Amalan Zikir Harian

Posted on

Zikir harian merupakan salah satu amalan baik yang bisa diterapkan kapan saja, bahkan setiap hari, mulai dari pagi hingga malam hari. Dengan melakukan zikir secara rutin, Sahabat Muslim secara tidak langsung akan mendapatkan dampak positifnya.Zikir Harian

Salah satu dampak positif melakukan zikir rutin adalah hatinya akan tentram, damai, dan terhindar dari pikiran negatif ataupun berprasangka buruk. Ketika Sahabat Muslim memiliki waktu luang dan tidak ada kegiatan apapun, alangkah baiknya untuk berzikir.

Baca Juga : Bacaan Ratib Al Idrus

Rekomendasi Zikir Nabi Muhammad SAW


  1. Zikir Setelah Sholat

Setelah melakukan sholat dianjurkan untuk tidak langsung berdoa tanpa adanya zikir terlebih dahulu.  Dianjurkan untuk melakukan zikir, lalu dilanjutkan dengan doa sesuai dengan keinginan masing-masing. Berikut urutan melakukan zikir setelah sholat :

  • Ucapkan istighfar sebanyak 3x.
  • Lanjutkan dengan bacaan tasbih, tahmid, dan takbir, masing-masing sebanyak 33x.
  • Laa Ilaaha Illallaahu Wahdahuu Laa Syariika Lah, Lahul Mulku Wa Lahul Hamdu Wa Huwa’Alaa Kulli Syai’in Qadhr.
  • Allaahumma antas salaamu wa minkas salaamu wa ilaika ya’uduus salaamu fa hayyinaa rabbanaa bis salaami wa adkhinal- jannata daaras salaami tabaarakta rabbanaa wa ta’aalaita yaa dzal jalaali wal ikram.
  • Wa ilaahukum ilaahuw waahidun laa ilaaha ilaa huwar rahmaanur rahiim.
  • Allaahumma laa maani’a limaa a’thaita wa laa mu’thiya limaa mana’ta wa laa radda limaa qadhaita wa laa yanfa’u dzal-jaddi minkal-jaddu.
  • Allaahu akbar kabiiraw wal-hamdu lillaahi katsiiraw wa subhaanallahi bukrataw wa ashiila. Laa ilaaha illallaahu wahdahuu laa syariikalahu, lahul mulku wa lahul hamdu yuhyii wa yumiitu wa huwa’alaa kulli syai’in qadiir.
  • Wa laa haula wa laa quwwata illaa billaahil-‘aliyyil ‘azhiim. Astagfirullaahal-‘azhiim.

Baca Juga ; Pengertian Yaumul Baats


  1. Zikir Pagi dan Sore Hari

Zikir di pagi bisa dilakukan setelah matahari terbit atau sekitar pukul 6-7 pagi, bisa juga dilakukan setelah melakukan sholat Dhuha. Sedangkan untuk zikir sore bisa dilakukan setelah sholat Ashar atau sebelum matahari terbenam. Berikut urutan bacaannya:

  • Awali dengan bismillah terlebih dahulu untuk mengawali
  • Dilanjutkan dengan membaca “A’uudzu billahi mina syaitooni rrojim”
  • Al-Fatihah
  • An-Naas
  • Al-Falaq
  • Al-Ikhlas

Setelah membaca urutan zikir di atas, Sahabat Muslim bisa menambahkan bacaan surat lain yang untuk menambah amal. Selesai melakukan zikir, jangan lupa untuk berdoa yang baik untuk keselamatan diri sendiri ataupun orang terdekat.

Baca Juga : Keutamaan Luar Biasa dari Sholawat Fatih


Keutamaan Zikir Harian


  • Menguatkan Keimanan Seseorang

Keutamaan pertama adalah dapat menguatkan keimanan seseorang menjadi lebih baik dan dapat dihindarkan dari hal-hal yang buruk. Seseorang menjadi tidak mudah tergoda dengan hal-hal yang menjerumuskan dan memberikan dampak buruk.

