Bahasa Arab Sama-Sama secara Bahasa dan Makna

Posted on

Arti Bahasa Arab Sama-Sama

Bersyukur atas pemberian nikmat dan rezeki dari Allah memang sudah sepatutnya diucapkan oleh seluruh umat muslim. Namun sahabat muslim harus tahu bahwa pemberian tersebut seringkali diperantarai melalui orang lain sehingga patut bagi sahabat muslim untuk berterima kasih padanya. Saat sahabat muslim berterima kasih dengan doa, maka baik bagi mereka mengucapkan Bahasa Arab sama-sama juga.

Baca Juga : Na’am Artinya secara Bahasa dan Makna

Apabila sahabat muslim berada di posisi si penyalur rezeki Allah untuk orang lain tentu bingung ketika hendak menjawab ucapan terima kasih dalam Bahasa Arab. Mengingat terdapat beragam kosakata yang dapat digunakan sebagai pengganti ucapan “sama-sama”. Kini kebingungan tersebut akan terjawab dengan baik jika sahabat muslim menyimak penjelasan tentang Bahasa Arab “sama-sama”.

Bahasa Arab Sama-Sama


Bahasa Arab Sama-Sama secara Bahasa dan Makna

Masyarakat Timur Tengah memiliki kebiasaan secara umum membalas ucapan syukron atau jazakallaahu khoiron dengan kata afwan. Secara bahasa artinya adalah maaf, namun kata tersebut sangat cocok jika sahabat muslim mempraktekkannya dengan semua orang. Tetapi sahabat muslim harus tahu bahwa kata Afwan terbagi menjadi beberapa kategori untuk diucapkan sesuai tujuan dan maksudnya.

Terdapat kata lain selain Afwan yang dapat digunakan sahabat muslim untuk mengungkapkan terima kasih kembali, yakni “wa iyyakum”, “wa iyyaka”, dan “wa iyyaki”. Jawaban dengan kata tersebut juga dilihat dari ungkapan yang disampaikan orang lain lebih dahulu. Jika mereka berterima kasih dengan kalimat “jazakallahu khoiron katsiiron” maka ketiga macam kata tersebut cocok untuk menjawabnya.

Namun ketiga kata di atas sebenarnya juga cocok jika sahabat muslim mengucapkannya kepada teman sebaya laki-laki, perempuan, atau laki-laki dan perempuan jamak yang berterima kasih dengan kata syukron. Kalimat syukron yang disampaikan oleh seseorang yang sahabat muslim hormati bisa dijawab menggunakan beberapa jenis kata afwan.

Baca Juga : Mengenal Kata Afwan, Artinya, Makna, dan Penggunaan yang Benar


Tujuan Membalas Terima Kasih dengan Bahasa Arab “Sama-Sama”

Hampir seluruh kosakata yang merangkai sebuah kalimat dalam Bahasa Arab mengandung doa dan harapan sehingga sepatutnya sahabat muslim membalas doa yang diberikan orang lain tersebut. Salah satu ungkapan yang paling sering terjadi dalam kehidupan sehari-hari yakni saat orang lain berterima kasih kepada sahabat muslim setelah membantunya dari kesusahan.

Ucapan terima kasih dalam Bahasa Indonesia tentu dapat dijawab sangat mudah dengan membalasnya, “sama-sama”. Tetapi bagaimana jika kali ini sahabat muslim sekalian mendengar kata terima kasih dalam Bahasa Arab seperti “Syukron”, atau “Jazakallaahu khoiron”? Kalimat tersebut mengandung doa sehingga sepatutnya sahabat muslim juga membalasnya dalam Bahasa Arab.

Keutamaan untuk saling bersyukur antara seorang yang diberi dengan orang lain sebagai perantara pemberi rezeki berkali-kali dicantumkan dalam firman Allah, yakni:

Surat Ibrahim di potongan ayat 7:

( لَئِنْ شَكَرْتُمْ لَأَزِيْدَنَّكُمْ )

“Sesungguhnya jika kamu bersyukur, niscaya aku akan menambah (nikmat) kepadamu.”

Surat Luqman di potongan ayat 12:

( وَمَنْ يَشْكُرْ فَإِنَّمَا يَشْكُرُ لِنَفْسِهِ )

“Dan barangsiapa bersyukur (kepada Allah), maka sesungguhnya dia bersyukur untuk dirinya sendiri.”

Serta diperkuat dengan sabda Rasulullah yang diriwayatkan oleh Tirmidzi berikut ini:

“Barangsiapa diberikan kebaikan oleh orang lain, lalu ia mengatakan kepada pelakunya: ‘jazaakallahu khairan’ (semoga Allah membalasmu dengan kebaikan), sungguh ia telah benar-benar meninggikan pujian.”

