Arti Fii Amanilah

Posted on

Islam mengajarkan umatnya untuk mengucapkan hal-hal yang baik ataupun mendoakan yang terbaik bagi sesama muslim. Ada banyak ucapan dalam Islam yang bermakna baik ketika diucapkan, salah satunya yang tidak asing di telinga sahabat muslim adalah fii amanilah. Fii amanilah artinya adalah sebuah ucapan untuk mendoakan lawan bicara ketika hendak bepergianfii amanilah artinya

Ketika ada seseorang yang mengucapkan kata tersebut kepada sahabat muslim, maka bisa dijawab dengan ucapan yang baik pula. Salah satu jawaban yang sering diberikan adalah “Ma’assalamah” yang berarti “semoga keselamatan juga menyertaimu”.

Baca Juga : 3 Kebaikan Mengucapkan Wa iyyak kepada Sesama Muslim dan Muslimah


Fii Amanilah Artinya

Kata Fii Amanillah apabila diterjemahkan memiliki arti “semoga engkau selalu berada di lindungan Allah SWT”. Dengan mengucapkan kata tersebut, sahabat muslim secara tidak langsung mendoakan keselamatan orang yang hendak berpergian, baik itu bepergian jarak jauh ataupun dekat.


Cara Mengucapkan

Pengucapan kata “fii amanillah” haruslah benar, karena dalam bahasa Arab ketika salah pengucapan sedikit saja, maknanya bisa berubah. Bisa jadi yang sebelumnya bermakna baik, justru berbanding terbalik menjadi buruk. Pengucapannya tidak jauh berbeda dari ucapan umum seperti “Allahu Akbar”.

Sahabat muslim harus memperhatikan pengucapan kata “fii” dan “nillah” karena seringkali ditemukan salah pengucapan di sini. Pada saat mengucapkan kata “fii”, huruf “I” dibaca panjang dengan dua ketukan atau biasanya dikenal sebagai panjang dua harakat.

Baca Juga : Mengucapkan Ana Uhibbuka Fillah Termasuk Sunnah yang Ditinggalkan

Berbeda lagi dengan pengucapan kata “nillah” yang biasanya menjadi “nilloh”. Kata “nillah” pada penggalan tersebut diambil dari huruf hijaiyah kasrah Nun yang bertemu dengan huruf Allah.

Dengan demikian, pengucapannya harus tetap menggunakan vokal “a”, bukan diganti menjadi vokal “o” karena maknanya akan berbeda. Jadi, pengucapan kata “fii amanillah” harus sesuai dengan yang tertulis agar maknanya tidak berubah.


Penggunaan dalam Kehidupan Sehari-hari

Dalam kehidupan sehari-hari, pengucapan kata “fii amanillah” tergantung dari situasi ataupun kondisi pada saat itu. Tidak semua kondisi yang buruk harus mengucapkan kata ini, namun bisa diganti dengan kata lain yang sesuai.

Berikut beberapa kondisi yang tepat untuk mengucapkan “fii amanillah”:


  • Berita Bencana Alam

Ketika sahabat muslim melihat, mendengar atau mengetahui terdapat bencana alam di suatu daerah. Nah, di daerah tersebut terdapat keluarga ataupun yang lain, maka bisa mengucapkan kata tersebut. Tujuannya tidak lain adalah mendoakan agar diberi keselamatan dari bencana alam itu.


  • Mengakhiri Pembicaraan via Telepon

Kata “fii amanillah” juga bisa diucapkan sebelum mengakhiri pembicaraan melalui telepon. Ucapkan kata tersebut sebelum sahabat muslim mengucapkan salam penutup seperti pada umumnya.

Tujuannya adalah agar di bisa dipertemukan di pertemuan selanjutnya dan masing-masing berada di dalam lindungan Allah SWT.


  • Mengetahui Seseorang Sedang Melakukan Pekerjaan Berbahaya

Terkadang sahabat muslim mendapati rekan kerja ataupun keluarga yang pekerjaannya memiliki tingkat bahaya dan resiko yang tinggi. Agar orang tersebut selamat dari marabahaya, sahabat muslim bisa mengucapkan kata tersebut sebagai perlindungan bagi orang itu.

Baca Juga : Penggunaan Kata Afwan Jiddan dan Jawabannya


  • Ketika Berjumpa dengan Seseorang yang Menduduki atau Mendapatkan Jabatan Penting

Berada di jabatan yang penting tentunya tidak terlepas dari banyaknya isu negatif dan hal merugikan lainnya.

Apabila bertemu dengan orang-orang seperti itu, sahabat muslim bisa mengucapkan kata “fii amanillah”, dengan tujuan mendoakan agar diberi keselamatan dan dijauhkan dari marabahaya. Di sisi lain juga mendoakan agar orang itu dapat menjalankan tugasnya dengan baik dan benar.


  • Ketika Bertemu atau Mengetahui Seseorang Terkena Musibah

Ucapkan “fii amanillah” ketika sahabat muslim menjumpai seseorang yang sedang mengalami musibah apapun itu.

Contohnya ketika mengetahui rekan kerja terkena musibah kecelakaan, saudara terkena dampak banjir dan lain sebagainya. Dengan mengucapkan kata itu, secara tidak langsung meminta kepada Allah SWT untuk membantu orang-orang tersebut.


Makna Fii Amanillah


  • Ungkapan Rasa Saling Mencintai Sesama Muslim

Apabila “fii amanillah” diucapkan kepada sesama muslim, secara tidak langsung menunjukkan rasa saling mencintai sesama Hamba Allah. Dengan menumbuhkan rasa saling mencintai ini, tentunya sangat disukai oleh Allah SWT.

Namun, juga harus menyadari bahwa seluruh hal baik ataupun buruk yang menimpa umat muslim juga karena kehendak Allah SWT.

Baca Juga : Makna Kata Antum, Contoh Penulisan dan Penggunaannya


  • Doa Keselamatan

Ketika meninggalkan rumah atau pergi ke suatu tempat, seseorang tidak akan mengetahui apa yang akan terjadi. Sebagai Sahabat Muslim yang baik, alangkah baiknya mengucapkan kata “fii amanillah”.

Pasalnya, pengucapan ini bisa dijadikan sebagai doa keselamatan bagi siapa saja yang didoakan. Ketika sudah didoakan orang lain, sebaiknya berkendara dengan hati-hati dan penuh kesadaran.


  • Rasa Peduli Antar Sesama Muslim

Makna kali ini berhubungan dengan poin sebelumnya, yaitu dengan mendoakannya, secara tidak langsung akan menumbuhkan rasa peduli antar sesama muslim. Bisa jadi orang yang didoakan tadi juga mendoakan kembali sahabat muslim, sehingga sama-sama dalam lindungan Allah SWT.

Baca Juga : Happy Milad Artinya Apa?

Setelah mengetahui fii amanilah artinya pada pembahasan awal, sekarang sahabat muslim bisa mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari. Gunakan pengucapan kata tersebut pada kondisi sesuai yang telah dijelaskan sebelumnya.

Pemuda Muslim Yang Hoby Menulis #Publisher #Programmer #Blogger #SEO