Macam-Macam Lam

Posted on

Saat kita mempelajari bahasa Arab, sering kali kita temui banyak huruf lam baik di dalam literatur, hadits, dan juga bahkan di dalam Al-Qur’an. Mungkin sahabat muslim sekalian bertanya – tanya apa sebenarnya makna huruf lam tersebut. Sahabat muslim, tahukah kalian bahwa di dalam bahasa Arab dan ilmu nahwu ada banyak macammacam lam?Lam Jalalah

Perbedaan dari banyaknya kategori atau macam huruf lam tersebut dapat memberikan pengaruh dan merubah struktur I’rabnya. Pada pembahasan kali ini, kami akan menjelaskan kepada sahabat muslim semua mengenai macam – macam huruf lam. Simak pembahasan kali ini sampai akhir ya, sahabat muslim semuanya!

Baca Juga ; Jamak Taksir, Penjelasan Lengkapnya!


Macam – Macam Lam Jar

Lam jar merupakan huruf lam yang kemudian difungsikan sebagai amil jar, sehingga dapat mengejarkan isim (kata benda), dhomir (kata ganti) dan juga masdar setelah huruf lam tersebut. Harokat dari lam jar ini selalu berupa kasroh, terkecuali pada beberapa kasus yang jarang.

Adapun lam jar kemudian dibagi lagi menjadi beberapa macam, yaitu:


  • Lam Lil Milk (Tamalluk)

Huruf lam yang termasuk ke dalam jenis ini digunakan untuk menunjukkan makna kepemilikan atau kepunyaan, di mana makna tersebut adalah makna dari huruf lam yang paling sering digunakan. Lam lil milk atau tamalluk ini terletak di antara kedua isim (kata benda) yang isim kedua memiliki isim pertama.

Baca Juga ; Pengenalan Asmaul Khomsah Beserta dengan Contohnya

Contoh:

 جعل لكم من أنفسكم أزواجاً (Q.S. An-Nahl:73)

Yang artinya: “Allah jadikan bagimu istri – istri dari jenis kamu sendiri”


  • Lam dengan Makna Takjub atau Kagum

Untuk dapat menunjukkan makna takjub dan kagum, huruf lam ini bisa digunakan.


  • Lam Istighosah

Huruf lam yang termasuk ke dalam jenis ini digunakan dengan maksud dengan menunjukkan makna untuk minta tolong. Berbeda dengan lam takjub atau kagum, huruf lam di dalam lam istighosah ini disebut mustaghas lah.


  • Lam Ta’lil

Huruf lam yang termasuk ke dalam jenis ini meupakan lam dengan makna sebab di mana kalimat setelahnya adalah fiil mudharik yang nashab dengan أن yang selalu tersembunyi di mana kalimat setelahnya tersebut adalah penyebab dari kata sebelumnya (hasilnya)

Baca Juga : Metode Tamyiz

Contoh:

وأنزلنا إليك الكتاب لِتبيّنَ للناسِ                                                                                (Q.S. An-Nahl)

Yang artinya: “Dan kami turunkan kepadamu Al-Qur’an agar kemudian kamu menerangkan kepada umat manusia”


  • Lam Juhud

Lam juhud adalah huruf jar mabni kasroh yang pada penggunaannya selalu didahului oleh لم يكن ، لن يكون، ليس يكون ، لا يكون yang nafi dengan sejenisnya. Kata setelah lam juhud ini merupakan fiil mudharik yang mengandung nasab أن yang selalu tersembunyi.


Lam Jazimah

Berbeda dengan lam jar yang difungsikan sebagai amil jar dan mengejarkan isim (kata benda), lam jazimah yang biasa juga disebut sebagai lam amar ini menjazamkan fiil mudharik yang ada di sebelahnya. Lam jazimah selalu memiliki harkat kasroh, namun memiliki pengecualian yaitu jika lam jazimah tersebut didahului oleh huruf ataf ( الواو ، الفاء ، ثُمَّ).


Macam – Macam Lam yang Tidak Beramal

Lam tidak beramal merupakan huruf lam yang tidak akan merubah I’rab kata setelahnya, namun huruf lam tersebut tetap memiliki arti dan fungsi. Lam yang tidak beramal ini memiliki istilah lainnya yaitu ghairul amilah. Fungsi dari ghairul amilah yang paling populer merupakan untuk pengukuhan (taukid) dan juga permulaan (ibtidak). Huruf lam ini selalu memiliki harokat fathah sehingga kemudian dibaca “la”

Baca Juga : Pengertian Huruf Jer

Ghairul Amilah ini kemudian dibagi menjadi beberapa macam, yaitu:


Lam Ibtidak

Huruf lam yang termasuk kedalam jenis lam ibtidak selalu berada di depan atau permulaan sebuah kalimat di mana lam ibtidak juga dibedakan menjadi beberapa macam menurut posisi kalimatnya, yaitu:

  • Lam ibtidak bersama mubtada
  • Lam ibtidak bersama isimnya inna
  • Lam ibtidak bersama khobarnya inna
  • Lam ibtidak bersama fiil jamid nikma dan biksa

  • Lam Qasam

Sebenarnya lam qasam ini merupakan lam ibtidak namun memiliki perbedaan di mana lam qasam menjadi dalil atas sumpah yang terjadi pada keadaan:

  • Jika masuk kepada in syartiyah ditulis dengan kata لَئن
  • Jika masuk kepada huruf qad dan saufa
  • Jika bersama dengan mubtadak kata عَمْرو

Baca Juga : Rumus I’rab


  • Lam Jawab

Huruf lam dapat dikategorikan sebagai lam jawab jika berada pada dua tempat, yaitu:

  • Huruf jawab dan taukid syarat (sebelum huruf jawab tersebut)
  • Huruf jawab dan huruf ziyadah atau tambahan di dalam taukid atau pengukuhan untuk qasam (sumpah) yang ada sebelumnya. Biasanya, huruf lam jawab iniberkumpur bersama dengan lam qasam dan juga kalimat sesudahnya yang berupa fiil mudharik

Baca Juga : Pengenalan Mengenai Wazan, Istilah di dalam Ilmu Sharaf

Penting bagi sahabat muslim yang sedang mempelajari bahasa Arab dan ilmu nahwu untuk mengerti dan memahami mengenai materi huruf lam ini karena seperti yang sebelumnya sudah kami sebutkan, penggunaan huruf lam ini sangat banyak di dalam bahasa Arab. Semoga dengan penjelasan dari kami, sahabat muslim bisa mengerti lalu kemudian bisa mengamalkan ilmu mengenai huruf lam, ya!

Pemuda Muslim Yang Sedang Memperbaiki Hati dan Diri #Programmer #Blogger #Desainer