Penjelasan Tentang Yaumul Milad

Posted on

Arti Yaumul Milad

Para sahabat muslim sekalian, pasti pernah mendengar orang mengucapkan yaumul milad. Atau mungkin pernah mengucapkan sendiri kepada teman atau saudara. Beberapa orang mungkin telah memahami arti ucapan tersebut, namun mungkin ada juga yang sekedar ikut-ikutan. Sebenarnya apa sih arti yaumul milad tersebut. Mari kita simak penjelasannya berikut ini.Yaumul Milad

Apabila dilihat dari struktur katanya, terdapat kata “milad” yang pasti berkaitan dengan hari kelahiran atau ulang tahun. Kata milad akhir-akhir ini telah menjadi populer, dan sering diucapkan dalam berbagai perayaan yang berhubungan. Kata ini sama artinya dengan ucapan selamat ulang tahun atau happy birthday, dan lainnya.

Baca Juga : Macam-Macam Puasa Sunnah Hikmah dan Ganjarannya


Arti Yaumul Milad

Apabila kata milad digambarkan sebagai kata yang berhubungan dengan kelahiran atau peringatan ulang tahun, lalu bagaimana dengan yaumul milad. Penggabungan kedua kata tersebut tentunya memberikan makna berbeda. Yaumul milad berasal dari bahasa Arab yaitu “yaumul” dan “milad”. Gabungan keduanya berarti “selamat hari kelahiran”.

Sahabat muslim, istilah yaumul milad ini ternyata sudah mulai populer penggunaannya. Bukan hanya di kalangan pertemanan namun juga di kalangan masyarakat pada umumnya. Istilah ini bisa juga diartikan sebagai “selamat ulang tahun”. Jika kebetulan ingat ada teman atau menghadiri perayaan ulang tahun sahabat atau kolega, bisa lho menggunakan istilah yaumul milad ini.


Penjelasan Tentang Yaumul Milad

Seperti yang telah sahabat muslim ketahui, kata yaumul milad berasal dari bahasa Arab. Walaupun banyak orang yang memahami bahwa yaumul milad berhubungan dengan hari kelahiran, namun patut sahabat muslim sekalian untuk memahami penjelasan dari kata yaumul milad. Ada beberapa rujukan yang bisa menjelaskan apa sebenarnya arti kata yang membentuk yaumul milad.

Baca Juga : Pengertian Puasa Menurut Bahasa Dan Istilah

  1. Dalam istilah Arab, yaumul milad (يَوْمُ الْميلاد) terbentuk dari kata Yaum (يوم) dan Milad (ملاد). Secara terjemahan, kata Yaum (يوم) memiliki arti “hari” dan kata Milad (ملاد) memiliki arti “kelahiran”. Gabungan kedua kata tersebut menjadi “hari kelahiran”. Jadi sahabat muslim sekalian, yaumul milad adalah sebuah ungkapan selamat hari kelahiran atau selamat hari ulang tahun dalam versi bahasa Arab.
  2. Merujuk pada ilmu shafy, kata “Yaum” (يوم) adalah jenis kata yang termasuk pada kategori “Ajwaf”. Maksudnya adalah kata yang terdiri dari tiga huruf saja, dimana pada huruf tengahnya merupakan huruf mat thabi’i. Sedangkan untuk kata ‘Milad” (ملاد) apabila diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia memiliki arti “kelahiran”. Menurut istilah dalam bahasa Arab, Milad adalah isim masder atau kata dasar dalam kategori mistal.
  3. Menurut ilmu Nahwu, kata Yaumul Milad merupakan bentuk penyandaran atau idhofah dalam bahasa Arab. Jika dalam istilah grammar Bahasa Inggris, lebih dikenal dengan possessive noun. Kata Milad yang digabungkan dengan kata “Yaum”, menjadi kata keterangan bagi kata sandarannya. Kata “Yaum” jika berdiri sendiri maka tidak akan menjadi kata yang dipahami.

Penggunaan Kata Yaumul Milad

Seperti yang sahabat muslim telah pelajari di atas, kata yaumul milad memiliki arti sebagai hari kelahiran. Penggunaan kata ini sering disandingkan dengan kata lainnya. Contohnya adalah barakallah fii umrik, sehingga menjadi kalimat “yaumul milad barakallah fii umrik”. Arti dari ucapan tersebut adalah “selamat ulang tahun, semoga Allah memberkahi umurmu”.

