Bahasa Arab Lampu

Posted on

Bahasa Arab Lampu

Hai sahabat muslim sekalian, selamat berjumpa kembali untuk pembelajaran bahasa Arab. Pada kesempatan ini materi yang akan diulas adalah tentang bahasa Arab lampu. Kata lampu sudah sangat familiar di masyarakat. Hampir semua orang memiliki lampu, baik lampu utama atau jenis lampu lainnya.

Bahasa Arab sama dengan bahasa lainnya. Setiap kata dapat diartikan dalam bahasa Arab tersebut. Sahabat muslim bisa menjadi orang yang mahir dalam bahasa Arab dengan rajin mempelajari kosakata yang ada di sekeliling setiap harinya.

Bahasa Arab Lampu

Hampir di setiap tempat terdapat lampu, mulai dari rumah, kantor, sekolah, gedung perusahaan, pabrik, hingga jalanan. Lampu berfungsi sebagai penerangan ketika malam hari, sehingga benda atau jalan yang ada dapat dilihat dengan jelas.

Menurut bahasa Arab, lampu ini disebut dengan مِصْبَاحٌ yang dibaca “misbakhun”. Kosakata dasar bahasa Arab ini telah diajarkan pada siswa yang duduk di bangku sekolah dasar khususnya sekolah yang berbasis Islam atau madrasah. Pengetahuan bahasa Arab akan lebih baik jika ditanamkan sejak dini.

Kosakata bahasa Arab yang berhubungan dengan lampu ini cukup banyak. Hal ini karena lampu adalah suatu benda yang terdapat pada hampir semua tempat. Beberapa kosakata yang disajikan saat ini, mungkin sudah ada beberapa yang telah sahabat muslim hafalkan.

Kosakata Bahasa Arab yang Berhubungan dengan Lampu

1.     Kosakata Tentang Lampu

Tujuan dari pembelajaran ini adalah untuk memahami dan memperluas kosakata bahasa Arab. Sahabat muslim juga bisa membuat rangkuman dari semua materi yang telah ditampilkan. Untuk pertemuan ini mari kembali menghafalkan beberapa kosakata lain yang berhubungan dengan lampu.

Baca Juga; Bahasa Arabnya Lemari

Bahasa Indonesia Bahasa Arab
Saklar تَجْرِيْفٌ
Lampu gantung قَانُوْسٌ
Colokan تَوْصِيْلٌ كَهْرُبَائِيٌّ
Aliran listrik تَيَّارٌ كَهْرُوْبَائِيٌّ
Listrik كَهْرَبَاءٌ
Lampu senter سِرَاجُ كَشَّافٍ ، بَطَّارِيَةُ جَيْبٍ
Lampu merah tanda bahaya عَلَامَةُ الخَطَرِ أَوْ الـمَنْعِ
Lampu depan mobil فَانُوْسُ السَّيَّارَةِ الأَمَامِـيِّ
Lampu belakang mobil فَانُوْسُ السَّيَّارَةِ الخَلْفِـيِّ
Memakai lampu اِصْطَبَحَ وَاسْتَصْبَحَ : اِسْتَضَاءَ
Lampu radio لَـمْبَةُ رَادِيُوْ ، صِمَامُ اللَاسِكِيّ
Lampu yang ada di atap مِصْبَاحُ السَّقْفِ
Lampu terang benderang سِرَاجٌ وَهَّاجٌ

2.     Kosakata Bahasa Arab Sekitar Rumah

      Penggunaan lampu sangat identik dengan rumah, meskipun masih banyak tempat juga yang menggunakan lampu ini. Agar sahabat muslim lebih mudah dalam menghafalkan kosakata bahasa Arab ini, akan dimulai dari pengenalan kosakata tentang rumah dan sekitarnya.

Contoh Kalimat dalam Bahasa Arab Tentang Rumah dan Lampu

Baca Juga; Bahasa Arab Rumah

Bagaimana sahabat muslim sekalian, apakah masih semangat untuk terus belajar bahasa Arab? Mari tingkatkan kemampuan dalam berbahasa Arab dengan membuat kalimat dari beberapa kosakata diatas. Kalimat yang dibuat cukup sederhana dan tidak terlalu panjang.

Memperkaya wawasan dan kemampuan untuk berbahasa Arab dapat menjadi salah satu kelebihan diri lho sahabat muslim. Asal tekun dan rajin dalam menghafalkan berbagai kosakata termasuk bahasa Arab lampu, akan semakin cepat menguasai bahasa Arab.

Baca Juga; Bahasa Arab Meja

Pemuda Muslim Yang Selalu Memperbaiki Hati dan Diri #Programmer #Blogger #Desainer