Bahasa Arab Dinding

Posted on

Bahasa Arab Dinding

Berjumpa kembali dengan sahabat muslim sekalian, semoga senantiasa dalam lindungan Allah SWT dan terus semangat untuk belajar bahasa Arab. Pada kesempatan kali ini, akan dijelaskan tentang materi bahasa Arab dinding. Apakah sahabat muslim sudah siap untuk belajar?

Dinding merupakan salah satu bagian dari sebuah bangunan yang menjadi penyokong berdirinya sebuah bangunan. Tanpa dinding ini, maka bangunan apapun itu tidak bisa berdiri dengan baik. Dinding sangat identik dengan rumah, gedung, sekolah, dan semua jenis bangunan bertembok.

Bahasa Arab Dinding

Sahabat muslim pasti ingin mahir dalam berbahasa Arab. Salah satu langkahnya adalah dengan terus memperkaya perbendaharaan kata atau kosakata dalam bahasa Arab. Kunci sukses yaitu tekun dan sabar dalam belajar, jangan patah semangat atau menyerah.

Kembali pada materi kali ini, kata dinding dalam bahasa Arab disebut dengan kata جِدَارٌ atau bisa diucapkan lafal “jidaarun”. Kata tersebut juga akan memiliki arti yang sama dengan “tembok” yang juga disebut dengan جِدَارٌ. Jadi dalam bahasa Arab ini, kata dinding dan tembok memiliki kata yang sama.

Baca Juga; Bahasa Arab Lampu

Kosakata Bahasa Arab yang Berhubungan dengan Dinding

Jika sahabat muslim mendengar kata dinding, maka hal pertama yang terlintas pasti adalah rumah. Memang betul bahwa dinding menjadi bagian penting dari rumah. Dinding atau tembok ini akan adalah elemen rumah yang membangun bentuk rumah dan membaginya dalam beberapa ruang.

Dinding yang kokoh akan membuat rumah juga lebih kuat. Hal tersebut akan berpengaruh pada bagian-bagian lain yang ada di dalam rumah tersebut. Beberapa bagian rumah ini juga bisa diartikan dalam bahasa Arab, lho. Mari mulai mempelajari beberapa kosakata yang berhubungan dengan dinding dan rumah.

Bahasa Indonesia Bunyi Ucapan Bahasa Arab
Dinding Jidaarun جِدَارٌ
Ventilasi Naafidzatun نَافِذَةٌ
Atap Saqfun سَقْفٌ
Genteng Qirmiidun قِرْمِيْدٌ
Tiang Syaqqotun شَقَّةٌ
Pondasi Asaasun أَسَاسٌ
Lantai Balaathatun بَلَاطَةٌ
Tangga Sullaamun سُلَّامٌ
Tingkat Daurun دَوْرٌ

Baca Juga; Bahasa Arabnya Lemari

Kosakata Benda dalam Bahasa Arab di Sekitar Rumah

Rumah dan bagian-bagiannya pasti terdapat benda-benda di dalamnya. Contohnya saja sebuah kamar tidur akan terdiri dari tempat tidur, bantal, guling, kasur, lemari, cermin, dan lainnya. Begitu juga dengan bagian rumah yang lain. Semua benda yang ada di dalam rumah, memiliki istilah dalam bahasa Arab.

Menghafal Kosa Kata dalam Bahasa Arab

Cara belajar masing-masing orang pasti berbeda, begitu juga dengan hafalan bahasa Arab yang sahabat muslim kerjakan. Sebenarnya semua cara adalah benar asal sahabat muslim merasa nyaman dan mudah dalam mempelajarinya. Secara umum, beberapa cara berikut mampu untuk menghafal dengan tepat dan cepat.

1.     Hafalkan 3-5 Kata

      Langkah pertama adalah usahakan untuk selalu menghafalkan kosakata bahasa Arab sebanyak 3-5 kata setiap harinya. Dimulai dari benda-benda yang ada disekitar sahabat muslim dulu. Rutinkan untuk melakukan hafalan ini dan akan terbiasa dengan kata-kata yang lain.

2.     Mendengar Percakapan

      Selain menghafalkan kata, di waktu tertentu cobalah untuk lebih banyak mendengarkan percakapan dalam bahasa Arab. Hal ini akan sangat berpengaruh pada hasil hafalan yang sahabat muslim lakukan.

Baca Juga; Bahasa Arab Rumah

3.     Miliki Kamus Kecil

      Apabila memungkinkan, belilah kamus kecil bahasa Arab yang bisa sahabat muslim bawa kemanapun. Jadi, ketika berada disuatu tempat dan melihat benda yang belum diketahui bahasa Arabnya, bisa mudah mencarinya.

4.     Monoton Film Bahasa Arab

      Agar belajar lebih menyenangkan, bisa juga dengan cara menonton film yang berbahasa Arab. Sahabat muslim akan terbiasa mendengar logat dan ucapan yang berbahasa Arab. Dengan begitu, menjadi semakin mudah menghafal kosakatanya.

Berlatih dan menghafal bahasa Arab memang tidak bisa terjadi dalam sekejap waktu. Perlu berlatih sedikit demi sedikit. Bahasa Arab dinding ini hanya salah satu materi saja. Pada kesempatan lain akan dibahas kembali kosakata lainnya.

Pemuda Muslim Yang Selalu Memperbaiki Hati dan Diri #Programmer #Blogger #Desainer