Contoh Alif Lam Qomariyah

Posted on

Membaca Al-Qur’an sesuai dengan ilmu tajwidnya adalah tuntunan yang benar. Menerapkan tajwid bacaan dalam Al-Qur’an juga menjadi tambahan pahala bagi sahabat muslim semua. Ilmu tajwid itu sendiri banyak sekali macamnya. Tapi sahabat muslim bisa lebih dulu belajar dari yang mudah yaitu alif lam qomariyah.Alif Lam Qomariyah

Hukum bacaan ini banyak sekali terdapat dalam Al-Qur’an. Jumlahnya bisa hampir sama dengan idghom syamsiah. Tapi sahabat muslim harus ingat bahwa kedua jenis tajwid tersebut punya hukum bacaan yang jauh berbeda. Justru keduanya punya cara baca yang saling bertentangan.


Mengenal Alif Lam

Alif lam jamak sahabat muslim jumpai dalam ayat-ayat Al-Qur’an. Huruf alif dan lam yang beriringan ini sering juga disebut sebagai lam ta’arif. Alif lam adalah huruf yang berada di awal kata benda (isim). Alif lam ini jika bertemu dengan huruf hijaiyah lainnya, maka akan menimbulkan 2 hukum bacaan tajwid. Satu adalah al-syamsiah dan satunya lagi adalah al-qomariyah.

Baca Juga : Contoh Alif Lam Syamsiah

Qomariyah adalah bahasa Arab dari bulan. Kata bulan ini adalah istilah untuk 14 jenis huruf qomariyah. Sedangkan alif lam sendiri diibaratkan dengan bintang-bintang. Sahabat muslim, sekarang coba dibayangkan, bintang-bintang biasanya masih terlihat terang kan meskipun terkena cahaya bulan?

Hukum bacaan al-qomariyah juga sering disebut sebagai izhar qomariyah. Izhar adalah sebutan bagi jenis tajwid yang cara bacanya harus nyaring dan jelas. Jadi ketika sahabat muslim bertemu dengan izhar qomariyah, maka kata tersebut harus tetap dibaca nyaring dan jelas.


Huruf-Huruf Qomariyah

Huruf yang masuk dalam ilmu tajwid qomariyah ada 14 yaitu ( ا ب غ ح ج ك و خ ف ع ق ي م ه). Huruf-huruf ini jika didahului dengan alif lam, maka alif lamnya harus tetap dibaca jelas. Keempat belas huruf tersebut dianggap memiliki kekerabatan yang jauh dengan alif lam, karena itulah tidak menghapuskan keberadaan alif lam di awal katanya.

Hukum bacaan qomariyah biasa terdapat dalam kata benda dalam bahasa Arab. Jika bukan kata benda, maka biasanya alif lam itu adalah bentuk asli huruf hijaiyah. Tapi alif lam dalam kata benda adalah bentuk huruf turunan dan bukan termasuk 28 jenis huruf hijaiyah.


Cara Baca Alif Lam Qomariyah

Ketika ada huruf alif lam yang bertemu dengan salah satu dari 14 huruf qomariyah, maka hukum bacaannya adalah jelas dan terang. Agar sahabat muslim bisa lebih paham, perhatikan beberapa contoh kata di bawah ini:

Baca Juga : Pengertian Alif Maqsurah

اَلمَقَابِرُ dibaca al-muqobir bukan ammuqobir.

اَلْفُرْقَانَ dibaca al-furqoon bukan affurqoon.

 اَلْغَفُوْرُ dibaca al-afuur bukan a-afuur.

 اَلْيَقِيْنِ dibaca al-yaqiin bukan ayyaqiin.

 اَلْكُفْرَ dibaca al-kufuur bukan aqqufuur.


Pengecualian Alif Lam yang Bukan Qomariyah atau Syamsiah

Ternyata tidak semua huruf hijaiyah yang didahului oleh alif lam termasuk al-qomariyah atau al-syamsiah. Ada beberapa kata tertentu yang tidak bisa dimasukkan dalam 2 hukum tajwid tersebut. Di antaranya adalah:


  • Lafaz Allah

Lafaz Allah adalah sebuah bentuk isim alam. Bentuknya memang seperti itu dan tidak bisa diubah-ubah. Huruf al pada kata tersebut termasuk sebagai al asli bukan tambahan. Huruf al pada lafaz Allah ataupun lillah harus tetap dibaca jelas dan nyaring, meskipun bukan termasuk dalam jenis izhar qomariyah.


  • Isim Maushul

Kata-kata yang termasuk dalam jenis isim maushul, huruf al pada kata tersebut termasuk asli dan bukan tambahan. Karenanya isim maushul ini tidak bisa dimasukkan dalam 2 jenis tajwid tersebut.

Baca Juga : Pengertian Alif Layyinah


  • Kata Kerja (Fi’il)

Jika sahabat muslim menemukan alif lam yang digunakan pada kata fi’il (kerja), maka hukumnya bukan qomariyah atau syamsiah. Huruf al pada kata-kata fi’il adalah huruf asli, bukan al turunan.


Kegunaan Mengenal Izhar Qomariyah

Belajar tentang tajwid alif lam syamsiah dan qomariyah sangat penting untuk sahabat muslim semua. Jika sahabat muslim bisa mengetahui dengan pasti mana yang termasuk bacaan qomariyah dan mana yang termasuk bacaan syamsiah, maka tartil Al-Qur’an sahabat muslim jadi lebih baik, benar, dan bagus.

Jangan sampai sahabat muslim tertukar cara bacanya antara dua jenis tajwid tersebut. Apalagi al-qomariyah dan al-syamsiah punya banyak huruf dan alif lam yang mirip. Perbedaan keduanya terletak pada alif lam itu sendiri. Pada izhar qomariyah huruf alif lam diberi tanda sukun. Sedangkan pada al-syamsiah huruf alif lamnya dibiarkan tanpa harokat appun.

Mempelajari ilmu tajwid sendiri merupakan salah satu bentuk kecintaan umat muslim terhadap kitab suci Al-Qur’an. Berusaha melafalkan ayat suci Al-Qur’an dengan benar merupakan salah satu bentuk ibadah dan bernilai pahala untuk umat muslim semua.

Baca Juga : Panduan Membaca Hamzah Washal

Hukum bacaan tajwid dalam Al-Qur’an yang biasa ada dalam kata isim adalah alif lam qomariyah. Sama seperti perumpamaannya, alif lam dalam kata tersebut harus sahabat muslim baca dengan jelas. Karena sinar bulan (qomariyah) tidak akan menghapus kerlip bintang.

Pemuda Muslim Yang Hoby Menulis #Publisher #Programmer #Blogger #SEO