Pengertian Umum Ungkapan Doa dan Selamat “Barakallah”

Posted on

Semua sahabat muslim di seluruh dunia tentu tidak asing mendengar ucapan Barakallah yang disampaikan kepada seseorang. Sahabat muslim yang tidak terlalu mengetahui arti kosakata dalam Bahasa Arab biasanya akan kebingungan mendengar kalimat tersebut. Barakallah artinya sebuah ungkapan agar sahabat muslim sekalian diberikan keberkahan oleh Allah yang Maha Esa.

Barakallah Artinya

Pernahkah sahabat muslim sekalian memperoleh ucapan Barakallah atau justru mengucapkannya kepada orang lain? Lalu tahukah kalian tentang keutamaan mendoakannya dengan kalimat ini? Sebelum kalian hanya menggunakannya atas dasar tren pengucapan kosakata Arab di Indonesia sebaiknya pahami dengan baik arti kalimat tersebut, makna, sekaligus penggunaannya berikut!

Baca Juga : Muslimah Harus Tahu Arti Assalamualaikum Ukhti sebagai Salam Sehari-hari!


Pengertian Umum Ungkapan Doa dan Selamat “Barakallah”

Ucapan Barakallah merupakan kalimat doa sekaligus sebagai pemberi selamat kepada seseorang di momen yang spesial bagi para umat muslim. Secara umum kalimat ini seringkali diungkapkan kepada seseorang untuk memperingati hari ulang tahunnya secara Islami. Namun, apakah semua penggunaan kalimat tersebut telah benar?

Sebagian besar memang benar, namun kebanyakan para sahabat muslim masih belum mengetahui makna penting di dalamnya. Jika kalian mempelajari arti sekaligus maknanya lebih dalam sebenarnya kalimat ini tidak hanya dapat digunakan ketika seseorang sedang berulang tahun saja, karena tujuan utamanya bukan untuk itu. Barakallah adalah satu kalimat untuk mendoakan sahabat muslim sedunia.

Barakallah atau berkah dari Allah ini seringkali dibahas dalam berbagai ayat yang telah difirmankan Allah dalam Quran. Bukan perintah secara frontal untuk mengucapkan kalimat “barakallah” kepada sesama muslim, tetapi anjuran untuk saling mendoakan dengan berbagai kalimat yang baik. Maka kalimat barakallah ini dipilih oleh bangsa Arab dan kini juga dipopulerkan di berbagai wilayah negara.

Kalimat tersebut lebih mudah diungkapkan namun kandungan maknanya penuh doa penting bagi muslim sehingga digunakan sebagai ucapan doa yang penting dan berharga. Kemudian Allah juga telah memberikan janji tentang keberkahan bagi sesama muslim yang bertaqwa dan saling mendoakan sesama manusia, seperti pada Surah Al A’Araf ayat 96 berikut:

Baca Juga : Macam-Macam Puasa Sunnah Hikmah dan Ganjarannya

وَلَوْ أَنَّ أَهْلَ الْقُرَى آَمَنُوا وَاتَّقَوْا لَفَتَحْنَا عَلَيْهِمْ بَرَكَاتٍ مِنَ السَّمَاءِ وَالْأَرْضِ

Jikalau sekiranya penduduk negeri-negeri beriman dan bertakwa, pastilah Kami akan melimpahkan kepada mereka berkah dari langit dan bumi.. (QS. Al A’raf: 96)


Barakallah Artinya Secara Bahasa dan Makna adalah?

Para sahabat muslim yang pernah belajar Bahasa Arab meski hanya di jenjang tahun-tahun tertentu seperti MI, MTS, atau MAN biasanya akan mengerti beberapa istilah di dalam kalimat Barakallah. Ya, kalimat tersebut berasal dari dua istilah yakni “Barakah” dan “Allah”. Namun jika kedua kata tersebut digabungkan maka ucapannya menjadi sebuah doa untuk meminta keberkahan dari Allah SWT.

Arti kata Barakah dengan tulisan yang benar yakni “Baarakatu,” berarti berkah atau bertambahnya kebaikan pada diri seseorang. Ada beberapa macam penggunaan kata Barakallah sesuai tujuan seseorang yang mengucapkannya. Namun, kalimat tersebut ditambahkan beberapa kata lain untuk memperkuat makna serta tujuan pengucapannya.

Barakallah biasanya digabungkan dengan kata-kata lain seperti “fiikum”, “Fik”,  “fii umrik”, “lak”, dan sebagainya. Tambahan kata tersebut memiliki arti yang lebih khusus kepada siapa kalimat ditujukan, misalnya “fiikum” yang berarti untuk kalian, kata dasar “fiik” ditambahkan “fiika” atau “fiiki” berarti ditujukan kepada seseorang yaitu laki-laki atau perempuan yang sedang berbicara dengan kita.

