Bahasa Arab Rumah Sakit

Posted on

Bahasa Arab Rumah Sakit

Hallo sahabat muslim sekalian, bertemu kembali dalam belajar bahasa Arab. Pada kesempatan kali ini akan kita bahas tentang bahasa Arab rumah sakit. Pasti sahabat muslim disini sudah tahu kan tentang rumah sakit. Nah, kali ini mari mempelajari rumah sakit versi bahasa Arab.

Pembelajaran yang akan disampaikan kali ini adalah tentang kosakata yang berhubungan dengan rumah sakit. Jadi, semua hal yang ada di dalam rumah sakit tersebut, memiliki arti dalam bahasa Arab. Selain kosakata, juga akan diberikan beberapa contoh kalimat dan percakapan ringan dan sederhana.

Baca Juga; Bahasa Arab Kelas

Bahasa Arab Rumah Sakit

Apa yang ada di benak sahabat muslim jika mendengar kata rumah sakit? Rumah sakit adalah sebuah tempat untuk merawat orang sakit. Di dalam rumah sakit terdapat berbagai peran dan aktivitas. Contohnya saja ada dokter, perawat, pasien, pemeriksaan kesehatan, dan lainnya.

1.     Rumah Sakit dalam Bahasa Arab

      Pembahasan inti pada pertemuan kali ini adalah tentang rumah sakit. Dalam bahasa Arab, kata rumah sakit ini memiliki arti مُسْتَشْفَي atau dibaca “mustasyfa”. Pengertian rumah sakit merupakan tempat untuk merawat dan merehabilitasi pasien.

      Rumah sakit memang selalu identik dengan sakit dan dokter. Orang yang sakit atau butuh pertolongan dokter, akan datang ke rumah sakit. Di dalamnya terdapat pelayanan yang lengkap baik rawat inap maupun rawat jalan. Deskripsi rumah sakit dalam bahasa Arab dapat diartikan berikut ini:

الْمُسْتَشْفَي هُوَ مَكَانٌ لِعِلَاجِ الْمَرْضَى وَتَأْهِيْلِهِمْ. وَقَدْ كَانَتْ تُسَمَّى فِي الْعُصُوْرِ الْإِسْلَامِيَّةِ الْأُوْلَى الْبِيْمَارِسْتَانِ      .

وتكون مجهزة بعيادات للأطباء وغرف للعمليات وغرف للإنعاش وغرف للمرضى عامة وخاصة. كما في بعضها عيادات خارجية لاستقبال المرضى

Artinya:

Baca Juga; Bahasa Arab Masjid

      Rumah sakit merupakan tempat yang digunakan untuk merehabilitasi pasien. Pada awal masa Islam, rumah sakit disebut “bimaristan”. Tempat ini dilengkapi dengan klinik dokter, ruang untuk operasi, ruang pemulihan, dan ruang publik & pribadi pasien. Ada juga yang memiliki rawat jalan.

2.     Kosakata yang Berkaitan dengan Rumah Sakit

      Dari pengertian rumah sakit tersebut, sudah bisa dilihat bahwa ada profesi, tempat atau ruangan, serta pelayanan yang diberikan. Sahabat muslim dapat mempelajari hal-hal yang berkaitan dengan rumah sakit dalam bahasa Arab seperti di bawah ini:

Bahasa Indonesia Bahasa Arab
Bidan قَابِلَةٌ
Ruang periksa غُرْفَةُ الْفَحْصِ
Memeriksa فَحَصَ – يَفْحَصُ
Mengobati عَالَجَ – يُعَالِجُ
Opname/rawat inap لَزِمَ – يَلْزَمُ
Pemeriksaan darah تَحْلِيْلُ الدَّمِ
Resep dokter وَصْفُ الطِّبِّ
Surat keterangan dokter التَّقْرِيْرُ الطِّبِّيُّ
Tekanan darah ضَغْطُ الدَّمِ
Pusing صُدَاعٌ
Mobil ambulance سَيَّارَةُ الْإِسْعَافِ
Penyakit مَرَضٌ
Demam حُمَّى
Flu زُكَّامٌ
Luka جُرْحٌ
Sakit jantung أَمْرَاضُ الْقَلْبِ
Kotak obat صُنْدُوْقُ الْإِسْعَافِ
Pertolongan pertama pada kecelakaan الْإِسْعَافَاتُ الْأَوَّلِيَّةُ
Malaria مَلَارْيَا
Diare إِسْهَالٌ
Obat دَوَاءٌ
Dokter umum الطَّبِيْبُ العَامُ
Dokter mata طَبِيْبُ العُيُوْنِ
Dokter penyakit dalam طَبِيْبُ الأَمْرَاضِ الدَّاخِلِيَّةِ
Dokter bedah الطَّبِيْبُ الجِرَاحُ
Apoteker الصَّيْدَلِى
Operasi العَمَلِيَّةُ الجِرَاحِيَّةُ
Ruang tunggu صَالَةُ الاِنْتِظَارِ
Rumah sakit jiwa مُسْتَشْفَى الأَمْرَاضِ العَقْلِيَّةِ

