Doa Kun Fayakun

Posted on

Kata kun fayakun mungkin sudah sering sahabat muslim sekalian dengar, bahkan membacanya. Pasalnya, kata tersebut berada di dalam Al-Qur’an dan salah satunya ialah di surat Yasin. Namun, sahabat muslim juga bisa mengamalkan doa kun fayakun agar apa yang dikehendaki bisa terjadi.Doa Kun Fayakun

Kun fayakun sendiri di dalam Al-Qur’an tidak hanya terdapat di surat Yasin saja. Pasalnya, kata tersebut juga ada di surat yang lainnya, walaupun dengan redaksi yang sedikit berbeda.


Doa Kun Fayakun yang Bisa Diamalkan

Kalimat kun fayakun sendiri artinya adalah jadilah, maka jadilah. Ini menunjukkan bahwa jika Allah SWT memang sudah berkehendak, maka cukup dengan kata kun, maka apa yang Dia kehendaki akan terjadi atau terwujud pada saat itu juga.

Baca Juga : Ratib Al Attas Beserta Bacaan dan Khasiat Juga Cara Mengamalkannya

Sedangkan untuk teks doa kun fayakun yang bisa diamalkan ialah sebagai berikut:

اللهُمَّ تَجَلَّنِى بِإِرَادَتِكَ وَقُدْرَتِكَ وَقُوَّتِكَ وَقَهَّارِكَ وَجَبَّارِكَ وَبِلَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إِلَّا بِاللهِ الْعَلِيِّ الْعَظِيْمِ إِنَّمَا أَمْرُهُ إِذَا أَرَادَ شَيْئاً أَنْ يَقُوْلَ لَهُ كُنْ فَيَكُوْنُ

Doa di atas dapat didahului mujahadah dengan bilangan 717, disambung dengan Al Fatihah sebanyak 3 kali. Lantunkan doa tersebut, misalnya sebanyak 7 kali, 17 kali, 100 kali, 1000 kali atau seterusnya lalu tutup dengan Al Fatihah lagi sebanyak 1 kali.


Memahami Makna Kun Fayakun

Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, kun fayakun artinya jadilah, maka akan terjadi. Kata kun dalam bahasa Arab merupakan fi’il amar atau kata perintah dan artinya adalah jadilah. Sedangkan kata fayakun merupakan fi’il mudhori’ atau kata kerja (di waktu mendatang) dan artinya maka akan terjadi.

Selama ini, kalimat kun fayakun diartikan bahwa apabila Allah SWT telah menghendaki terjadinya sesuatu, maka akan langsung terjadi. Kata kun fayakun sendiri menunjukkan adanya dua peristiwa sebagai berikut:

  1. Perintah atas kejadian
  2. Proses terjadinya kejadian tersebut

Sehubungan dengan doa, apabila manusia telah selesai mengucapkannya dan Allah SWT berkehendak untuk mengabulkannya dengan perintah ‘terkabullah’, maka akan otomatis diteruskan dengan kalimat ‘maka akan terkabul’.

Baca Juga ; Amalan Zikir Harian

Artinya, proses untuk menuju terkabulnya doa akan terjadi, baik proses itu lama maupun sebentar. Hal yang pasti ialah segalanya telah bekerja serta berlangsung untuk mewujudkan perintah Allah SWT. Jadi dalam hal ini, kun fayakun bukanlah seperti sim salabim, sulap langsung jadi, melainkan ada proses.

Keajaiban kata kun fayakun ini juga telah dirasakan oleh ibu Nabi Isa AS, yakni Maryam. Kala itu, beliau masih belum pernah disentuh oleh lelaki satupun. Akan tetapi atas kehendak Allah SWT beliau hamil serta melahirkan Nabi Isa AS.

Ketika Allah SWT menciptakan Nabi Isa AS, di sana ada proses. Proses yang dimaksud ialah ibu Nabi Isa AS yang mengandungnya terlebih dahulu, kemudian pergi ke daerah yang terpencil dan menggerakkan pohon serta melahirkan.