Sementara “Barakallaahu lak”, kata “lak” lebih ditujukan kepada kenikmatan atau anugerah yang telah diberikan kepada seseorang kemudian kita mendoakannya agar terdapat berkah atas semua itu. Keutamaan untuk memberikan ucapan dan doa keberkahan terhadap orang lain ini terdapat pada sabda Rasulullah SAW, serta termasuk sebagai ucapan yang dianjurkan yang diriwayatkan Tirmidzi:

Baca Juga : Pengertian Puasa Menurut Bahasa Dan Istilah

بَارَكَ اللَّهُ لَكَ وَ بَارَكَ عَلَيْكَ وَ جَمَعَ بَيْنَكُمَا فِيْ خَيْرٍ

“Semoga Allah menganugerahkan barakah kepadamu, semoga Allah juga menganugerahkan barakah atasmu, dan semoga Dia menghimpun kalian berdua dalam kebaikan” (HR. Tirmidzi dan Abu Dawud)


5 Macam Ucapan Barakallah dengan Penggunaan Tepat

Agar sahabat muslim tidak kebingungan dan memahami dengan benar penggunaan kalimat Barakallah, maka simaklah contoh sekaligus tujuan diungkapkannya ucapan tersebut di bawah ini:


  1. Barakallaah fii Umrik untuk Doa di Hari Kelahiran

Barakallaahu fii umrik berarti ucapan doa bagi seseorang yang sedang berulang tahun karena kalimat tersebut berarti “Semoga Allah selalu melimpahkan berkah atas bertambahnya usiamu. Hukum mengucapkan kalimat ini mubah, artinya boleh dilakukan jika tujuannya baik. Namun sebaiknya tidak dilakukan jika hal tersebut dapat mengakibatkan perilaku munkar dan tidak sesuai kaidah Islam.


  1. Ucapan dan Doa Barakallaah Secara Lengkap untuk Pengantin

Kalimat Barakallah yang lengkap adalah, “Barakallaahu laka wa baaraka’alaiika wa jama’abainakumaa fii khoiir”. Ucapan tersebut merupakan anjuran Rasulullah untuk diberikan kepada pengantin yang sedang mengalami masa bahagia. Maknanya yakni doa kepada Tuhan agar melimpahkan anugerah dan barakah atas sepasang pengantin serta menghimpun dalam kebaikan.


  1. Barakallaahu Lak Sebagai Doa tentang Kenikmatan dan Keberhasilan Seseorang

Barakallaaku lak memiliki arti “semoga keberkahan selalu terlimpahkan kepadamu”. Maksudnya yakni berkah atas kenikmatan yang diberikan oleh Allah kepada seseorang di hadapan kita. Misalnya orang tersebut sedang menuai keberhasilan atas usahanya, pencapaian ilmunya, dan lain sebagainya.


  1. Barakallaahu Lakum untuk Banyak Orang

Barakallaahu laka fii ahlika wa maalika, ucapan tersebut baik diungkapkan untuk seseorang yang berkeluarga karena maknanya sebagai doa agar Allah memberikan berkah atas keluarga sekaligus harta mereka. Ucapan Barakallah yang singkat ditujukan untuk semua orang sekaligus yang sedang berhadapan dengan sahabat muslim sekalian yakni, “Barakallaahu lakum”.

Baca Juga ; Arti Yaumul Milad : Pengertain, Makna dan Penjelasannya


  1. Ucapan Barakallah untuk Perempuan dan Laki-Laki

Sementara jika sahabat muslim ingin mengucapkan Barakallah secara khusus untuk seorang laki-laki maupun perempuan, maka bisa mengucapkan, “Barakallaahu fiika” untuk laki-laki. Dan “Barakallaahu fiiki” untuk perempuan. Namun, pembacaan keduanya tetap sama yakni “Barakallaahu lak” meski kedua tulisannya diakhiri huruf “Ka” dan “Ki”.


Jawaban Ucapan Barakallah

Agar sahabat muslim tidak merasa sungkan ketika seseorang mengucapkan Barakallah kepada kaliam. Maka jawablah kalimat doa tersebut dengan menambahkan kata di depannya, seperti “wa fiika barakallaah” atau “wa fiiki barakallaah” untuk laki-laki dan perempuan.

Setelah sahabat muslim sekalian mengetahui kalimat Barakallah, artinya sekaligus makna dan tujuannya kini jangan sungkan untuk mengucapkan kepada sesama muslim lainnya. Hal tersebut karena ucapan Barakallaah sangatlah penting sebagai doa yang baik bagi seluruh umat Islam.

Pemuda Muslim Yang Hoby Menulis #Publisher #Programmer #Blogger #SEO