3 Kebaikan Mengucapkan Wa iyyak kepada Sesama Muslim dan Muslimah

Posted on

Wa Iyyak Artinya

Para sahabat muslim yang dirahmati Allah tentu sering mendengar banyak saudara lainnya yang suka berbincang-bincang dalam Bahasa Arab, bukan? Obrolan paling umum yang penyebutannya cukup singkat dan biasa digunakan untuk kebutuhan sehari-hari. Terutama ketika saling tolong menolong, ucapan wa iyyak artinya penting untuk digunakan saat membalas kebaikan orang lain.Wa Iyyak artinya

Ketika sahabat muslim sekalian memperoleh kenikmatan atau bantuan dari orang lain secara tiba-tiba tanpa diharapkan namun sahabat muslim tidak dapat membalasnya secara materi, cukup ucapkan wa iyyak. Namun tahukah sahabat muslim apa arti dan maksud dari kata wa iyyak tersebut? Sebelum mempraktekkannya, sahabat muslim harus memahaminya dengan baik makna dan keutamaannya.

Baca Juga : Syukron Artinya secara Bahasa dan Makna


Tujuan Mengucapkan Wa Iyyak

Jika sahabat muslim telah mendengar seseorang yang mengucapkan kata terima kasih dalam Bahasa Arab yakni syukron atau jazakallaahu khoiron, maka jawablah dengan menggunakan Bahasa Arab pula. Kata sama-sama untuk menjawabnya sangat beragam, salah satunya dengan kata wa iyyak. Kata tersebut memiliki makna yang cukup luas meski diucapkan secara singkat dan padat.

Wa iyyak merupakan kata yang dapat digunakan untuk mengucapkan “sama-sama” meski artinya secara harfiah bukanlah itu. Kata tersebut seringkali diucapkan untuk mendoakan kebaikan seseorang kembali atas ucapan terima kasih dari sahabat muslim. Serta digunakan untuk menjawab penghargaan orang lain atas pemberian dari sahabat muslim secara sukarela tanpa mengharapkan imbalan.

Kini sahabat muslim telah mengetahui tujuan mengucapkan wa iyyak tersebut yakni di saat orang lain yang usai sahabat muslim bantu bersyukur dan berterima kasih kepada sahabat muslim. Kata tersebut sama pentingnya dengan ucapan syukron atau jazakallaahu khoiron yang diucapkan saat mendapatkan pertolongan. Sahabat muslim sudah sepatutnya membalas terima kasih dengan wa iyyak jika merasa memiliki hak lebih.

Respon untuk saling menghormati atau membalas doa dan kebaikan juga disebutkan dalam ayat berikut:

وَإِذَا حُيِّيْتُم بِتَحِيَّةٍ فَحَيُّواْ بِأَحْسَنَ مِنْهَا أَوْ رُدُّوهَا إِنَّ اللّهَ كَانَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ حَسِيب

“Apabila kamu diberi penghormatan dengan sebuah penghormatan, maka balaslah penghormatan itu dengan yang lebih baik darinya, atau balaslah penghormatan itu (dengan yang serupa). Sesungguhnya Allah memperhitungkan segala sesuatu.” (QS. An-Nisa`:86)


Wa iyyak Artinya secara Bahasa dan Makna

Jika diartikan secara literal bahasa, arti kata wa iyyak bukanlah “sama-sama” melainkan dan semoga kebaikan dilimpahkan Allah. Sahabat muslim yang hendak mengucapkannya kepada seseorang tidak disarankan untuk mengucapkannya tanpa imbuhan. Sahabat muslim harus menambahkan imbuhan sesuai subjek yang sedang diajak bicara, perempuan ataukah laki-laki.

Baca Juga : Arti Musytaq Dalam Islam

Wa iyyak merupakan kata dasar yang belum mendapatkan imbuhan sehingga arti dan maknanya murni harapan atas kebaikan dari Allah. Namun jika kata tersebut digunakan untuk mengganti kata “sama-sama” atau “afwan”, maka sahabat muslim tambahkan ki, ka, dan kum. Hal tersebut bertujuan agar doa yang telah sahabat muslim panjatkan kepada Allah benar-benar turut dikembalikan bagi si penerima rezeki.


