Bahasa Arab Jendela

Posted on

Hai sahabat muslim sekalian, bertemu lagi dengan materi pembahasan tentang bahasa Arab. Biasanya mata pelajaran bahasa Arab ini, ditujukan untuk sekolah yang berbasis agama atau madrasah. Salah satu materi yang diajarkan adalah tentang pemahaman bahasa Arab jendela.

Bagi sahabat muslim yang memiliki anak atau saudara yang duduk di bangku madrasah, tentu sudah familiar dengan pelajaran bahasa Arab. Tentunya materi yang diajarkan adalah tentang dasar-dasar bahasa serta kosakata umum dalam bahasa Arab.

Bahasa Arab Jendela

Mengajarkan bahasa Arab memang harus dimulai dari hal-hal kecil. Contohnya adalah bilangan angka, anggota tubuh, perabotan sehari-hari, atau lingkungan. Kali ini akan dibahas tentang jendela dalam Bahasa Arab. Simak ulasan berikut ini:

1.     Kosakata Jendela dalam Bahasa Arab

      Sesuai dengan tema kali ini, maka akan lebih banyak membahas tentang kata “jendela”. Sahabat muslim dapat belajar tentang hal-hal yang berkaitan dengan jendela dalam bahasa Arab. Selanjutnya bisa juga dirangkai menjadi sebuah kalimat untuk percakapan sehari-hari.

2.     Kosakata Bagian Rumah dalam Bahasa Arab

      Di rumah sahabat muslim sekalian pasti terdapat beberapa peralatan lain selain jendela, bisa pintu, dinding, atap, dan lainnya. bagian-bagian rumah lainnya juga memiliki kosakata dalam bahasa Arab juga. Mari belajar berbagai jenis kosakata dalam bahasa Arab.

3.     Kosakata Peralatan Rumah

      Sebuah rumah pasti identik dengan bagian-bagian dan peralatan yang ada dalamnya. Misalnya saja untuk bagian kamar terdapat tempat tidur, lemari, meja, kursi, cermin, dan lainnya. begitu juga untuk bagian rumah yang lainnya. Berikut adalah kosakata untuk peralatan tersebut:

Menyusun Kalimat dalam Bahasa Arab

Pada dasarnya, kalimat dengan menggunakan bahasa Arab hampir sama dengan bahasa Indonesia. Susunannya terdiri dari subjek + predikat + objek. Kosakata bahasa Arab juga terdapat kata kerja dan kata benda. Untuk lebih jelasnya, simak penjelasan berikut ini:

1.     Subjek

      Subjek dalam bahasa Arab disebut dengan “musnad ilaih”, yaitu fokus dari pembahasan kalimat. Semua kalimat yang terdapat subjek ini, berfungsi untuk mendefinisikan, fitur, perilaku, atau mendeskripsikan bentuk.

2.     Predikat

      Dalam bahasa Arab, predikat ini disebut dengan “musnad”. Fungsinya adalah sebagai penjelas deskripsi atau penjelas dari perilaku subjek. Biasanya posisi subjek ada di tengah setelah subjek, sehingga merupakan penjelasan dari kata sebelumnya.

3.     Contoh Kalimat dalam Bahasa Arab

      Menyusun kalimat dalam bahasa Arab sebenarnya tidak terlalu sulit. Hal paling utama adalah pemilihan kosakata dan susunan kata yang jelas. Kaidah penyusunan kalimat dalam bahasa Arab agak sedikit berbeda dari bahasa Indonesia.

Fungsi Subjek dalam Kalimat Bahasa Arab Cara Baca Bahasa Indonesia Keterangan
Mubtada’ (subjek umum) الكتاب نافذة العلم Al kitaabu naafidzatul ‘ilm Buku adalah jendela ilmu Subjek berperan sebagai kata benda yang dijelaskan oleh predikat dalam sebuah kalimat deskriptif
Fi’il (kata kerja) يَفْتَحُ مُحَمَّدٌ البَابَ Yaftahu Muhammadun albaaba Muhammad membuka pintu Predikat (yaftahu/membuka) menjelaskan perilaku subjek
Naibul fail (sebuah kalimat singkat yang terdiri dari subjek dan predikat) كُتِبَ

الصيام

Kutiba asshiyaamu Puasa telah diwajibkan Dalam kalimat tersebut, subjek berfungsi sebagai fa’il (pelaku) yang dijelaskan oleh fi’il

Belajar tentang bahasa Arab memang menyenangkan. Selain memiliki wawasan baru akan bahasa Arab, juga menambah kemampuan berbahasa. Sahabat muslim dapat mulai belajar dari bahasa Arab jendela dan kosakata lain yang berkaitan dengan jendela dan rumah.

Pemuda Muslim Yang Selalu Memperbaiki Hati dan Diri #Programmer #Blogger #Desainer