Baca Juga; Bahasa Arab Lantai

Membuat Kalimat Tentang Rumah Sakit dalam Bahasa Arab

Setelah mempelajari kosakata yang berkaitan dengan rumah sakit, akan lebih menarik lagi jika sahabat muslim mampu membuat kalimat. Kata-kata tersebut akan disusun menjadi sebuah kalimat yang bisa dipergunakan pada percakapan sehari-hari. Berikut adalah contohnya:

1.     Contoh Percakapan

  Bahasa Arab Bahasa Indonesia
الطَّبِيْبُ (dokter) الضَّغْطُ مُرْتَفِعٌ ، وَالسُّكَّرِيُّ أَيْضًا . مَاذَا حَدَثَ ؟ Tensimu tinggi, gulanya juga tinggi. Apa yang telah terjadi?
الـمَرِيْضُ (pasien) تَنَاوَلْتُ دَوَاءَ الضَّغْطِ ، وَدَوَاءَ السُّكَّرِيِّ أَيْضًا Padahal saya sudah minum obat untuk penurun tensi, untuk gula juga.
الطَّبِيْبُ (dokter) أَعْتَقِدُ أَنَّكَ لَـمْ تَتَّبِعِ الحِمْيَةَ Saya yakin Anda belum melakukan diet
الـمَرِيْضُ (pasien) هَذَا صَحِيْحٌ ، فَقَدْ تَنَاوَلْتُ كَثِيْرًا مِنَ السُّكَّرِيَّاتِ وَالدُّهُوْنِ وَالنَّشَوِيَّاتِ Benar, saya terlalu banyak makan makanan manis, lemak, dan karbohidrat
الطَّبِيْبُ (dokter) وَأَعْتَقِدُ أَنَّكَ لَمْ تُمَارِسِ الرِّيَاضَةَ أَيْضًا Saya juga yakin Anda tidak rutin olahraga.
الـمَرِيْضُ (pasien) حَاوَلْتُ ذَلِكَ ، وَلَكِنْ لَمْ أَسْتَطِعْ ، فَأَنَا مَشْغُوْلٌ دَائِمًا Saya telah berusaha, namun belum bisa melakukan karena saya sibuk.
الطَّبِيْبُ (dokter) حَالَتُكَ خَطِيْرَةٌ . لَابُدَّ مِنَ الحِمْيَةِ ، وَلَابُدَّ مِنَ الرِّيَاضَةِ . الدَّوَاءُ وَحْدَهُ لَا يَكْفِي Kondisimu buruk. Kamu harus melakukan diet dan olahraga. Obat saja tidak cukup.
الطَّبِيْبُ (dokter) اِتَّبِعِ الحِمْيَةَ ، وَمَارِسِ الرِّيَاضَةَ ، وَتَنَاوَلِ الدَّوَاءَ ، وَقَابِلْنِي بَعْدِ شَهْرٍ Lakukanlah diet, rutin olahraga, dan minum obat. Temui saya satu bulan lagi.

 Baca Juga; Bahasa Arab Jam Dinding

2.     Contoh Kalimat

  • الطَّبِيْبَةُ تُعَالِجُ الْمَرْضَي فِيْ الْمُستَشْفَيْ, artinya dokter perempuan itu mengobati orang sakit di rumah sakit.
  • ذَاتَ يَوْمٍ غَابَتْ سَبِيْلَ فَتْوَانِنْجرُوْم عَنِ الْمَدْرَسَةِ وَ عَلِمَتْ مِنْ بَاقِيْ صَدِيْقَاتِهَا بِأَنَّهَا مَرِيْضَةٌ

      ثُمَّ تَذْهَبُ صَدِيْقَاتُهَا إِلَيْ الْمُسْتَشْفَي لِعِيَادَةِ الْمَرِيْضِ

      Artinya, pada suatu hari, sabila fatwaningrum tidak masuk sekolah dan diketahui oleh temannya bahwa dia sedang sakit. Kemudian teman-temannya berangkat ke rumah sakit untuk menjenguknya.

Belajar tentang bahasa Arab rumah sakit memang cukup luas cakupannya. Rasanya masih kurang materi yang disampaikan pada sahabat muslim sekalian. Namun, untuk pertemuan kali ini telah dirasa cukup untuk semakin meningkatkan keterampilan dalam bahasa Arab.

Baca Juga; Bahasa Arab Pintu

Pemuda Muslim Yang Selalu Memperbaiki Hati dan Diri #Programmer #Blogger #Desainer