Ketika keimanan seseorang kuat, maka orang tersebut akan lebih berhati-hati dalam bertindak dan akan teringat Tuhan. Orang tersebut juga akan menjauhi hal-hal yang memang dilarang, contohnya seperti mencuri, mengkonsumsi minuman keras dengan tingkat alkohol tinggi, dan sebagainya.


  • Mensyukuri Pemberian-Nya

Terkadang ketika seseorang sudah diberi rezeki dalam berbagai macam bentuk, orang tersebut lupa bahwa segala sesuatu dari Allah SWT dan tidak mensyukurinya. Salah satu cara untuk mengingatkan pemberian dari Allah SWT adalah melalui zikir secara rutin.

Dalam zikir yang dilakukan, ada yang berisikan doa atau ucapan untuk mensyukuri segala nikmat yang diberikan-Nya. Jika Sahabat Muslim ingin menambahkan ucapan lain dalam bahasa Indonesia juga bisa asalkan dengan sungguh-sungguh.

Baca Juga : 7 Khasiat Zikir Hari Selasa


  • Mendekatkan Diri Kepada Pencipta

Kehidupan seorang muslim di dunia tentu tidak terlepas dari campur tangan Allah SWT dan Sahabat Muslim harus mendekatkan diri kepada Allah SWT. Ada banyak cara untuk mendekatkan diri kepada Sang Pencipta, salah satunya melalui zikir ini.

Ini karena zikir dianggap sebagai amalan yang baik di mata Allah SWT, sehingga orang-orang yang mengamalkannya secara tidak langsung akan dekat kepada Sang Pencipta. Namun, pastikan Sahabat Muslim sekalian melakukannya dengan niat baik, tanpa pengharapan yang terlalu tinggi.


  • Menaikkan Derajat Seorang Muslim

Ada banyak cara untuk meningkatkan derajat seorang muslim di hadapan Sang Pencipta dan salah satu cara yang paling mudah dilakukan adalah melakukan zikir. Terlebih jika orang tersebut melakukannya dengan hati yang tenang tanpa adanya paksaan, maka akan dinaikkan derajatnya.

Ini juga sudah dijelaskan di HR Ahmad, Tarmidzi, Ibnu Majah yang intinya adalah amalan paling suci dan baik di sisi Tuhan untuk menaikkan derajat adalah zikir. Perbanyaklah zikir dan iringi dengan doa keinginan masing-masing, karena Allah SWT Maha Mendengar dan Maha Mengetahui.


  • Berlindung Dari Godaan Setan dan Keburukan

Hidup di dunia ini tidak terlepas dari banyaknya godaan yang akan terus menghampiri seseorang. Jika keimanan dan ketaqwaan seseorang tidak kuat, bisa saja orang tersebut melakukan hal-hal yang dilarang oleh agama.

Salah satu cara untuk menghindari hal tersebut dan mulai mendekatkan diri kepada Allah SWT adalah zikir, baik itu setelah sholat ataupun di pagi dan sore hari. Dalam zikir di atas, terdapat doa agar Sahabat Muslim sekalian dapat dihindarkan dari godaan setan dan hal buruk lain.

Baca Juga : Keistimewaan Hizib Nashor


  • Berisikan Harapan dan Tujuan Mulia

Banyak orang yang mengatakan bahwa ucapan adalah sebuah doa dan ini juga berlaku di sini. Setiap zikir yang Sahabat Muslim lakukan, kemudian diiringi doa yang berisi harapan dan tujuan mulia, merupakan amalan yang baik di mata Allah SWT.

Amalan baik inilah yang akan didengar oleh Allah SWT dan bisa saja dijawab pada waktu yang tepat sesuai dengan kehendak-Nya. Jika harapan dan tujuan Sahabat Muslim belum dikabulkan, maka harus bersabar dan menunggu sampai tangan Tuhan bekerja pada waktunya.

Baca Juga : Cara Mengamalkan Hizib Autad

Dari penjelasan zikir harian di atas, maka dapat diambil kesimpulan bahwa zikir bisa digunakan untuk menambah amal ibadah seseorang dan mendapatkan beberapa keutamaan penting. Siapa saja yang mengamalkannya, maka akan mendapatkan hidayah dari-Nya.

Pemuda Muslim Yang Hoby Menulis #Publisher #Programmer #Blogger #SEO