Muslimah Harus Tahu Arti Assalamualaikum Ukhti sebagai Salam Sehari-hari!

Posted on

Hai, sobat muslim dan muslimah yang dirahmati Allah! Kalian tentu sering mendengar ucapan salam sekaligus sapaan “ukhti” dari sohib lain yang sedang menyapa kalian. Bagi ikhwan yang hendak menyapa seorang muslimah untuk pertama kalinya juga perlu memanggil “ukhti”. Sebelum dipraktekkan sebaiknya pahamilah maksud Assalamualaikum ukhti, artinya, sekaligus maknanya.Assalamualaikum Ukhti

Arti dari kalimat tersebut penting diketahui oleh semua muslim karena di dalamnya tersirat sebuah doa yang baik. Begitupun ketika sahabat muslim dan muslimah ingin belajar Bahasa Arab, maka yang paling penting untuk diketahui pertama kali sebagai hal paling dasar adalah ucapan salam. Serta ketika semua sedang saling menyapa dengan panggilan “yaa akhi” atau “yaa ukhti”.

Baca Juga : Pengertian, Makna Ucapan Barakallah, Artinya, dan Penggunaan yang Tepat


Pengertian Umum Ucapan Salam “Assalamualaikum Ukhti”

Seperti yang sobat muslim dan muslimah tahu, bahwa kalimat Assalamualaikum termasuk ucapan yang biasa digunakan untuk salam dan sapa kepada sesama muslim. Namun kalian juga bisa mengucapkannya kepada saudara non muslim karena mereka memiliki kosakata yang mirip dalam Kristen yakni Shaloom.

Assalamualaikum memiliki hukum sunnah untuk diucapkan kepada semua orang, tetapi apabila sahabat muslimah bertemu dengan saudara perempuan maka dapat menambahkan sapaan “ukhti”. Ucapan tersebut dapat merekatkan rasa persaudaraan sesama muslim terutama muslimah. Jika seseorang mendengarkan ucapan tersebut maka hukumnya wajib untuk menjawab salam.

Semua muslim dan muslimah telah dianjurkan untuk saling mengucap dan membalas salam baik dengan sapaan akhi atau ukhti, atau tanpa sapaan. Hal tersebut seperti yang telah dicantumkan dalam kitab suci Al Quran di Surah An-Nisa : 86 beserta artinya berikut:

وَإِذَا حُيِّيتُم بِتَحِيَّةٍ فَحَيُّواْ بِأَحۡسَنَ مِنۡهَآ أَوۡ رُدُّوهَآ إِنَّ ٱللَّهَ كَانَ عَلَىٰ كُلِّ شَىۡءٍ حَسِيبًا

“Apabila kamu dihormati dengan suatu penghormatan maka balaslah dengan penghormatan yang lebih baik, atau balaslah dengan yang serupa. Sesungguhnya Allah akan memperhitungkan setiap yang kamu kerjakan.”


Assalamualaikum Ukhti Artinya Secara Bahasa Adalah?

Setelah sahabat muslim dan muslimah tahu mengenai kegunaan penting mengucapkan Assalamualaikum Ukhti kepada saudara atau sohib perempuan. Selanjutnya ketahui juga tentang arti kalimat tersebut dalam Bahasa Arab sekaligus maknanya sehingga membuatnya penting diucapkan.

Baca Juga : Arti Yaumul Milad : Pengertain, Makna dan Penjelasannya

Secara bahasa, Assalamualaikum berasal dari kata Salam atau Assalam dalam Bahasa Arab berarti keselamatan. Kemudian ‘Alaikum yakni berawal dari potongan kata ‘Ala yang artinya untuk atau atas, dan Kum berarti kalian. Jika disambungkan semua kata dalam kalimat Assalamualaikum berarti “Semoga terlimpahkan keselamatan untuk kamu sekalian.”

Sahabat muslimah juga pasti tahu bahwa ucapan salam tersebut akan lebih baik jika ditambahkan dengan kalimat “Warahmatullaahi wa Barakatuh”. Artinya yakni “Dan rahmat Allah dan keberkahanNya.” Sementara tambahan sapaan “ukhti” diperlukan jika sahabat muslimah saling menyapa kepada saudara perempuan, baik laki-laki terhadap perempuan atau sesama perempuan.

