Resensi Novel Berjuta Rasanya Karya Tere Liye

Posted on

Resensi Novel Berjuta Rasanya

Novel Berjuta Rasanya merupakan novel karya seorang penulis bernama Tere Liye. Bagi sahabat yang suka membaca novel romantis, novel dengan judul Berjuta Rasanya merupakan salah satu pilihan tepat. Tidak ketinggalan dengan novel aslinya, resensi novel Berjuta Rasanya wajib juga sahabat baca.

Kaya akan pelajaran hidup, novel ini juga menyuguhkan kisah menarik. Sahabat pasti akan kagum dengan cara pengarang mengungkapkan idenya melalui kisah dalam novel Berjuta Rasanya. Berikut ini informasi lengkap terkait novel Tere Liye khusus novel Berjuta Rasanya:

Identitas Novel Berjuta Rasanya

Lihat Juga; Resensi Novel Eliana

Pengarang yang hebat akan menciptakan karya yang menakjubkan, kehebatan seseorang dalam membawakan suatu kasus dalam bentuk novel memang bukan keahlian yang mudah. Pepatah mengatakan semua orang bisa menulis tapi jarang yang bisa menyayat hati.

Pembawaan Tere Liye sebagai pengarang sangat memikat, tapi jangan lupa untuk memastikan identitas bukunya sebelum membeli dengan memperhatikan informasi berikut ini:

  • Judul buku : Berjuta Rasanya
  • Tahun terbit : 2012
  • Penulis  : Tere Liye
  • Penerbit  : Mahaka Publishing
  • Jumlah halaman : 207 halaman beserta cover buku
  • Nomor ISBN : 978-6029-474-039
  • Rating versi : 3.6 dari skala 5
  • Cetakan : mencapai cetakan ke-9

Resensi Novel Berjuta Rasanya: Sinopsis Lengkap Per Bab

Menyajikan cerita cinta dengan objek permasalahan yang berbeda-beda, cerita yang ada di novel Berjuta Rasanya memanglah sangat menghibur. Berikut ini sinopsis dari bagian-bagian penting novel:

1. Bila Semua Wanita Cantik

Buku novel berjudul Berjuta Rasanya karya Tere Liye tersebut mengisahkan perasaan seorang yang sedang dimabuk cinta. Buku novel ini berisi 15 cerpen, di Bab pertama berjudul “Bila Semua Wanita Cantik”.

Di novel bab pertama dengan judul Bila Semua Wanita Cantik ini mengisahkan tentang seorang gadis bernama Vin. Gadis tersebut memiliki tubuh gendut dengan paras wajah yang buruk rupa. Sehingga membuatnya kesulitan dalam menemukan jodoh.

2. Hanya Geer

Bab kedua novel karya Tere Liye ini memiliki judul “Hiks Kupikir Kau Naksir Aku“. Pada bab kedua ini menceritakan tentang Putri, seorang gadis yang selalu merasa geer jika Rio orang yang ia cintai menatapnya atau melambaikan tangan kepadanya.

3. Cinta Zooplankton

Pada bab ketika ini berjudul “Cinta Zooplankton” yang mengisahkan tentang persahabatan antara Ayu, Topan dan Dian. Dimana suatu hari cinta tulus dari Ayu dapat mengubah sifat buruk Topan menjadi lebih baik lagi ketika sudah bertahun-tahun menikah.

Selanjutnya di bab keempat dengan judul “Cintanometer” mengandung kisah sebuah tempat dengan ilmu yang luar biasa. Hingga suatu hari diciptakan sebuah alat bernama cintanometer, hal itu diciptakan supaya mengubah pola pikir remaja agar mau menikah muda.

4. Cinta dari Berbagai Sudut Pandang

Bab kelima dengan judul “Harga Sebuah Pertemuan” mengandung cerita tentang cinta yang mengharapkan sebuah pertemuan. Pada Bab selanjutnya yaitu “Kotak-Kotak Kehidupan Andrei” mengisahkan tentang misteri sebuah kota yang dimiliki Andrei.

5. Kelanjutan Miss X

Bab kesepuluh berjudul “Joni dan Doni” mengisahkan tentang dua kisah berbeda antara dua pria yang akhirnya berujung tragis. Kemudian di bab kedua belas yaitu “Kutukan Miss X-2” merupakan sambungan cerita kutukan Miss X.

Lihat Juga; Resensi Novel Daun yang Jatuh Tak Pernah Membenci Angin

Kelebihan dan Kekurangan Novel Berjuta Rasanya

Penulis buku novel ini sengaja memberikan nilai plus dan minus supaya dapat ditelaah oleh pembacanya. Berikut merupakan nilai plus dan minus dari buku novel dengan beberapa cerita pendek didalamnya yang menarik untuk sahabat ketahui.

1. Nilai Plus

Nilai plus yang dapat sahabat rasakan ketika membaca novel karya Tere Liye ini adalah selalu tepat dalam menggambarkan emosi seseorang di setiap cerita pendeknya.

Seperti halnya pada cerita pertama dengan judul bila semua wanita cantik, dalam cerita tersebut menggambarkan perasaan seorang wanita dengan paras muka tidak sempurna serta selalu diselimuti kesedihan akan keadaanya.

2. Nilai Minus

Sedangkan nilai minus dalam novel ini adalah terdapat beberapa bagian cerita yang selalu berakhir tragis, sehingga bagi sahabat yang tidak menyukai cerita sedih akan menganggap bahwa novel ini membosankan.

Unsur Intrinsik dan Unsur Ekstrinsik

Dalam resensi novel berjuta rasanya karya penulis ternama Tere Liye mengandung unsur intrinsik dan unsur ekstrinsik sebagai unsur pembangun ceritanya. Berikut beberapa unsur pembangun cerita dalam novel Berjuta Rasanya yang menarik untuk diketahui.

1.  Unsur Intrinsik

Terlepas dari semua nilai plus dan minusnya, novel yang satu ini dilengkapi dengan berbagai unsur intrinsik. Unsur intrinsik pembangun cerita dalam novel ini antara lain sebagai berikut:

  • Tokoh

Tokoh dalam cerita novel Berjuta Rasanya ini memiliki karakter dan watak yang beragam. Sebagai contohnya dalam cerita pendek dengan judul bila semua wanita cantik, terdapat tokoh yang bernama Vin dengan watak cengengnya serta tokoh dengan nama Jo dengan watak setia kawan.

  • Alur

Sebagian besar cerpen dalam novel ini dilengkapi dengan alur maju. Seperti pada cerpen bila semua wanita cantik, dimana saat tokoh Vin masih kecil selalu di bully sampai dewasa.

2. Unsur Ekstrinsik

Berikut merupakan berbagai unsur ekstrinsik dalam cerita novel Berjuta Rasanya yang dapat sahabat ketahui.

  • Nilai moral pada novel ini adalah selalu bersabar akan kepastian seseorang yang berakhir bahagia.
  • Nilai sosial yang terdapat dalam novel ini adalah selalu menjaga komunikasi dengan pasangannya.

Resensi novel berjuta rasanya memiliki banyak cerita dengan pesan moral yang bisa bermanfaat bagi sahabat. Jika sahabat ingin memiliki novel karya Tere Liye ini, sahabat bisa membelinya di toko gramedia yang terdapat di kota sahabat.

Lihat Juga; Resensi Novel Pukat

4.5/5 - (2 votes)