Pengandaian tersebut dapat memberikan sahabat muslim pemahaman bahwa kata sama-sama dalam Bahasa Arab juga berguna untuk mendoakan orang lain. Lebih tepatnya yakni mengembalikan doa yang baik seperti yang telah diucapkan orang lain kepada sahabat muslim sebagai seorang pemberi. Apabila dalam Bahasa Indonesia kata tersebut hanya terdapat 1 macam saja sehingga cukup mudah diucapkan.

Baca Juga : Macam-Macam Puasa Sunnah Hikmah dan Ganjarannya

Namun, ketika sahabat muslim sekalian hendak menggunakan Bahasa Arab maka terdapat banyak opsi dan sahabat muslim harus bisa memilihnya dengan sesuai kondisi saat itu. Meskipun makna umum di dalam kalimat untuk membalas ucapan terima kasih sama, yakni mengembalikan doa. Tetapi penggunaan beberapa kata bisa berubah dan bergantung pada subjek serta materi yang diberikan.


8 Penggunaan Bahasa Arab yang Sama dengan Makna “Sama-Sama”

Beberapa kosakata dalam Bahasa Arab yang memiliki arti atau makna “sama-sama” untuk membalas ucapan terima kasih adalah berikut:


  • Wa Iyyaki

Kalimat ini dapat digunakan sebagai ucapan untuk membalas terima kasih dan maknanya mengandung doa. Wa iyyaki dapat ditujukan kepada seorang perempuan atau muslimah yang telah berterima kasih kepada sahabat muslim.


  • Wa Iyyakum

Kata ini memiliki arti yang sama dengan wa iyyaki, namun bedanya wa iyyakum ditujukan bagi orang banyak yang telah mengucapkan terima kasih kepada sahabat muslim sekalian. Orang-orang tersebut termasuk laki-laki atau perempuan lebih dari satu, atau laki-laki dan perempuan sekaligus.


  • Wa Iyyaka

Wa iyyaka merupakan kata balasan terima kasih yang bisa sahabat muslim ucapkan kepada saudara muslim laki-laki. Namun laki-laki tersebut tidak boleh berjumlah lebih dari satu karena maknanya tunggal.

Baca Juga : Pengertian Puasa Menurut Bahasa Dan Istilah


  • Afwan Tholab

Kalimat afwan merupakan kata dengan arti dasar “maaf” yang bisa kamu gunakan sebagai pengganti kata “sama-sama” dalam Bahasa Arab. Afwan Tholab merupakan kalimat untuk membalas terima kasih namun dengan menuntut sebuah imbalan atas apa yang telah sahabat muslim berikan kepada seseorang yang berterima kasih tersebut.

اعتفيتك إذا طلبت معروفك وفضلك


  • Afwan Tarku

Afwan yang digunakan sebagai pengganti sama-sama di sini bisa sahabat muslim ucapkan ketika menyelesaikan atau mengakhiri suatu urusan setelah sahabat muslim membantu orang yang bersangkutan. Sahabat muslim merasa cukup dengan memberikan bantuan terhadap orang tersebut lalu hendak mengakhirinya dan meninggalkan urusan.

عفوت عنك عفوا لاني لا استحق الشكر


  • Afwan Fadhl

Kata afwan dalam kategori fadhl merupakan sebuah ungkapan membalas terima kasih dengan ikhlas karena sahabat muslim rela membantu seseorang bahkan tanpa perlu diminta. Keikhlasan tersebut bisa sahabat muslim wakilkan dengan mengucapkan kalimat lengkapnya berikut:

أعطيتك عفواً من غير مسألة منك


  • Afwan Udzru

Jenis afwan satu ini diungkapkan ketika sahabat muslim sekalian merasa sangat tidak pantas untuk mendapatkan terima kasih. Karena sahabat muslim merasa bahwa segala rezeki atau nikmat yang bisa sahabat muslim berikan untuk orang lain hanya berasal dari Allah.

عفوت عنك عفوا


  • Afwan Ziyadah

Ungkapan afwan ziyadah bisa sahabat muslim berikan kepada orang lain dengan maksud untuk meminta tambahan atas bantuan kepada orang lain. Hal ini bisa saja disebabkan jasa sahabat muslim bernilai cukup besar dan memang dipatok menggunakan pembayaran tertentu.

Baca Juga : Arti Yaumul Milad : Pengertain, Makna dan Penjelasannya

هذا العمل الذي فعلته قليل فأطلب منك العفو

Penjelasan di atas mengungkapkan bahwa kosakata Bahasa Arab sama-sama cukup beragam karena diucapkan sesuai dengan maksud sahabat muslim membantu orang lain. Selain itu juga tergantung pada subjek yang mengucapkan terima kasih kepada sahabat muslim.

Pemuda Muslim Yang Hoby Menulis #Publisher #Programmer #Blogger #SEO