dari Miskin

Ibadah umrah juga menjadi ladang pahala bagi sahabat muslim, sekaligus memperlancar rezeki seperti dijabarkan dalam Surat At-thalaq ayat dua dan tiga. Dimana Allah SWT menjanjikan jalan keluar bagi siapapun yang bertaqwa kepadaNya, termasuk memberikan rezeki dari tempat yang tidak terduga.

Ketaqwaan sendiri bisa dicapai dengan melaksanakan perintah Allah SWT, termasuk di dalamnya Umrah dan Haji bagi yang mampu.


  • Pengabulan Doa

Berdoa di tanah suci merupakan salah satu yang dianjurkan, karena termasuk lokasi doa yang mustajab dan dikabulkan oleh Allah SWT.


  • Menambah Keimanan dan Ketakwaan

Ketika sahabat muslim melaksanakan ibadah umrah dengan maksimal, secara kontinu akan muncul ketaqwaan dan keimanan yang lebih baik dari sebelumnya.

Baca Juga : Hal Yang Dilarang dan Dendanya Pada Haji Tamattu Adalah


Bagaimana Cara Mendapatkan Hikmah Haji dan Umrah

Untuk mendapatkan semua hikmah haji dan umrah di atas, sahabat muslim memang perlu melakukan banyak hal yang sudah diatur dan ditetapkan Allah SWT. Mulai dengan beribadah dengan ikhlas dan melaksanakan semua tahapan dengan benar. Makanya perlu mempelajari secara detail semua hal yang berkaitan dengan kedua ibadah tersebut seperti niat, tata cara, sampai hal-hal yang dilarang.

Selanjutnya adalah fokus selama menjalankan ibadah, dan benar-benar berserah diri kepada Allah SWT, karena Allah senang dengan hamba yang menjalankan ibadah sungguh-sungguh. Jangan pula lupa untuk berdoa di waktu-waktu yang dianjurkan, agar doa bisa terkabul dan sahabat muslim menjadi lebih dekat denganNya.

Hindari hal-hal yang akan membatalkan ibadah haji dan umrah, termasuk hal-hal negatif yang hanya akan mengundang dosa. Ini bisa menjadi cara menyadarkan sahabat muslim bahwa ternyata mendapatkan hikmah dari ibadah haji dan umrah itu mudah, hanya dengan melakukan semua perintah Allah SWT dan menghindari semua larangannya.

Baca Juga : Tata Cara Haji Tamattu Sesuai Anjuran Rasulullah SAW

Apakah sahabat muslim sudah paham semua hikmah, yang bisa didapatkan usai melaksanakan ibadah haji atau umrah? Cobalah untuk mendapatkannya dengan melaksanakan ibadah dengan cara yang benar, niscaya Allah SWT tidak akan mengabaikan hal baik yang sahabat muslim lakukan.

Pemuda Muslim Yang Hoby Menulis #Publisher #Programmer #Blogger #SEO