Contoh Huruf huruf Ikhfa Haqiqi

Posted on

Sebagai salah satu ibadah kepada Allah SWT yang mendatangkan banyak kebaikan, membaca Al Qur’an memang tidak boleh sembarangan. Harus dilakukan dengan benar dan sesuai dengan ilmu tajwid. Dalam ilmu tajwid sendiri ada banyak hal yang dibahas dan salah satunya adalah ikhfa haqiqi.

Contoh Huruf Ikhfa Haqiqi

Ikhfa ini termasuk dalam salah satu bagian dari hukum tanwin atau nun mati. Namun, ada juga ikhfa lain yang disebut dengan ikhfa syafawi. Bedanya dengan ikhfa haqiqi ialah apabila ikhfa syafawi ini termasuk bagian dari hukum mim mati.

Baca Juga ; Huruf Ikhfa dan Artinya


Pengertian Ikhfa Haqiqi

Dalam pembahasan hukum tanwin atau nun mati, bisa dikatakan bahwa ikhfa yang satu ini adalah hal yang cukup sulit. Mengapa demikian? Salah satu alasannya ialah karena hurufnya yang banyak. Namun sebelum itu, sahabat muslim perlu mengetahui pengertiannya terlebih dahulu.

Jika dilihat dari asal katanya, maka ada kata ikhfa dan ada kata haqiqi. Ikhfa mempunyai arti menyamarkan, menyembunyikan, atau menutup. Sementara haqiqi mempunyai arti yang sebenarnya atau sungguh-sungguh.

Jadi, apabila hendak dijabarkan lebih panjang, maka ikhfa yang haqiqi maknanya adalah membunyikan atau mengucapkan lafal atau bacaan dengan cara yang disamarkan serta sungguh-sungguh. Dengan begitu, bacaan terdengar seperti antara bacaan yang mendengung (idgham) dan bacaan idzhar (jelas).

Dalam kalimat yang lain, disebutkan bahwa ikhfa yang haqiqi ialah mengucapkan huruf mati tanpa bertasydid, namun dengan menetapkan sifat antara idgham dan idzhar yakni tetap mendengungkan huruf yang pertama (nun atau harokat tanwin).

Tanwin dalam hal ini termasuk fathah tanwin, kasrah tanwin dan juga dhommah tanwin. Selain itu, ikhfa yang haqiqi juga bisa diartikan sebagai menyembunyikan atau menyamarkan hurun nun yang mati (sukun) atau tanwin, dengan masuk dalam huruf hijaiyah yang ada setelahnya.

Baca Juga : Huruf Izhar Syafawi dan Contohnya


Daftar Huruf

Berdasarkan sejumlah keterangan di atas, sangat jelas bahwa hukum ikhfa haqiqi akan terjadi apabila terdapat nun mati (sukun) atau tanwin yang bertemu dengan salah satu huruf ikhfa. Huruf ikhfa ini mencakup huruf-huruf yang tidak termasuk dalam huruf idzhar halqi, idgham bilaghunnah, dan iqlab.

Lalu berapakah jumlah seluruh huruf ikhfa tersebut? Sahabat muslim semuanya, seluruh huruf ikhfa yang menjadi hukum atas nun mati (sukun) dan tanwin ini ada 15. Kelima belas huruf ikhfa tersebut juga disebutkan dalam kitab Syifa’ul Jinan yang tersusun dalam baris nadzom berikut:

صِفْ ذَاثَنَا كَمْ جَادَ شَخْصٌ قَدْ سَمَا  ۞   دُمْ طَيِّبًا زِدْفِى تُقًى ضَعْ ظَالِمًا

Salah satu cara termudah untuk menghafalkan huruf ikhfa ini ialah dengan memanfaatkan nadzom tersebut. Lantunkan saja dalam sebuah lagu atau gunakan cara lain yang bisa membuat sahabat muslim lekas hafal.

