Afwan Artinya : Makna dan Maksud Pengucapan Secara Bahasa

Posted on

Pengertain Afwan

Sahabat muslim sejagat maya tentunya pernah mendengar seseorang lainnya sesama muslim atau muslimah mengucapkan afwan. Apabila sahabat muslim sedikit mengetahui kosakata dalam Bahasa Arab dan memahami bahwa secara umum afwan artinya adalah permohonan maaf. Maka pasti akan heran jika mendengarnya setelah orang lain atau sahabat muslim sendiri mengucapkan syukron atau terima kasih.Afwan Artinya

Seperti yang sahabat muslim ketahui bahwa umumnya jawaban dari kata syukron adalah jazakallaahu khoiron. Tetapi kata afwan ternyata juga banyak digunakan untuk mengganti ucapan “terima kasih kembali” atau jazakallaah. Agar sahabat muslim tidak kebingungan akan penggunaan kata afwan, sebaiknya simaklah penjelasan secara rinci berikut ini!

Baca Juga : Na’am Artinya


Definisi Kata “Afwan”

Afwan merupakan kata dengan banyak makna di dalam Bahasa Arab namun secara harfiah kata tersebut memiliki arti “maaf”. Pemaknaan pada kata afwan tergantung pada letaknya di dalam sebuah kalimat, mengingat kata ini dapat dimaknai sebagai permintaan maaf dalam berbagai kondisi. Sahabat muslim dan muslimah bisa menggunakannya usai melakukan kesalahan kepada seseorang.

Semua manusia tidak akan pernah luput dari kesalahan atau dosa sekecil apapun bahkan Rasulullah sebagai seorang paling mulia pun pernah melakukan kesalahan. Namun jika kesalahan itu terjadi ke sesama manusia maka mereka harus saling menyelesaikan perkara dan saling meminta maaf. Kata afwan juga sangat tepat jika diucapkan ketika hari raya idul fitri oleh seluruh umat muslim.

Namun sahabat muslim harus menambahkannya dalam beberapa rangkaian kata agar maknanya lebih jelas. Misalnya dengan kalimat, “as alukal afwan dzaahiran wa baathina” yang berarti meminta maaf atas segala kesalahan secara lahir dan batin. Sahabat muslim bisa menggunakannya sebagai pengganti atau kalimat penambah setelah minal aidzin wal faidzin, karena artinya kembali ke jalan kemenangan.

Semua manusia dianjurkan untuk meminta maaf kepada Tuhan sekaligus sesama manusia. Mengingat Allah juga tidak akan pernah menghitung amal ibadah seorang hamba jika masih memiliki pertengkaran dan perkara yang belum usai dengan sesamanya. Senada dengan perintah Allah yang tertuang di dalam firman-Nya pada Surah Al Baqarah ayat 263 yang artinya berikut ini:

“Perkataan yang baik dan pemberian maaf lebih baik daripada sedekah yang diiringi dengan sesuatu yang menyakitkan (perasaan si penerima). Allah Maha Kaya lagi Maja Penyantun.” (QS Al-Baqarah [2]: 263).


Afwan Artinya secara Bahasa dan Makna

Kata asal Afwan dalam Bahasa Arab bisa juga ditulis Al afwu yang artinya “terlepas dari waktu serta masa”. Jika kata tersebut digunakan sebagai kata kerja maka yang benar tulisan dan bacaannya yakni ‘afaa atau ya’fu.

Arti kata dasar afwan yakni al ‘afwu yakni meminta maaf, sementara maknanya dapat diartikan sebagai permintaan maat atas segala kesalahan dan dosa sekaligus memberi kebebasan hukuman atas hal tersebut. Anjuran meminta maaf muncul bersamaan dengan anjuran untuk memaafkan karena sebaik-baiknya seseorang adalah yang mampu memaafkan kesalahan orang lain.

Namun untuk maksud membebaskan dari segala hukuman atas kesalahan maupun dosa harus dilakukan hanya kepada orang-orang yang pantas mendapatkannya. Jika sahabat muslim ternyata mampu memaafkan dosa besar sekalipun yang pernah diperbuat oleh seseorang terhadap sahabat muslim, maka sahabat muslim benar-benar memiliki hati yang lapang.

