Pengertian Huruf Jer

Posted on

Di dalam tata bahasa Arab, terdapat tiga macam satuan terkecil dari bahasa yaitu nama – nama atau kata benda (isim), kata kerja (fi’il), dan juga huruf. Pada pembahasan kali ini, kami akan menjelaskan kepada sahabat muslim semua mengenai huruf di dalam bahasa Arab, terkhusus mengenai huruf jar.Huruf Jer

Simak pembahasan kali ini mengenai huruf jar dimulai dari pengertian atau definisi, pembagian dan maknanya ya, sahabat muslim semua!


Pengertian Huruf Jar

Sebelum sahabat muslim mempelajari mengenai huruf jar, sahabat muslim harus terlebih dahulu mengetahui dan mengerti tentang huruf itu sendiri. Syaikh Muhammad Muhyiddin Abdul Hamid di dalam kitabnya yang berjudul At-Tuhfah As-Saniyyah mengemukakan pendapatnya mengenai makna dari huruf yaitu كَلِمَةٌ دَلَّتْ عَلَى مَعْنًى فِي غَيْرِهَا yang memiliki arti “kata yang menjelaskan makna selainnya”.

Baca Juga : Rumus I’rab

Syaikh Mushtafa Amin dan Syaikh Ali Jarim yang merupakan pengarang kitab Nahwu Wadhih juga menyatakan pengertian huruf yaitu:

yang artinya adalah “setiap lafaz yang tidak muncul makna secara sempurnanya melainkan jika bersama selainnya”.

Dari kedua makna huruf yang disampaikan oleh para ahli tersebut, bisa ditarik kesimpulan bahwa setiap huruf di dalam bahasa Arab merupakan kata bantu yang tidak mengandung makna atau arti, kecuali huruf tersebut bergabung dan bersanding dengan huruf yang lain.

Adapun huruf jar (biasa juga disebut khafadh) memiliki arti yaitu harokat kasroh yang disebabkan oleh faktor tertentu, di mana salah satunya adalah huruf jar itu sendiri. Huruf jar merupakan huruf yang dapat membuat isim (kata benda) sesudahnya menjadi majrur, juga menyempurnakan makna dari fi’il (kata kerja) sebelumnya.

Contoh:

وَامْسَحُوابِرُءُوسِكُمْ

Artinya

“dan usaplah (dengan/sebagian) kepala – kepala kalian” (Q.S. Al-Maidah: 6)

Dalam kalimat tersebut, huruf jar yang digunakan adalah bi  (بِـ) yang berarti للتبعيض dengan maksud untuk menunjukkan makna sebagian, sebagaimana salah satu makna dari bi tersebut.

Baca Juga : Pengenalan Mengenai Wazan, Istilah di dalam Ilmu Sharaf


Pembagian Huruf Jar

Huruf yang termasuk ke dalam huruf jar sendiri berjumlah 20 huruf yang jika dilihat berdasarkan majrurnya, 20 huruf tersebut dibagi menjadi dua jenis di mana masing – masing terdiri dari 10 huruf jar, yaitu:

  1. Huruf jar yang me-ngejerkan pada isim dhohir (لعلّ, حتى, الكاف, واو, ربّ, تاء, كي, متى)
  2. Huruf jar yang me-ngejerkan pada isim dhohir dan isim dhomir (من, إلى, خلا, حاشا, عدا, في, عن, على, اللام, الباء)

Sedangkan jika dilihat dari lafaz, huruf jar dibagi menjadi tiga jenis atau kategori, yaitu:

  1. Huruf jar musytarak yang bisa saja menjadi huruf maupun isim
  2. Musytarak yang bisa saja menjadi huruf maupun fi’il
  3. Yang hanya bisa menjadi huruf saja.

Makna Huruf Jar

Dari 20 huruf jar, ada 9 huruf yang memiliki tugas atau fungsi untuk dapat menjarkan (me-ngejerkan) akhir dari kalimat isim. Makna dari huruf jar tersebut yaitu:


  • مِنْ

Huruf jar ini sebenarnya memiliki beberapa makna, namun secara umum huruf ini memiliki makna الإبتدء atau permulaan. Yang dimaksud dengan permulaan dalam hal ini dapat berupa tempat maupun berupa waktu. Selain bermakna sebagai permulaan, huruf ini juga bermakna التبعيض atau sebagian. Adapun makna dari huruf ini tergantung dengan konteks kalimat yang dimasukinya.

Baca Juga : Pengenalan Haal (الحال) Beserta Contohnya


  • عَنْ

Huruf jar yang kedua ini memiliki makna secara umum yaitu اامجاوزة  atau melewati, dapat juga bermakna menjadi dari atau melalui.


  • إِلَى

Huruf jar yang selanjutnya ini memiliki makna الإنتهاء yang berarti batas akhir atau penghabisan, di mana yang dimaksudkan dengan penghabisan dalam hal ini dapat berupa tempat maupun berupa waktu, sama halnya dengan huruf مِنْ yang sebelumnya sudah dibahas. Selain bermakna penghabisan, huruf ini juga bermakna  المصاحبة atau bersamaan.


  • عَلَى

Huruf ini secara umum dapat digunakan untuk menunjukkan الإستعلاء yaitu atas atau di atas.


  • رُبَّ

Makna secara umum dari huruf jar ini bisa berarti التكثير atau banyak dan juga التقليل atau sedikit.


  • فِي

Huruf فِي merupakan salah satu huruf jar yang memiliki banyak makna, di mana secara umumnya huruf ini bermakna الظرفية yang berarti di atau di dalam. Namun huruf ini juga terkadang diartikan sebagai االتعليل atau alasan, sebab, dan karena.


  • بِ

Memiliki dua makna, huruf ini bisa bermakna الإلصاق   atau bertemu dan dapat juga bermakna sebagai sebab dan juga dengan.


  • كَ

Sebenarnya, makna asli dari huruf jar ini merupakan التشبيه atau menyerupakan dan menyamakan suatu hal dengan perkara yang lain, namun huruf ini juga dapat diartikan sebagai التعليل   atau alas an.

Baca Juga : Pengertian Maf’ul Liajlih


  • لِ

Huruf jar yang terakhir ini memiliki makna secara umum yaitu للملك atau milik, kepemilikan, punya, kepunyaan.

Huruf jar merupakan materi yang penting di dalam ilmu nahwu, menjadikan materi ini sangat penting untuk sahabat muslim pelajari dan juga pahami. Jika sahabat muslim ingin melihat contoh dari huruf jar dan penggunaannya, sahabat muslim dapat melihatnya langsung di dalam Al-Qur’an.

Pemuda Muslim Yang Hoby Menulis #Publisher #Programmer #Blogger #SEO