Baca Juga : Pengertian, Makna Ucapan Barakallah, Artinya, dan Penggunaan yang Tepat

Sama dengan ucapan selamat ulang tahun pada umumnya, yaumul milad juga bisa dimodifikasi dengan beberapa doa dan ucapan lainnya. Istilah ini juga telah menjadi sebuah istilah umum di masyarakat. Jadi sahabat muslim tercinta, ketika hendak mengucapkan selamat ulang tahun boleh diganti dengan istilah ini. Berikut adalah beberapa contoh penggunaan ucapan yaumul milad yang unik dan menarik.

  • Yaumul milad ummi, barakallah fii umrik.
  • Yaumul milad suami sayang, semua doa terbaik untukmu. Barakallah fii umrik.
  • Yaumul milad anakku tercinta, semoga makin dewasa, panjang umur, murah rezeki, makin rajin ibadahnya. Barakallah fii umrik sayang.
  • Yaumul milad sahabat terbaikku. Semoga senantiasa mendapatkan sisa umur yang dipenuhi keberkahan dan selalu dalam lindungan Allah SWT.
  • Yaumul milad mama. Semoga Allah senantiasa memberikan kesehatan dan keselamatan, diberikan umur yang panjang, penuh keberkahan dari Allah SWT.

Balasan Ucapan Yaumul Milad

Ketika sahabat muslim mendapatkan ucapan yaumul milad, apakah bingung harus menjawab bagaimana. Bagi yang belum paham, mungkin bisa dengan mengucapkan “aamiin” atau “terima kasih”. Namun tahukah sahabat muslim sekalian bahwa ada jawaban yang tepat ketika mendapatkan ucapan yaumul milad.

Yaumul milad barakallah fii umrik atau dalam bahasa Indonesia diartikan selamat hari lahir semoga Allah memberkahi usiamu, bisa dijawab juga dengan bahasa Arab. Jika yang mengucapkan kalimat tersebut adalah laki-laki, maka ucapkan “wa fii barakallah”. Sedangkan jika yang mengucapkan adalah perempuan, maka jawablah “ wa fiiki barakallah”.

Baca Juga : Muslimah Harus Tahu Arti Assalamualaikum Ukhti sebagai Salam Sehari-hari!

Balasan ucapan yaumul milad tersebut memiliki makna yang sama, baik ucapan kepada laki-laki maupun perempuan, “wa fii barakallah” dan “wa fiiki barakallah” memiliki arti “semoga Allah juga memberkahimu”. Hebat yang sahabat muslim, saat didoakan maka balaslah dengan mendoakan kembali.


Doa Pengiring Yaumul Milad dalam Bahasa Arab

Biasanya ketika sahabat muslim mengucapkan yaumul milad barakallah fii umrik, pasti ada tambahan doa dibelakangnya. Sebenarnya sah saya mengucapkan doa dalam bahasa Indonesia, namun akan lebih terlihat keren jika sahabat muslim juga mengetahui doa-doa pengiringnya dalam bahasa Arab. Berikut adalah contoh-contoh doa dalam bahasa Arab tersebut.

  • Doa Mohon Panjang Umur

اَللَّهُمَّ طَوِّلْ عُمُورَنَا وَصَحِّحْ أَجْسَادَنَا وَنَوِّرْ قُلُوْبَنَا وَثَبِّتْ إِيْمَانَنَا وَأَحْسِنْ أَعْمَالَنَا وَوَسِّعْ أَرْزَقَنَا وَإِلَى الخَيْرِ قَرِّبْنَا وَعَنِ الشَّرِّ اَبْعِدْنَا وَاقْضِ حَوَائِجَنَا فِى الدِّيْنِ وَالدُّنْيَا وَالۤاخِرَةِ إِنَّكَ عَلَى كُلِّ شَىْءٍ قَدِيْرٌ

Allaahumma thowwil ‘umuuronaa, wa shohhih ajsaadanaa, wa nawwir quluubanaa, wa sabbit iimaananaa wa ahsin a’maalanaa, wa wassi’ arzaqonaa, wa ilal khoiri qorribnaa wa ‘anisy-syarri ab’idnaa, waqdhi khawaa-ijanaa fiddiini waddunyaa wal aakhirati innaka ‘alaa kulli syai-in qodiirun

Artinya:

Ya Allah! Panjangkan umur kami, sehatkan jasad kami, terangi hati kami, tetapkan iman kami, baikkan amalan kami, luaskan rezeki kami, dekatkan kami pada kebaikan dan jauhkan kami dari keburukan, kabulkan semua kebutuhan kami dalam urusan agama, dunia, dan akhirat. Sesungguhnya Engkau (Allah) Maha Kuasa atas segala sesuatu.


