Huruf Idgham Syamsiyah dan Contohnya

Posted on

Salah satu ilmu yang berhubungan dengan Al-Qur’an ialah ilmu tajwid, dan salah satu hal yang dibahas dalam ilmu tersebut adalah idgham syamsiyah atau al syamsiyah. Sahabat muslim, membaca Al-Qur’an itu tidak bisa dilakukan dengan seenaknya, melainkan harus mengikuti aturan yang telah ditetapkan.Idgham Syamsiyah

Mengapa demikian? Karena membaca Al-Qur’an juga termasuk salah satu ibadah kepada Allah SWT dan para ulama juga sudah mengajarkan tata cara dalam membacanya. Sementara itu, idgham atau al syamsiyah hanya salah satu hal yang perlu dipahami agar dapat membaca Al-Quran dengan benar.

Baca Juga ; Contoh dan Cara Mebaca Idgham Syafawi

Selain idgham atau al syamsiyah, tentu saja masih ada pembahasan lain. Namun, khusus untuk sahabat muslim yang berkeinginan untuk mengetahui idgham atau al syamsiyah ini lebih banyak, mari simak pembahasan yang ada di bawah ini.


Pengertian Idgham Syamsiyah dan Perbedaannya dengan Idzhar Qomariyah

Sebelum membahas al syamsiyah, perlu sahabat muslim ketahui bahwa dalam tajwid ada yang disebut dengan lam ta’rif atau al ta’rif. Lam ta’if atau al ta’rif ini merujuk pada huruf alif dan lam yang selalu dihubungkan atau dikaitkan dengan kata benda dalam bahasa Arab.

Lam ta’rif ini posisinya selalu berada di awal kata dan apabila bertemu dengan salah satu dari huruf hijaiyah, maka hukum bacaannya bisa jadi ada dua yakni al syamsiyah dan al qomariyah. Khusus al syamsiyah, ini adalah alif lam yang alif dan lamnya tersebut tidak terbaca, walaupun tulisannya ada.

Alif lam tersebut tidak dibaca karena langsung dimasukkan atau ditasydidkan dalam huruf setelahnya. Sementara jika merujuk pada arti per kata, idgham artinya memasukkan sementara syamsiyah berarti matahari dan berasal dari kata syamsun.

Baca Juga : Contoh dan Huruf Idgham Bighunnah

Adapun al qomariyah atau idzhar qomariyah adalah kebalikan dari idgham atau al syamsiyah. Idzhar artinya jelas sementara qomariyah artinya adalah sebangsa rembulan. Jadi, apabila sahabat muslim mendapati al qomariyah, maka alif dan lamnya tetap terbaca, tidak seperti al syamsiyah.


Perbedaan Idgham Syamsiyah dengan Idzhar

Perbedaan antara idgham atau al syamsiyah dengan idzhar atau al qomariyah ialah sebagai berikut:

  1. Perbedaan yang pertama, terletak pada hurufnya. Huruf yang termasuk al syamsiyah ialah ط ث ص ر ت ض ذ ن د س ظ ز ش ل , sedangkan huruf yang termasuk al qomariyah terdiri atas ا ب غ ح ج ك و خ ف ع ق ي م ه
  2. Perbedaan pertama terletak pada cara membacanya, dimana pada al syamsiyah alif dan lamnya menjadi tidak terbaca, sementara pada al qomariyah alif dan lamnya tetap terbaca
  3. Perbedaan ketiga terletak pada tanda harokat. Pada bacaan al qomariyah, biasanya ditandai dengan harakat sukun pada alif dan lam. Namun pada al syamsiyah tidak ada tanda seperti ini, melainkan ada tanda tasydid yang langsung mengarah pada huruf setelah huruf alif dan lam

Cara Membaca Idgham Syamsiyah

Sebenarnya cara membaca idgham atau al syamsiyah sudah disebutkan sebelumnya. Namun agar sahabat muslim bisa lebih jelas lagi, cara membaca al syamsiyah ini ialah dengan mengidghamkan atau memasukkan langsung lam sukun ke dalam huruf-huruf syamsiyah yang posisinya ada setelah huruf lam.

Dengan demikian, bacaan lam sukun tadi akan langsung menghilang serta melebur dalam huruf syamsiyah yang ada di belakangnya. Selain itu, bisa dikatakan dalam al syamsiyah huruf lamnya ini seolah-olah dibuang dan langsung mentasydidkan huruf-huruf syamsiyah.

Kenapa huruf lam di sini menjadi tidak dibaca? Sebab makhraj huruf lam dengan huruf syamsiyah yang lainnya itu berdekatan. Jika hendak diibaratkan, syamsiyah kan artinya matahari dan huruf syamsiyah dapat diibaratkan dengan matahari. Sementara huruf alif dan lam diibaratkan dengan bintang.

Baca Juga : Contoh dan Huruf Idgham Bighunnah

Nah, apabila bintang dengan matahari bertemu, otomatis bintang ini menjadi tidak kelihatan, bukan? Maka dari itu, ketika berbicara al syamsiyah, alif dan lamnya menjadi tidak terbaca walaupun sebenarnya huruf-hurufnya ikut ditulis.

Ditambahkan kata idgham juga karena memang cara membacanya yang langsung dimasukkan dalam huruf-huruf syamsiyah. Contoh paling mudah pada kata Ath-Thoriq.

Sahabat muslim bisa mengecek dalam Al-Qur’an kata Ath-Thoriq ada huruf alif dan lamnya. Namun karena alif dan lam itu bertemu dengan huruf tho’ yang merupakan huruf syamsiyah, maka alif lam tidak dibaca melainkan langsung dimasukkan dalam huruf tho’.


Contoh Bacaan Idgham Syamsiyah

Dalam Al-Qur’an tentu sahabat muslim akan dengan mudah menjumpai bacaan idgham atau al syamsiyah ini. Beberapa di antaranya sebagai berikut:

No. Tertulis Dibaca Keterangan
1. اَلذِّكْرٰى Adz-Dzikro ا ل bertemu ذ
2. اَلشِّتَاءِ Asy-Syitaai ا ل bertemu ش
3. اَلزَّيْتُوْنَ Az-Zaituuna ا ل bertemu ز
4. اَلتَّكَاثُرُ At-Takaatsuru ا ل bertemu ت
5. اَلصَّيْفِ Ash-Shoiif ا ل bertemu ص
6. اَلطَّارِقُ At-Thooriq ا ل bertemu ط

Baca Juga : Contoh dan Huruf Idgham Bilaghunnah

Dari berbagai contoh di atas, sangat terlihat bahwasanya huruf alif dan lam yang bertemu dengan masing-masing huruf syamsiyah akhirnya menjadi tidak terlihat dan hilang. Jadi, dalam bacaan ini akan tampak pembacanya langsung mentasydidkan huruf-huruf syamsiyah.

Jadi, sahabat muslim sekarang sudah paham dengan al atau idgham syamsiyah ini, bukan? Namun, agar sahabat muslim bisa lebih paham lagi, sebaiknya latihan terus dengan memperbanyak membaca maupun mendengarkan bacaan ayat-ayat Al-Qur’an yang dilantunkan oleh ulama terkenal.

Baca Juga ; Contoh Dan Huruf Idgham Mimi

Sembari membaca dan mendengarkan, jangan lupa diperhatikan ya kalimat manakah yang termasuk dalam idgham atau al syamsiyah ini. Wallahu a’lam bish showab.

Pemuda Muslim Yang Selalu Memperbaiki Hati dan Diri #Programmer #Blogger #Desainer