Soal Tema 1 Kelas 5

Posted on

Soal Tema 1 Kelas 5

Soal Kelas 5 SD Tema 1 Subtema 1 Organ Gerak Hewan Dan Kunci Jawaban KURIKULUM 2013 ( K13 )

Lihat Juga : Soal Matematika Kelas 6 SD

Keterangan soal :

Jumlah soal pilihan ganda : 25
Jumlah soal isian singkat : 10
Jumlah soal uraian : 5

A. BERILAH TANDA SILANG (X) PADA HURUF A, B, C ATAU D PADA JAWABAN YANG BENAR!

1. Bergerak adalah salah satu dari ….
a. Ciri makhluk hidup
b. Kelemahan makhluk hidup
c. Makanan makhluk hidup
d. Tugas makhluk hidup

2. Organ gerak pada hewan di antaranya berguna untuk ….
a. Tidur
b. Berjalan
c. Hibernasi
d. Melihat

3. Organ gerak pasif pada hewan adalah ….
a. Otot
b. Gigi
c. Tulang
d. Daging

4. Contoh hewan yang bergerak dengan cara melompat adalah ….
a. Katak dan kerbau
b. Burung dan bebek
c. Kelinci dan harimau
d. Kanguru dan katak

5. Berikut ini adalah hewan-hewan yang bergerak denganc cara terbang, kecuali ….
a. Elang
b. Ayam
c. Gelatik
d. Merpati

6. Otot sebagai organ gerak menempel pada ….
a. Gigi
b. Kulit
c. Darah
d. Tulang

7. Ide pokok paragraf adalah ….
a. Kalimat utama dalam suatu paragraf
b. Masalah utama dalam suatu paragraf
c. Masalah pertama dalam suatu paragraf
d. Kalimat pertama dalam suatu paragraf

8. Paragraf yang kalimat utamanya berada di awal paragraf dinamakan paragraf ….
a. Induktif
b. Deduktif
c. Naratif
d. Persuasif

Lihat Juga : Soal Matematika Kelas 5 SD

Perhatikan paragraf di bawah ini untuk mengisi soal nomor 9 dan 10!

Ikan merupakan hewan bertulang belakang yang memiliki sistem gerak yang berbeda dengan hewan vertebrata lainnya. Paling banyak bentuk tubuh ikan seperti rudal.

Bentuk rudal ini membuat ikan mudah bergerak di dalam air. Ikan dapat dengan mudah berenang kekanan dan kekiri ataupun ke atas dan kebawah berkat bentuk tubuhnya ini.

Bentuk rudal ini dapat mengurangi hambatan yang tercipta di dalam air ketika ikan bergerak. Ikan bergerak menggunakan ekor dan sirip-siripnya. Ekor dan siripnya menimbulkan gaya dorong yang mendorong tubuh ikan untuk bergerak dalam air.

9. Ide pokok paragraf di atas adalah ….
a. Ikan merupakan hewan bertulang belakang di air
b. Ikan merupakan hewan yang suka bergerak di air
c. Tubuh ikan dapat dengan mudah berenang di air
d. Bentuk tubuh ikan yang hidup di dalam air

10. Apakah manfaat bentuk tubuh ikan yang berbentuk rudal?
a. Agar dapat mudah melompat di air
b. Mengurangi hambatan di air sehingga mudah bergerak
c. Untuk menakuti predator yang ada di dalam air
d. Untuk mampu mendorong tubuh ikan berenang

11. Gambar atau serangkaian gambar yang mengandung sebuah cerita dinamakan ….
a. Dongeng
b. Legenda
c. Gambar cerita
d. Iklan

12. Rancangan gambar yang dibuat sesuai dengan gagasan dinamakan ….
a. Tema
b. Sketsa
c. Diagram
d. Warna

13. Nilai-nilai dalam pancasila perlu kita kembangkan dalam kehidupan bersosial di masyarakat agar tercipta suasana ….
a. Damai dan kaya
b. Aman dan tenang
c. Miskin dan kaya
d. Nyaman dan seram

Lihat Juga : Soal Matematika Kelas 4 SD

14. Saling menghormati antar pemeluk agama lain adalah salah satu nilai-nilai yang tertuang dalam pancasila sila ke ….
a. Pertama
b. Kedua

c. Ketiga
d. Keempat

15. Nilai kemanusian yang adil dan beradab pada sila kedua pancasila dapat kita terapkan di masyarakat dengan cara ….
a. Bergotong royong membangun masjid
b. Beribadah sesuai agama masing-masing
c. Suka bermusyawarah dengan warga
d. Menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan

16. Ketika bermusyawah di masyarakat maka setiap warga yang menjadi peserta mempunyai kedudukan yang ….
a. Dibedakan
b. Sama
c. Bertingkat-tingkat

d. Adil

17. Sila keempat pancasila dilambangkan dengan gambar ….
a. Padi dan kapas
b. Banteng
c. Bintang
d. Pohon beringin

18. Sila ketiga pancasila adalah ….
a. Kemanusiaan yang adil dan beradab
b. Ketuhanan yang Maha Esa
c. Kerakyatan yang dimpimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan
d. Persatuan Indonesia

Lihat Juga : Soal Matematika Kelas 3 SD

19. Letak astronomis Indonesia berada pada ….
a. 6° LU sampai 11° LS dan 95° BT sampai 141° BT
b. 11° LU sampai 6° LS dan 145° BT sampai 191° BT
c. 95° LU sampai 141° LS dan 6° BT sampai 11° BT
d. 6° LU sampai 11° LS dan 41° BT sampai 45° BT