3 Kebaikan Mengucapkan Wa iyyak kepada Sesama Muslim dan Muslimah

Wa iyyak termasuk ke dalam rangkaian ucapan syukur dan jauh dari kesombongan karena sahabat muslim bisa berlindung lewat makna yang baik dari kata tersebut. Keutamaan membalas terima kasih diikuti doa dalam Bahasa Arab adalah sebagai berikut:


  • Merendahkan Hati agar Tidak Sombong Setelah Memberi

Apabila ada seseorang yang sangat bersyukur atas pemberian dari sahabat muslim sekalian pasti mereka akan melontarkan berbagai kata yang baik termasuk terima kasih dan doanya. Namun sebagian besar manusia akan merasa sombong jika dirinya dapat membantu orang lain lebih banyak atau bisa juga dibilang riya’. Kata wa iyyak bisa menyelamatkan sahabat muslim dari penyakit hati tersebut.

Saat sahabat muslim mengucapkan wa iyyak, maka sahabat muslim sebenarnya juga sedang mendoakan orang lain yang telah menerima bantuan sekaligus berterima kasih kepada sahabat muslim. Sahabat muslim akan senang melihat mereka bersyukur atas semua pemberian itu dan memperoleh respon yang baik dari sahabat muslim sekalian.


  • Bersikap Ramah dan Menjalin Silaturahmi

Perilaku ramah tamah sangat dijunjung tinggi dalam Islam sehingga banyak sekali anjuran untuk saling berbuat baik kepada sesama tidak peduli muslim maupun non muslim. Balasan ucapan terima kasih menggunakan wa iyyak menjadi salah satu upaya bagi sahabat muslim untuk bersikap ramah kepada orang-orang yang membutuhkan sahabat muslim tersebut.

Baca Juga : Musytaq Jiddan Rindu dalam Islam

Ucapan baik dengan wa iyyak juga ditujukan untuk menjalin silaturahmi kepada sesama saudara muslim. Sahabat muslim akan memiliki hubungan yang semakin dekat jika saling merespon dalam kebaikan pada segala tindakan.


  • Menghargai Ucapan Terima Kasih Orang Lain

Kata wa iyyak merupakan sebuah respon  yang ditunggu-tunggu banyak orang sebagai bentuk penghargaan pada ucapan terima kasih. Mereka secara spontan akan berterima kasih sekaligus mendoakan kebaikan agar dilimpahkan kepada sahabat muslim. Jika sahabat muslim tidak meresponnya maka bisa saja mereka kecewa karena menganggap sahabat muslim tidak rela saat melakukan sebuah pertolongan.


Waktu yang Tepat Menggunakan Wa Iyyak

Wa iyyak cukup fleksibel jika digunakan untuk membalas kata “terima kasih” dalam Bahasa Arab, baik yang menggunakan kata syukron maupun jazakallaahu khoiron. Tetapi lebih disarankan ketika sahabat muslim mengucapkannya pada saat seseorang yang berterima kasih menambahkan sebuah doa. Mengingat pada kata wa iyyak juga terdapat doa sekaligus harapan untuk pemberi dan penerima.

Ucapan terima kasih dengan tambahan doa yang paling cocok untuk balasan wa iyyak adalah jazakallaahu khoiron. Sahabat muslim boleh menggunakan kata lain yakni syukron namun lebih baik jika ditambahkan jazakullah atau jazakumullaah di belakangnya. Jika ucapan tersebut jelas maka sahabat muslim paham bahwa mereka sedang mendoakan kebaikan sahabat muslim sehingga harus membalas doanya pula.

Penjelasan tentang wa iyyak artinya serta waktu yang tepat menggunakan kata tersebut secara jelas dilakukan ketika ada seseorang yang berterima kasih kepada sahabat muslim. Syaratnya, ucapan terima kasih tersebut diucapkan dalam Bahasa Arab yang di dalamnya diikuti dengan doa, seperti syukron dan jazakallaahu khoiron atau gabungan antar keduanya.

Baca Juga : Penggunaan Kata Afwan Jiddan dan Jawabannya

Sahabat muslim tidak perlu bingung lagi ketika hendak membalas doa orang-orang baik yang memberikan penghargaan atas bantuan sahabat muslim. Karena kata wa iyyak sangatlah singkat dan sahabat muslim hanya perlu menambahkan kasroh dan ya’ mati di akhir kata untuk menyesuaikan subjeknya. Sehingga kata tersebut akan menjadi wa iyyaki, wa iyyaka atau wa iyyakum.

Pemuda Muslim Yang Hoby Menulis #Publisher #Programmer #Blogger #SEO