Bukannya dalam nadzom tersebut ada lebih dari 15 huruf? Memang benar demikian, namun bisa diketahui bahwa huruf ikhfa diambil dari huruf yang pertama untuk masing-masing kata dalam nadzom di atas. Jadi, nanti totalnya tetap ada 15.

Baca Juga : Contoh Huruf Izhar dan Cara Membacanya

Lebih jelasnya, huruf ikhfa yang haqiqi adalah sebagai berikut:

  • shod (ص)
  • dzal (ذ)
  • tsa’ (ث)
  • kaf (ك)
  • jim (ج)
  • syin (ش)
  • qof (ق)
  • sin (س)
  • dal (د)
  • tho’ (ط)
  • za’ (ز)
  • fa’ (ف)
  • ta’ (ت)
  • dlod (ض)
  • dho’ (ظ).

Jadi sekali lagi, apabila sahabat muslim mengaji mendapati adanya nun sukun (mati) atau tanwin yang bertemu dengan salah satu huruf yang 15 di atas, wajib untuk membacanya dengan ikhfa. Dengan demikian, sahabat muslim tidak boleh membaca tanwin atau nun tersebut dengan jelas.

Baca Juga : Contoh Mad Tamkin


Cara Membaca

Dari sejumlah pengertian di atas sebenarnya sudah diketahui bagaimana cara membaca ikhfa ini, yaitu dengan menyamarkan atau menyembunyikan makhraj dari nun sukun, sehingga seakan-akan berada di antara idgham dengan idzhar.

Selain itu, cara membacanya juga harus disertai dengan ghunnah atau dengung. Nun sukun (mati) atau tanwin ini sebenarnya tetap dibaca, hanya saja harus dengan samar-samar lalu disambung dengan huruf ikhfa yang ada setelahnya.

Dengung yang muncul ini juga tidak boleh dibaca langsung, melainkan harus dipanjangkan sekitar dua harakat atau 1 alif. Misalnya pada lafal مِنْكُمُ. Ada nun sukun (mati) yang bertemu dengan huruf kaf. Masih ingat bukan sahabat muslim kalau huruf kaf termasuk huruf ikhfa?

Nah, karena bertemu dengan huruf ikhfa maka lafal tersebut tidak boleh dibaca min-kum dengan tegas. Melainkan harus disamarkan menjadi minngkum dengan dengung yang panjangnya 1 alif atau dua harakat tadi. Tepatnya dengung yang dipanjangkan itu ada pada huruf ‘ng’nya.

Baca Juga ; Contoh Mad shilah Thawilah


Contoh

Ada banyak sekali contoh bacaan ikhfa yang bisa sahabat muslim temukan di dalam Al Qur’an. Beberapa di antaranya ialah sebagai berikut:

No Contoh Sebab Dibaca Ikhfa
1. مِنْ جُوْعٍ نْ  bertemu  ج
2. فَنْ ذَرْتُكُمْ نْ  bertemu  ذ
3. مِنْ سِجِّيْلٍ نْ  bertemu  س
4. فَانْصَبْ نْ  bertemu  ص
5. عَنْ طَبَقٍ نْ  bertemu  ط
6. يَوْمٍ ذِيْ مَسْغَبَةٍ ـٍ  bertemu ذ
7. صَفًّا صَفًّا ـً  bertemu ص
8. لَقُوْلٌ فَصْلٌ ـٌ  bertemu ف

Pastinya masih banyak contoh lain tentang ikhfa yang haqiqi yang bisa sahabat muslim temukan di dalam Al Qur’an. Bahkan ada kalanya hukum bacaan ini bisa ditemui dalam satu kata (atau kalimah dalam bahasa Arab) sekaligus.

Baca Juga : Contoh Mad Shilah

Jangan lupa pengetahuan mengenai ikhfa ini dipraktekkan ya. Tapi sebelumnya, hafalkan dulu huruf-huruf ikhfa supaya nanti lebih mudah untuk mendeteksinya. Wallahu a’lam bish showab.

Pemuda Muslim Yang Hoby Menulis #Publisher #Programmer #Blogger #SEO