  • Doa Kemuliaan Keluarga

رَبَّنَا هَبْ لَنَا مِنْ اَزْوَاجِنَا وَذُرِّيَّاتِنَا قُرَّةَ اَعْيُنٍ وَاجْعَلْنَا لِلْمُتَّقِيْنَ اِمَامًا

Robbanaa hablanaa min azwaajinaa wa dzurriyyaatinaa qurrota a’yuun waj-‘alnaa lilmuttaqiina imaama

Artinya:

Ya Rabb kami, anugerahkan kepada kami, istri-istri kami dan anak cucu kami sebagai penyenang hati kami, dan jadikan kami imam bagi orang-orang yang bertaqwa.


  • Doa untuk Keselamatan dan Kesejahteraan

اَللهُمَّ اِنَّا نَسْأَلُكَ سَلاَمَةً فِى الدِّيْنِ وَعَافِيَةً فِى الْجَسَدِ وَزِيَادَةً فِى الْعِلْمِ وَبَرَكَةً فِى الرِّزْقِ وَتَوْبَةً قَبْلَ الْمَوْتِ وَرَحْمَةً عِنْدَ الْمَوْتِ وَمَغْفِرَةً بَعْدَ الْمَوْتِ

Allaahumma innaa nas-aluka salaamatan fid diini wa ‘aafiyatan fil jasadi wa ziyaadatan fil ‘ilmi wa barokatan fir rizqi wa taubatan qoblal mauti wa rohmatan ‘indal mauti wa maghfirotan ba’dal mauti

Artinya:

Ya Allah kami memohon kepadaMu keselamatan dalam agama, dan kesejahteraan/kesegaran pada tubuh dan penambahan ilmu, dan keberkahan rizqi, serta taubat sebelum mati dan rahmat di waktu mati, dan keampunan sesudah mati.


  • Doa untuk Anak yang Sholeh

رَبِّ هَبْلِيْ مِنْ لَدُنْكَ ذُرِّيَّةً طَيِّبَةً اِنَّكَ سَمِيْعُ الدُّعَاءِ

Robbi hablii min ladunka dzurriyyatan thoyyibatan innaka samii’ud du’aa-i

Artinya :

Ya Rabbi, berilah aku dari sisi Engkau seorang anak yang baik. Sesungguhnya Engkau Maha Pendengar doa (hambamu).


  • Doa Mendapatkan Rezeki yang Halal

اَللهُمَّ اِنِّىْ اَسْأَلُكَ اَنْ تَرْزُقَنِىْ رِزْقًا حَلاَلاً وَاسِعًا طَيِّبًا مِنْ غَيْرِ تَعَبٍ وَلاَمَشَقَّةٍ وَلاَضَيْرٍ وَلاَنَصَبٍ اِنَّكَ عَلَى كُلِّ شَىْءٍ قَدِيْرٌ

Allahumma innii as-aluka an tarzuqonii rizqon halaalan waasi’an thoyyiban min ghairi ta’abin wala masyaqqatin walaa dloirin walaa nashabin innaka ‘a-laa kulli syai-in qodiir.

Artinya :

Ya Allah, aku minta pada Engkau akan pemberian rizki yang halal, luas, baik tidak tanpa repot dan juga tanpa kemelaratan dan tanpa keberatan sesungguhnya Engkau kuasa atas segala sesuatu.

Mengucapkan selamat ulang tahun adalah bentuk perhatian dan kasih sayang dengan orang terdekat. Selain kalimat selamat ulang tahun, sahabat muslim bisa menggunakan yaumul milad di atas. Dari penjelasan tersebut, arti yaumul milad sama fungsinya dengan ucapan selamat ulang tahu. Sambunglah dengan doa agar keberkahan senantiasa dilimpahkan kepada yang berulang tahun.

Pemuda Muslim Yang Hoby Menulis #Publisher #Programmer #Blogger #SEO