Resensi Novel Sunset Bersama Rosie

Posted on

Resensi Novel Sunset Bersama Rosie

Tere Liye berhasil membuat novel-novel berkelas dengan berbagai tema, disukai berbagai kalangan. Salah satunya adalah Sunset & Rosie, dengan alurnya yang unik. Penasaran bagaimana jalan ceritanya? Cek semua informasi melalui resensi novel Sunset Bersama Rosie berikut ini.

Sekilas Tentang Tere Liye

Bernama asli Darwis, Tere Liye merupakan salah seorang penulis sekaligus akuntan yang terkenal di Indonesia.

Dia sudah berhasil menerbitkan puluhan judul novel, dimana sebagian besar mendapat feedback positif dari pembaca. Bahkan tak jarang, novel karya pria asal Lahat Sumatera Selatan ini dicetak hingga belasan kali karena laku keras.

Beberapa tema paling banyak diangkat oleh ayah dua anak ini adalah soal sosial, percintaan, hingga kehidupan dan Agama.

Wajar saja, jika penikmat bukunya berasal dari berbagai kalangan karena bukan saja menyajikan alur cerita menarik. Tapi juga banyak pelajaran berharga bisa dipetik dari tulisan tersebut.

Baca Juga; Resensi Novel Bidadari-Bidadari Surga

Identitas Buku Sunset Bersama Rosie

Novel Sunset Bersama Rosie, sebenarnya sudah berganti judul menjadi Sunset & Rosie. Merupakan salah satu buku yang laris manis karya Tere Liye. Berikut ini identitas buku aslinya.

  • Judul : Sunset Bersama Rosie
  • Penulis : Tere Liye
  • Penerbit : Mahaka Publishing
  • Tahun Terbit : 2011 untuk cetakan pertama
  • Jumlah Halaman : 426 halaman
  • Nomor ISBN : 978-602-98883-6-2
  • Genre : Romansa

Baca Juga : Resensi Novel Kisah Sang Penandai

Sinopsis Novel Sunset Bersama Rosie

Diceritakan kisah persahabatan antara Rosie dan Tegar yang sudah dijalin sejak usia 10 tahun, kemudian mereka bertemu Nathan dan menjadi sahabat hingga usia beranjak dewasa.

Ada rasa cinta di dalam hati Tegar Untuk Rosie, yang ingin diungkapkannya karena sudah lama terpendam.

Alhasil, Tegar mengajak Rosie dan juga Nathan untuk mendaki gunung Rinjani dengan maksud mengutarakan perasaannya pada sang pujaan hati.

Tapi yang terjadi, malah membuat Tegar terluka karena Nathan lebih dahulu mengutarakan cinta kepada wanita yang dicintainya tersebut. Menyedihkannya lagi, Rosie menerima athan dan mereka menjalin cinta.

Tak tahan dengan kenyataan pahit tersebut, Tegar akhirnya memilih menghilang dari kehidupan kedua sahabatnya tersebut. Sementara Nathan dan Rosie menikah dan menjalankan bisnis bersama, kemudian diberi empat anak perempuan diberi nama Anggrek, Sakura, Jasmine, dan Lili.

Sementara Tegar menjalani hidup dengan menjadi seorang workaholic, hingga sukses menjadi seorang pekerja keras. Walaupun, setiap malam masih sering menyesali nasib dan bersedih akibat cinta yang tak kesampaian.

Sampai suatu hari, Rosie dan Nathan menemukan alamat Tegar dan menemuinya bersama dua orang buah hati mereka Anggrek dan Sakura.

Melihat Rosi dan Nathan sangat bahagia dan juga sukses menjalankan bisnis resort, Tegar berusaha ikhlas dan ikut bahagia dengan apa yang sudah dicapai kedua sahabatnya tersebut.

Namun, ketika dia sudah berada pada kondisi menerima kenyataan ternyata musibah terjadi pada Rosie dan keluarganya. Yaitu, menjadi korban tragedi bom di kawasan Jimbaran, Bali.

