Resensi Novel Kisah Sang Penandai

Posted on

Resensi Novel Kisah Sang Penandai

Selain membuat novel tentang kisah hidup yang penuh pembelajaran, Tere Liye juga membuat novel bertema fiksi namun masih berkaitan dengan cinta. Seperti novel Kisah Sang Penandai, yang memiliki nilai unik tentang cinta dan perjuangan untuk bertahan hidup.

Buat sahabat yang suka novel karya anak bangsa, ini adalah salah satu pilihan tepat. Namun sebelum membaca, tidak ada salahnya ketahui dulu resensi novel Kisah Sang Penandai berikut ini.

Profil Novel Kisah Sang Penandai

Jika melihat identitas dari buku ini, memang cukup menakjubkan. Mulai dari cover hingga rating yang diperolehnya dari para pecinta cerita panjang dalam bentuk tulisan. Berikut ini informasinya.

  • Judul Buku : Sang Penandai
  • Tahun Terbit : Tahun 2016
  • Penulis :Tere Liye
  • Penerbit : Republika
  • Jumlah Halaman : 295 halaman
  • Nomor ISBN :978-6029-888-324
  • Rating versi online :3.5 dari skala 5
  • Cetakan : Mencapai Cetakan ke-9

Sinopsis

Ini adalah salah satu novel bertema dongeng percintaan karya Tere Liye, alurnya sangat dinamis dan menyimpan banyak cerita tentang kehidupan.

Mengisahkan percintaan antara seorang pria bernama Jim dengan wanita pujaan hatinya Nayla. Mereka berasal dari dua kasta yang berbeda, Jim anak yatim piatu dan hanya orang biasa, sementara Nayla dari kalangan terpandang Suku Beduin.

Kisah cinta mereka ditentang oleh keluarga Nayla, sampai akhirnya wanita cantik tersebut dijodohkan dengan lelaki pilihan keluarga dan ditolak mentah-mentah karena cintanya pada JIm begitu besar.

Namun apa mau dikata, Nayla tak bisa berbuat banyak lalu memilih mengakhiri hidupnya ketimbang harus menikah dengan orang yang tidak dicintainya. Tepatnya pada bukan 7, tanggal 7, dan jam 7 wanita tersebut mengakhiri hidupnya.

Jim yang terpukul ternyata tak memiliki nyali untuk ikut bunuh diri bersama Nayla, dia yang sempat berjanji akan ikut mengakhiri hidup malah bersembunyi ketika dikejar suruhan keluarga kekasihnya tersebut.

Padahal jika memang berniat sehidup semati, tinggal serahkan diri dan dia bisa mati menyusul Nayla tanpa harus minum racun seperti yang dilakukan Nayla.

Tapi, tetap saja sejak kepergian Nayla, Jim menjadi sangat frustasi dan bertemu dengan sang penandai.

Sang penandai merupakan pembuat dongeng, yang memberikan sebuah tugas bagi Jim untuk melakukan perjalanan membuat dongeng hidupnya sendiri. Hanya sebuah clue yang diberikannya melalui satu penggalan kalimat.

“Aku ingin kau hanya mempercayai satu kalimat saja, pecinta sejati tidak akan menyerah sebelum kematian itu sendiri datang menjemput dirinya,” itu adalah kalimat yang diucapkan sang penandai pada Jim ketika keduanya bersua.

Jim akhirnya memulai petualangannya sendiri untuk melupakan Nayla, penuh dengan lika liku dari orang yang benar-benar penakut dan putus asa menjadi lebih kuat.

Dia melalui semua petualangan bersama armada kota terapung, setelah diminta sang penandai untuk mencari tanah harapan.

Ada sosok Laksamana Ramirez dan Pate yang memiliki peran penting dalam perjalanan Jim, memberikan nuansa berbeda sampai di akhir cerita.

Ada masa dimana dia bertemu dengan kawanan perompak, berseteru hingga bertemu berbagai kelompok dengan ciri khas masing-masing. Kemudian dengan berbagai pengalaman itulah dia bertransformasi menjadi sosok yang lebih tahan banting.

Plus Minus

Dalam cerita novel, tentu ada plus minus yang disajikan oleh penulis untuk ditelaah oleh pembaca. Berdasarkan review dari sejumlah pembaca Sang Penandai dan melalui resensi novel Kisah Sang Penandai, ternyata inilah plus minus yang terdapat dalam kisah perjalanan Jim menemukan tanah harapan.

  • Nilai Plus

Nilai plus yang dirasakan diantaranya, selalu ada keseruan di setiap plot ketika Jim mulai petualangan mencari dongengnya sendiri. Apalagi setelah muncul sosok Sang Penandai, yang memberi titah pada Jim untuk melakukan petualangan.

Ada juga nilai plus soal karakter Jim yang berubah dari pemuda pengecut, kemudian dengan tempaan berbagai kejadian mengubahnya menjadi sosok yang berani, tegar, dan kuat dalam berbagai hal.

Satu hal unik dan menggelitik adalah, tokoh utama yang ditonjolkan adalah sosok yang jauh dari kesan tokoh utama dongeng pada umumnya. Yaitu Jim dengan karakternya yang suka menangis, pesimis, dan sering mengeluhkan kehidupannya.

  • Nilai Minus

Sedangkan nilai minusnya, ada beberapa bagian dimana tingkat khayalan yang dimunculkan terlalu tinggi. Bagi yang kurang suka novel kategori dongeng, mungkin tergolong membosankan.

Unsur Ekstrinsik dan Intrinsik

Untuk unsur-unsur yang ada di dalam novel ini, cukup menarik untuk diketahui mulai dari ekstrinsik maupun intrinsik.

  • Unsur Ekstrinsik

Unsur ini melibatkan hal-hal di luar alur yang tetap memberi pengaruh pada keseluruhan cerita novel. Pada buku Sang Penandai, ada dua unsur ekstrinsik yang bisa dilihat secara mendalam.

  1. Sosial

Kondisi sosial bagaimana hubungan yang dijalin antara Jim dan Nayla, kemudian dengan karakter pendukung. Memberi kekuatan pada cerita, seperti sikap pesimis Jim yang akhirnya berubah menjadi optimis.

Juga bagaimana Jim melalui berbagai rintangan, bertemu dengan banyak orang dengan berbagai latar belakang karakter.

  1. Budaya

Budaya dari pihak keluarga Nayla yang masih mengedepankan kekuasaan, ketika ingin membunuh Jim usai kematian Nayla.

  • Unsur Intrinsik

Beberapa unsur dari dalam alur juga sangat berpengaruh pada keseluruhan perjalanan Jim sejak awal sampai akhir.

  1. Alur

Alur dari novel ini adalah alur maju, mundur, maju. Mulai dari kisah percintaan antara Jim dan Nayla. Kemudian berlanjut pada pencarian jati diri sambil sesekali melibatkan masa lalu, sampai akhirnya hidupnya berubah menjadi lebih baik.

  1. Tokoh

Banyak tokoh hadir dalam novel ini, ada tokoh utama Jim. Kemudian Nayla, anggota keluarga Nayla, Sang Penandai, Laksamana Ramirez dan Pate. Dengan karakter masing-masing dan ikut menentukan keseluruhan jalan cerita.

Penasaran dengan keseluruhan jalan cerita novel karya Tere Liye ini? Melalui resensi novel Kisah Sang Penandai ini, sahabat bisa mengetahui keunikan dan pasti membuat penasaran untuk segera membaca.

Baca Juga;