Seperti yang telah dikatakan oleh Al Khalil dalam kitab Maqaa bisul Lughah 4 : 56 yakni,

Kata penyesalan seseorang setelah melakukan kesalahan juga dapat dirangkai dari kata dasar afwan yang ditambahkan dengan kata jiddan, “afwan jiddan”. Selanjutnya sahabat muslim dan muslimah sesahabat muslim dapat merangkainya menjadi sebuah kalimat untuk dinyatakan kepada seseorang. Misalnya, “afwan jiddan yaa ukhti karena ketidakhadiran saya di acara spesial kemarin.”Bagi orang yang berhak (harus) mendapatkan hukuman namun engkau membebaskannya itu artinya engkau telah memaafkannya. Terkadang seseorang memberi maaf atas sesuatu dengan cara membebaskan. Hal itu hanya bagi orang-orang yang pantas mendapatkannya.”

Baca Juga : Macam-Macam Puasa Sunnah Hikmah dan Ganjarannya


5 Makna dan Maksud Pengucapan Afwan

 

Sahabat muslim harus tahu bahwa pemaknaan kata afwan dapat dibagi ke dalam 5 jenis makna. Hal tersebut telah tercantum dalam beberapa ayat al Quran sehingga para ulama memberikan keterangan sebagai berikut:


  • Makna Ziyadah

Afwan tergolong ke dalam sebuah makna ziyadah atau tambahan, yang artinya terdapat sebuah permintaan mengenai tambahan kepada seseorang yang telah berterimakasih. Tambahan harus diminta tanpa membebani seseorang tersebut dan terdapat kesepakatan yang baik. Sahabat muslim kemudian perlu menjawabnya dengan kalimat,

هذا العمل الذي فعلته قليل فأطلب منك العفو

Arti lebih jelasnya yakni, “Perbuatanku adalah hal yang kecil oleh sebab itu aku meminta tambahan / ‘afwu kepada Anda.”


  • Makna Fadhl

Fadhl merupakan keutamaan namun hal tersebut akan diberikan meski tanpa mengajukan permintaan terlebih dahulu. Sahabat muslim di sini bermaksud untuk memberikan segala kemurahan hati terhadap seseorang yang berterima kasih secara rela atau ikhlas. Saat orang lain tersebut mengucapkan terima kasih atas bantuan yang diberikan, sahabat muslim akan membalasnya dengan kalimat,

Baca Juga : Pengertian Puasa Menurut Bahasa Dan Istilah

أعطيتك عفواً من غير مسألة منك

Maknanya berisi tentang tujuan sahabat muslim sesahabat muslim yang membantu orang lain secara ikhlas tanpa meminta imbalan apapun. Bahkan sahabat muslim dengan senang hati mengerjakannya meski orang lain tidak meminta untuk membantu mereka.


  • Afwan dengan Makna Udzru

Afwan memiliki makna udzru adalah kata yang di dalamnya bermaksud untuk benar-benar tulus meminta maaf karena kerendahan hati. Sahabat muslim merasa tidak pantas untuk menerima ucapan terima kasih jika bukan karena kehendak dari Allah sehingga sahabat muslim tidak ingin meminta balasan apapun.

Sahabat muslim yang hendak mengatakan kalimat tersebut maka dapat berkata seperti berikut kepada seseorang yang berterima kasih,

عفوت عنك عفوا


  • Afwan Bermakna Tholab

Jika sahabat muslim memiliki tujuan tertentu yang cukup penting sehingga memungkinkan bagi sahabat muslim untuk menuntut balasan maka tidak apa-apa mengutarakannya. Sahabat muslim juga dapat menggunakan kata afwan yang tergolong ke dalam makna tholab. Setelah seseorang mengucapkan terima kasih atas jasa sahabat muslim namun jika masih terdapat kekurangan maka sampaikan dengan ucapan berikut,

اعتفيتك إذا طلبت معروفك وفضلك


  • Kata Afwan sebagai Tarku

Tarku berarti meninggalkan, sehingga jika sahabat muslim bermaksud untuk segera mengakhiri hubungan yang sekedar untuk saling membantu maka gunakanlah kata afwan tarku. Kalimatnya mengandung maksud bahwa sahabat muslim tidak memiliki hak atas ucapan terima kasih yang disampaikan oleh orang lain. Sahabat muslim dapat membalas ungkapan tersebut secara halus dengan mengatakan,

Baca Juga : Arti Yaumul Milad : Pengertain, Makna dan Penjelasannya

عفوت عنك عفوا لاني لا استحق الشكر

Penjelasan afwan artinya sekaligus 5 kategori makna di atas memberikan kesimpulan bahwa terdapat banyak tujuan ketika sahabat muslim membantu seseorang. Tujuan tersebut akan tersampaikan maksudnya ketika sahabat muslim menggunakan salah satu kata afwan di atas.

Pemuda Muslim Yang Sedang Memperbaiki Hati dan Diri #Programmer #Blogger #Desainer