20. Indonesia terletak di antara samudra ….. dan ….
a. Atlantik dan Artik
b. Pasifik dan Atlantik
c. Hindia dan Atlantik
d. Pasifik dan Hindia

21. Gunung Kerinci dan Gunung Sinabung terdapat di pulau ….
a. Jawa

b. Kalimantan
c. Irian
d. Sumatra

22. Pulau kalimantan berbatasan langsung dengan negara ….
a. Brunei Darussalam
b. Thailand
c. Malaysia
d. Timur-timur

23. Kupu-kupu merupakan hewan yang mampu bergerak hingga ribuan kilometer. Kupu-kupu termasuk hewan ….
a. Mamalia
b. Serangga
c. Reptilia
d. Vertebrata

24. Siput, serangga dan caing termasuk hewan ….
a. Vertebrata
b. Mamalia
c. Avertebrata
d. Reptilia

25. Siput adalah hewan tak bertulang belakang yang ….
a. Mempunyai rangka luar
b. Tidak memiliki rangka
c. Mempunyai rangka tengkorak
d. Mempunyai organ gerak berupa sirip

Lihat Juga : Soal Matematika Kelas 2 SD

B. JAWABLAH PERTANYAAN-PERTANYAAN BERIKUT INI DENGAN BENAR!

1. Organ gerak aktif pada hewan adalah ….

2. Organ gerak ikan yang digunakan untuk berenang adalah ….

3. Paragraf yang kalimat utamanya berada di akhir paragraf dinamakan paragraf ….

4. Dasar negara Indonesia adalah ….

5. Menjaga persatuan Indonesia merupakan nilai yang terkandung dalam pancasila sila ke-….

6. Sila pertama pancasila dilambangkan dengan gambar ….

7. Indonesia terletak di antara benua …. dan ….

8. Pulau terbesar yang berada di Indonesia adalah pulau ….

9. Pantai Sanur dan pantai Kuta terdapat di pulau ….

10. Hewan yang tidak bertulang belakang dinamakan ….

C. JAWABLAH PERTANYAAN-PERTANYAAN BERIKUT INI DENGAN BENAR!

1. Sebutkan fungsi dari organ gerak pada hewan!
Jawab : ……………………………

2. Sebutkan organ gerak dari hewan-hewan berikut ini beserta fungsinya!
a. Ikan
b. Burung
c. Katak
d. Ular
e. Kerbau
Jawab : ………………………………

3. Sebutkan pulau-pulau besar yang ada di negara Indonesia!
Jawab : ……………………………

4. Bagaimana cara menentukan ide pokok paragraf?
Jawab : ………………………………

5. Berilah contoh penerapan nilai dari pancasila sila ketiga di lingkungan sekolah!
Jawab : ……………………

KUNCI JAWABAN SOAL ULANGAN TEMATIK
KELAS 5 SD TEMA 1 SUBTEMA 1 ORGAN GERAK HEWAN

A. JAWABAN

1. a. Ciri makhluk hidup
2. b. Berjalan
3. c. Tulang
4. d. Kanguru dan katak
5. b. Ayam
6. d. Tulang
7. b. Masalah utama dalam suatu paragraf
8. b. Deduktif
9. d. Bentuk tubuh ikan yang hidup di dalam air
10. b. Mengurangi hambatan di air sehingga mudah bergerak
11. c. Gambar cerita
12. b. Sketsa
13. b. Aman dan tenang
14. a. Pertama
15. d. Menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan
16. b. Sama
17. b. Banteng
18. d. Persatuan Indonesia
19. a. 6° LU sampai 11° LS dan 95° BT sampai 141° BT
20. d. Pasifik dan Hindia
21. d. Sumatra
22. c. Malaysia
23. b. Serangga
24. c. Avertebrata
25. a. Mempunyai rangka luar

B. JAWABAN

1. Otot
2. Sirip
3. Induktif
4. Pancasila
5. 3
6. Bintang
7. Asia dan Australia
8. Kalimantan
9. Bali
10. Avertebrata

C. JAWABAN

1. Fungsi dari organ gerak pada hewan di antaranya adalah sebagai berikut :
– Berjalan – Menggali
– Melompat – Menerkam
– Berenang – Memanjat
– Terbang – Berlari
– Memegang

2. Organ gerak dari hewan-hewan beserta fungsinya
a. Ikan, organ geraknya sirip berfungsi digunakan untuk berenang
b. Burung, organ geraknya sayap berfungsi digunakan untuk terbang
c. Katak, organ geraknya adalah kaki berfungsi digunakan untuk melompat
d. Ular, organ geraknya adalah kulit berfungsi digunakan untuk melata
e. Kerbau, organ geraknya adalah kaki berfungsi digunakan untuk berjalan

3. Pulau-pulau besar yang ada di negara Indonesia
– Kalimantan
– Sumatra
– Jawa
– Sulawesi
– Papua
– Maluku

4. Cara menentukan ide pokok paragraf, diantaranya adalah sebagai berikut :
– Membaca keseluruhan paragraf dengan teliti
– Mencari kalimat utama paragraf
– Menemukan kata-kata yang sering dimunculkan dari paragraf
– Menyimpulkan isi paragraf

5. Contoh penerapan nilai dari pancasila sila ketiga di lingkungan sekolah :
– Tidak berkelahi dengan teman
– Saling menghormati dengan teman
– Bersedia berteman dengan siswa yang berbeda suku, ras atau agamanya
– Menjaga kerukunan antar siswa
– Bahu membahu kerja bakti membersihkan kelas dan sekolah

Pemuda Muslim Yang Selalu Memperbaiki Hati dan Diri #Programmer #Blogger #Desainer