Kejadian tersebut, merenggut nyawa Nathan yang membuat Rosie sangat depresi dan terpaksa dirawat di rumah sakit jiwa untuk rehabilitasi. Sementara keempat anaknya juga mengalami trauma mendalam akibat musibah tersebut.

Tegar yang tak tega melihat kondisi tersebut, mencoba mengambil alih bisnis resort Rosie termasuk mengurus keempat anak pujaan hatinya tersebut. Sementara itu, dia juga membuka hati untuk seorang wanita bernama Sekar yang sangat baik dan paham bagaimana kondisi Tegar.

Demi menjaga anak-anak Rosie, Tegar rela membatalkan pertunangannya dengan Sekar lalu memilih mengasuh keempat anak tersebut. Dilema yang menyiksa, namun Tegar merasa apa yang dilakukannya adalah keputusan terbaik.

Sampai akhirnya dua tahun berlalu, Rosie sudah sembuh dari trauma dan depresi dan membuka peluang bagi Tegar untuk menjadi pendampingnya.

Di saat yang sama, Sekar kembali hadir setelah sempat bertunangan dengan pria lain usai hubungannya kandas dengan Tegar.

Konflik perasaan banyak terjadi di dalam diri Tegar, apakah dia akan melanjutkan kembali hubungan dengan Sekar atau Rosie.

Baca Juga; Resensi Novel Moga Bunda Disayang Allah

Kelebihan Novel Sunset Bersama Rosie

Beberapa kelebihan dimiliki oleh novel ini, melalui resensi novel Sunset Bersama Rosie sahabat bisa mengetahui apa saja nilai plusnya.

  • Mudah Untuk Dipahami

Jalan cerita yang disampaikan oleh Tere Liye, mudah dipahami sejak awal sampai akhir. Berupa perjalanan hidup Tegar dan Rosie.

  • Banyak Pelajaran Hidup

Ada berbagai pelajaran hidup yang bisa diambil dari cerita ini. Mulai dari percintaan yang tidak harus memiliki, kemudian soal kesabaran dalam menjalani berbagai masalah dalam hidup.

Termasuk juga kegigihan dalam melakukan sesuatu dan keberanian dalam mengambil keputusan di saat yang tepat.

  • Inspiratif

Sangat inspiratif, soal bagaimana sosok Tegar bisa menjalani kehidupannya setelah cinta tak kesampaian. Bagaimana dia menerima kenyataan tentang kebahagiaan, hingga ketulusannya mengurus empat buah hati Rosie setelah Nathan meninggal.

Baca Juga : Resensi Novel Hafalan Shalat Delisa

Kekurangan Dari Novel Sunset Bersama Rosie

Meskipun memiliki beberapa kelebihan di atas, ternyata novel ini juga punya beberapa kekurangan. Namun secara garis besar tidak terlalu mempengaruhi jalan cerita, walaupun tak sedikit yang dibuat penasaran.

  • Ending Tidak Jelas

Bagi Sahabat yang suka novel dengan ending bahagia, tidak akan menemukannya dalam novel ini. Alasannya, karena pada akhir cerita tidak jelas apa yang akan dilakukan para tokoh utama seperti Tegar dan Rosie.

Hal ini membuat pembaca bingung, mau dibawa kemana arah cerita dan seperti apa kehidupan Tegar dan Rosie setelah semua yang mereka alami.

  • Deskripsi Suasana Membosankan

Pada beberapa bagian, Tere Liye menjabarkan suasana dengan terlalu detail sehingga agak membosankan.

Apakah Sahabat tertarik untuk membaca novel ini? Tidak ada salahnya karena melalui resensi novel Sunset Bersama Rosie, tergambar jelas bahwa banyak hal menarik yang akan dirasakan selama membaca buku tersebut.

Pemuda Muslim Yang Selalu Memperbaiki Hati dan Diri #Programmer #Blogger #Desainer