Soal Bahasa Arab (MI, SMP, SMA): Tantangan dan Trik-nya

Posted on

Serba-Serbi Mempelajari Bahasa Arab

Bahasa Arab adalah salah satu mata pelajaran wajib di sekolah berbasis Islam. Tujuan pembelajaran ini adalah agar siswa dapat berkomunikasi dalam bahasa Arab dan lebih mudah memahami Alquran dan hadist. Sayangnya, tidak semua siswa dapat memahaminya dengan mudah dan mengalami kesulitan saat mengerjakan soal bahasa arab (MI, SMP, SMA). Apakah sahabat muslim juga mengalaminya?Soal Bahasa Arab


Soal Bahasa Arab (MI, SMP, SMA): Tantangan dan Trik-nya

Mengerjakan soal bahasa Arab dalam ulangan harian maupun ujian akhir sering menjadi tantangan tersendiri bagi siswa di setiap jenjang pendidikan. Ada beberapa hal yang menjadi tantangannya, meliputi:

Baca Juga : Pengertian Hamzah Istifham


  • Soal Ditulis Menggunakan Huruf Arab

Hal pertama yang membuat soal bahasa Arab lebih menantang untuk dikerjakan adalah deretan huruf Arab yang tercetak di lembar soal. Beberapa siswa mengalami kesulitan dalam membaca kalimat soal dalam huruf tersebut.

Hal ini dapat disebabkan oleh berbagai hal, misalnya siswa kurang persiapan dalam belajar, siswa hanya tahu pengucapan dan arti kosakata bahasa Arab, atau soal dicetak dengan font terlalu kecil.

Jika mengalami kesulitan dalam membaca kata-kata dalam huruf Arab, sebaiknya sahabat muslim lebih sering membaca teks yang ditulis dengan huruf tersebut. Sehingga, sahabat muslim akan mampu membaca soal ulangan bahasa Arab dengan mudah.


  • Banyak Kosakata yang Harus Dihafal

Kosakata dalam bahasa Arab lebih beragam dari kosakata bahasa Indonesia. Contohnya, dalam bahasa Arab terdapat kata benda maskulin dan feminin serta beragam bentuk kata kerja, sedangkan bahasa Indonesia tidak ada. Sehingga, beberapa siswa tidak dapat menghafal semuanya dan kesulitan memahami arti kata-kata dalam soal bahasa Arab.

Untuk mengatasi masalah ini, sahabat muslim tentu harus rajin menghafal kosa kata bahasa Arab. Di samping itu, sahabat muslim juga dapat mengikuti latihan tambahan, misalnya dengan  ikut kursus bahasa Arab online atau les privat.

Baca Juga : Pengertian dan Ketentuan Munada


  • Tata Bahasa Lebih Rumit

Dibandingkan dengan tata bahasa dalam bahasa Indonesia, tata bahasa dalam bahasa Arab terbilang lebih rumit.  Sehingga, beberapa siswa pasti akan menghadapi tantangan dalam menjawab soal-soal esai bahasa Arab.

Jika hal ini terjadi pada sahabat muslim, mau tak mau sahabat muslim harus lebih mendalami ilmu nahwu dan sharaf. Mempelajari kedua ilmu ini tanpa bantuan orang lain pasti akan terasa sulit. Oleh karenanya, sahabat muslim sebaiknya meminta tolong teman atau guru les dalam mendalaminya.


Tips Mempelajari Bahasa Arab

Meski sahabat muslim telah sering membaca Al Quran maupun hadist, namun kemampuan bahasa Arab sahabat muslim belum tentu memuaskan. Agar lebih cakap dalam berbahasa Arab, sahabat muslim dapat mengikuti tips di bawah ini:


  • Niat

Tanpa niat, usaha sahabat muslim dalam mempelajari bahasa Arab akan sia-sia. Dengan niat, sahabat muslim akan memiliki tekad dan kemauan untuk belajar. Sehingga, sahabat muslim dapat lebih berkonsentrasi dalam belajar. Ketika mengucapkan niat, jangan lupa untuk meniatkannya karena Allah.


  • Mendalami Ilmu Nahwu serta Sharaf

Kunci untuk bisa mendalami Al Quran, hadist, dan karya-karya ulama berbahasa Arab adalah dengan mendalami ilmu nahwu dan sharaf. Kedua ilmu tata bahasa ini sangat dibutuhkan dalam memahami teks bacaan. Jika telah menguasai ilmu tersebut, dijamin sahabat muslim dapat memahami ayat-ayat Al Quran, hadist, dan karya-karya ulama dengan lebih baik.

Meski demikian, sahabat muslim tidak boleh lupa untuk mempelajari kemampuan berbicara dalam bahasa Arab. Kemampuan ini sangat dibutuhkan jika sahabat muslim ingin bisa berkomunikasi secara lisan dalam bahasa Arab dengan baik.

Baca Juga : Pengertian Tawabi


  • Ikut Kelas Tambahan Selain di Sekolah

Mengingat sulitnya mata pelajaran bahasa Arab, maka sahabat muslim perlu kelas tambahan. Kelas bahasa Arab ini dapat diikuti secara online maupun offline. Namun, di beberapa daerah, kelas offline mungkin agak sulit diakses. Sehingga, sahabat muslim tidak memiliki pilihan lain untuk mengikuti kelas bahasa Arab online.

Dengan mengikuti kelas tambahan ini, sahabat muslim akan memperoleh berbagai keuntungan. Yang pertama, sahabat muslim dapat menghafal dan memahami kosa kata dan tata bahasa Arab dengan lebih baik. Di samping itu, sahabat muslim juga dapat melatih pengucapan kata dan percakapan bahasa Arab.


  • Rajin Latihan

Agar sukses dalam mempelajari bahasa Arab, sahabat muslim perlu rajin berlatih. Latihan ini dapat dilakukan dengan beragam cara, misalnya membaca Al Quran setiap hari dan mengerjakan soal bahasa Arab.


  • Berdoa

Semua usaha tersebut tidak akan memberi hasil yang maksimal jika sahabat muslim tidak menyertainya dengan doa. Sehingga, sahabat muslim tidak boleh lupa untuk berdoa kepada Allah SWT agar diberi kemudahan dalam mempelajari bahasa Arab.


Penggunaan Bahasa Arab

Perlu diketahui bahwa bahasa yang digunakan dalam Al Quran dan kehidupan sehari-hari itu tidak sama. Bahasa yang dipakai dalam Al Quran dan hadist adalah bahasa Arab klasik. Sedangkan bahasa sehari-hari sendiri terdiri dari beberapa ragam.

Baca Juga : Pengertian Athof dan Fungsinya

Bahasa Arab yang digunakan dalam dunia akademik, politik, media, dan forum resmi lain berbeda dari bahasa Arab yang dipakai ketika dua orang teman berkomunikasi. Bahasa Arab sehari-hari ini sudah mengalami banyak modernisasi dan memiliki banyak dialek.

Dengan tips dan trik di atas, kini sahabat muslim pasti bisa mengerjakan soal bahasa Arab (MI, SMP, SMA) dengan lebih mudah. Sahabat muslim bisa belajar mengerjakan soal-soal bahasa Arab di rumah. Di samping itu, ada pula berbagai buku pelajaran bahasa Arab yang dapat diunduh lewat situs-situs pendidikan.

Pemuda Muslim Yang Hoby Menulis #Publisher #Programmer #Blogger #SEO