Bahasa Arabnya Lemari

Posted on

Bahasa Arabnya Lemari

Lemari adalah salah satu kata yang sudah sangat familiar di masyarakat. Pasti sahabat muslim sekalian juga telah mengetahui tentang kata lemari. Lalu, apakah bahasa Arab lemari ini? Mungkin belum banyak yang mengetahui atau memahami tentang kosakata lemari dalam bahasa Arab ini.

Belajar bahasa Arab pada dasarnya tidak terlalu rumit. Cukup lebih banyak mengetahui dan menghafal koka sata yang ada. Hampir sama dengan bahasa asing lainnya, dimana langkah pertama adalah mengenal sebanyak-banyaknya kosakata bahasa tersebut.

Bahasa Arab Lemari

Bahasa Arab memang bukanlah mata pelajaran wajib yang diajarkan di sekolah, terutama untuk sekolah negeri. Namun, di sekolah swasta terutama yang berbasis agama atau madrasah, bahasa Arab menjadi salah satu mata pelajaran wajib. Mari mulai belajar beberapa kosakata bahasa Arab.

1.    Kosakata Bahasa Arab Lemari

Sesuai dengan judul pembahasan kali ini, akan banyak belajar tentang kosakata bahasa Arab dan beberapa kosakata alat lainnya yang berhubungan. Lemari banyak ditemukan di rumah, kantor, sekolah dan tempat lainnya. Simaklah beberapa kata dasar bahasa Arab berikut ini:

Baca Juga; Bahasa Arab Rumah

Bahasa Indonesia Bunyi Bacaan Bahasa Arab
Lemari Khizaanatun خِزَانَةٌ
Lemari Pakaian Daulaabun دَوْلَابٌ

2.    Kosakata Bahasa Arab di Sekitar Rumah

Selain lemari, sahabat muslim juga dapat belajar tentang kosakata barang-barang lain yang berada di sekitar rumah, mulai dari bangunan rumah, kamar, hingga dapur dan juga isinya. Tambahan kosakata ini dapat menambah pengetahuan dan kemampuan berbahasa Arab.

3.    Kata Kerja Tambahan dalam Bahasa Arab

      Selain kata benda, dalam kosakata bahasa Arab juga memiliki kata kerja. Pada dasarnya, bahasa Arab ini hampir sama dengan bahasa Indonesia dalam struktur katanya. Kali ini, perkenalan tentang kata kerja adalah yang sering digunakan sehari-hari.

Bahasa Indonesia Bunyi Ucapan Bahasa Arab
Menjual Yabii’ يَبِيْعُ
Membeli Yastarii يَشْتَرِ
Menempati Yaskunu يَسْكُنُ
Menyewa Yasta’jiru يَسْتَأْجِرُ
Membangun Yabnii يَبْنِي
Menggadai rumah Rahn Manzil رهن منزل
Alamat rumah ‘unwaanul baiti عُنْوَانُ البَيْتِ

Baca Juga; Bahasa Arab Meja

Memahami Pola Kalimat dalam Bahasa Arab

Langkah selanjutnya setelah belajar berbagai kosakata tersebut, sekarang sahabat muslim dapat belajar membuat kalimat. Dalam bahasa Arab juga dikenal adanya tata bahasa yang menjadi pedoman dalam penyusunan kalimat yang benar.

1.     Kalimat Verbal

 Kalimat dalam bahasa Arab banyak menggunakan fi’liyah, yaitu kalimat dengan fi’il sebagai pembuka kalimat. Pada kalimat verbal ini dimulai dengan predikat, sedangkan subjek akan berada di bagian belakang kalimat.

2.     Kata Aktif

      Dalam kalimat aktif akan digunakan fi’il mabni ma’lum, sehingga akan membentuk kalimat aktif. Namun apabila diartikan dalam bahasa Indonesia, akan menjadi bentuk pasif. Contoh dari kalimat bentuk aktif ini adalah:

هَذَا كِتَابٌ اِشْتَرَاهُ اَحْمَدُ  أمس

Arti secara harfiah: Ini kitab yang membelinya adalah Muhammad kemarin. Terjemahan: Ini kitab yang dibeli Muhammad kemarin.

3.     Kata Pasif

      Bentuk kalimat pasif menggunakan fi’il mabni majhul atau isim maf’ul. Dengan menggunakan fi’il ini maka kalimat akan menjadi pasif. Namun jika sahabat muslim terjemahkan dalam bahasa Indonesia, akan berubah menjadi kalimat aktif. Berikut adalah contohnya:

Baca Juga; Bahasa Arab Jendela

 سَرَرْتُ بِلِقَائِكَ

Arti secara harfiah: Saya disenangi sebab bisa bertemu Anda.

      Terjemahan: Saya senang bisa bertemu Anda.

4.     Contoh Kalimat dengan Kata Lemari

  • أنت ستكون جاراً لهم اشتريتُ أيضاً سيّارة جديدة، خزانة ملابس مُناسبة، ومجموعة من مضارب الغولف

Artinya: Aku membeli mobil baru, lemari yang cocok, dan satu perlengkapan untuk tongkat golf.

  • أياً كان ما نبحث عنه فهو داخل هذة الكبائن،أليس كذلك

Artinya: Apapun yang dicari, pasti ada di dalam lemari

  • أيصعب إيجاد أناس يعجزون عن تنظيم خزائن ثيابهم

Artinya: Apa sangat sulit untuk menemukan orang yang bisa menata lemari sendiri.

Bahasa Arab memang memiliki keunikan tersendiri, namun sahabat muslim tidak perlu khawatir karena bisa belajar dengan mudah. Mulai dari bahasa Arab lemari ini kemudian tingkatkan pada kosakata yang lainnya. Semakin banyak kosakatanya, akan semakin cepat pandai berbahasa Arab.

Pemuda Muslim Yang Selalu Memperbaiki Hati dan Diri #Programmer #Blogger #Desainer