Ragam Interpretasi Mengenai Kun Fayakun

Dari penjelasan sebelumnya bisa diambil kesimpulan bahwa kun fayakun itu merupakan suatu pendekatan pada manusia. Bahwa bila memang Allah SWT sudah berkehendak menciptakan sesuatu, maka itu adalah perkara yang sangat mudah bahkan tanpa menggunakan alat sekalipun.

Namun sekali lagi, dalam penciptaan ini ada proses hanya saja tergantung pada Allah SWT. Kemudian, di dalam Majma al-Bayan fi Tafsir Al-Qur’an disebutkan bahwa terdapat 3 pandangan mufassir sehubungan dengan kalimat kun fayakun. Adapun ketiga tafsiran tersebut ialah sebagai berikut:

Baca Juga : Kitab Zabur Diturunkan Kepada Nabi Musa


1.     Tafsiran Pertama

Tafsiran yang pertama menyatakan bahwa kalimat serta ungkapan tersebut merupakan suatu pemisalan atau tamsil. Alasannya ialah sesuatu yang saat ini belum ada tidak dapat dijadikan sebagai audiensi dan diperintahkan.


2.     Tafsiran Kedua

Tafsiran kedua menyatakan bahwa perintah Allah SWT untuk mewujudkan sesuatu itu sifatnya nyata dan Allah SWT berlaku demikian, agar para malaikat mengerti terdapat makhluk baru yang telah diciptakan.


3.     Tafsiran Ketiga

Tafsiran ketiga menyatakan bahwa perintah tersebut sifatnya nyata. Berdasarkan hal ini, mengingat bahwa masing-masing entitas sebelum ada sudah diketahui oleh Allah, dan dari sisi inilah Allah SWT dapat memerintahkannya untuk ada.


Manfaat Membaca Kun Fayakun

Disebutkan bahwa jika sahabat muslim sering membaca surat Yasin atau kun fayakun tersebut, akan mendatangkan sejumlah manfaat yang di antaranya ialah sebagai berikut:

Baca Juga : Kitab Injil Diturunkan Kepada Nabi Isa

  1. Menyadari bahwasanya Allah SWT adalah pencipta alam semesta
  2. Menyadari bahwa Allah SWT-lah yang menciptakan seluruh manusia
  3. Membuat sesuatu yang tidak mungkin terjadi menjadi mungkin, apabila Allah SWT sudah berkehendak. Ini juga alasan kenapa sahabat muslim sekalian bisa meminta apapun, yang menurut sahabat muslim tidak mungkin terjadi karena Allah berkuasa atas itu
  4. Membuat jiwa menjadi lebih tenang, karena memang sudah percaya bahwasanya Allah SWT itu tahu apa yang lebih baik untuk terjadi, walaupun di luar keinginan atau harapan
  5. Mendapatkan kemuliaan, memperkuat keimanan serta dimudahkan dalam segala urusannya
  6. Dipermudah jalan rezekinya sekaligus menyadarkan diri bahwa sebagai manusia hanyalah makhluk yang lemah
  7. Mendekatkan diri kepada Allah SWT

Dari berbagai penjelasan di atas, jelas bahwa Allah SWT itu Maha Kuasa. Kekuasaan-Nya juga tanpa batas, penuh, serta keinginan yang sempurna. Apabila Allah SWT sudah menginginkan sesuatu, maka apapun akan terwujud sesuai dengan cara dan ketentuan yang telah ditetapkan-Nya.

Baca Juga : Arti Ya Latif

Ada banyak sekali hikmah yang bisa diambil dari setiap kejadian yang telah Allah SWT gariskan kepada manusia. Semoga pembahasan ini bermanfaat dan semoga sholawat serta salam terlimpahkan kepada Nabi Muhammad SAW, keluarga dan juga para sahabat. Wallahu a’lam bish showab.

Pemuda Muslim Yang Sedang Memperbaiki Hati dan Diri #Programmer #Blogger #Desainer