Ukhti merupakan sapaan yang biasa ditujukan kepada perempuan, berasal dari kata Ukhtun dengan Ta Marbutho. Huruf akhiran Ta’ tersebut secara khas menunjukkan sifat kebendaan yang melekat pada perempuan, sementara jika ditambahkan Ya maka pelafalannya menjadi Ukhti, berarti saudariku. Kata tersebut bisa diucapkan kepada saudara kandung perempuan, teman, dan lainnya.

Jika kedua kata tersebut digabungkan, “Assalamualaikum ukhti” maka artinya sama seperti doa tentang keselamatan yang ditujukan kepada seorang perempuan. Apabila sahabat muslimah mengucapkan salam kepada banyak perempuan maka sapaan tersebut diganti akhwat. Sapaan dan salam ini diajarkan sebagai sunnah Nabi Muhammad yang perlu diamalkan di kalangan umat Islam.


5 Makna Penting Mengucapkan Assalamualaikum Ukhti kepada Sesama Muslimah

Al-Quran dan Hadist banyak yang menyebutkan keutamaan untuk memberikan salam karena di dalamnya terdapat makna penting. Seperti yang dicantumkan dalam Surah Ali Imran: 103 dengan arti berikut:

Baca Juga : Pengertian Puasa Menurut Bahasa Dan Istilah

“Dan berpeganglah kamu semuanya kepada tali (agama) Allah, dan janganlah kamu bercerai-berai, dan ingatlah akan nikmat Allah kepadamu ketika dahulu (masa Jahiliyah) bermusuh-musuhan, maka Allah mempersatukan hatimu, lalu karena nikmat Allah, menjadilah kamu orang yang bersaudara;

dan kamu telah berada di tepi jurang neraka, lalu Allah menyelamatkan kamu daripadanya. Demikianlah Allah menerangkan ayat-ayat-Nya kepadamu, agar kamu mendapat petunjuk. (QS. Ali Imran: 103)”

Sahabat muslim juga perlu mengetahui keutamaan mengucapkan Assalamualaikum ukhti kepada sesama muslimah karena maknanya sangat penting seperti berikut ini:


  1. Ungkapan Persaudaraan Sesama Muslimah

Ucapan salam yang diungkapkan sahabat muslimah ke sesama perempuan dalam Bahasa Arab tersebut merupakan simbol adanya rasa persaudaraan. Artinya, akhwat sekalian menganggap bahwa perempuan lain sama seperti saudara dan kerabatnya sendiri.


  1. Sebagai Ungkapan Kasih Sayang Pada Saudara Perempuan

Makna di dalam ucapan salam berbahasa Arab tersebut juga mengandung sebuah bentuk kasih sayang akhwat kepada sesama muslimah. Kasih sayang tidak harus diungkapkan dalam pernyataan frontal atau tindakan tetapi bisa juga dari doa dan salam yang dipanjatkan kepada Tuhan untuk sesama perempuan lain.


  1. Doa dan Pemberi Manfaat ke Sesama Muslimah

Ungkapan Assalamualaikum ukhti bagi seluruh perempuan muslim di dalamnya mengandung banyak doa. Sahabat muslimah sama saja dengan mendoakan perempuan lain agar tetap dalam perlindungan Allah di manapun dan kapanpun. Apabila akhwat tidak dapat memberikan sedekah berupa materi atau hal lainnya maka ucapan salam cukup untuk memberi manfaat bagi perempuan.


  1. Sebagai Bentuk Menghargai dan Menghormati Seorang Muslimah

Selain akhwat, ikhwan juga dianjurkan menyapa dan memberikan salam kepada para perempuan dengan doa yang baik. Hal itu dapat dijadikan sebagai bentuk untuk menghargai dan menghormati seorang perempuan sesuai perintah Rasulullah yang mengharuskan laki-laki menjunjung tinggi derajat perempuan. Saat mengucapkannya harus dengan sopan agar perempuan tidak terlecehkan.


  1. Pemberi Rasa Aman dan Keselamatan Kepada Muslimah

Kandungan makna yang ada pada kalimat Assalamualaikum ukhti merupakan doa untuk menjaga keselamatan dan keamanan para perempuan. Bagi akhwat yang mengucapkannya kepada muslimah lain tentu mereka yang menerimanya akan merasa lebih aman karena telah didoakan dengan baik. Sebaliknya, akhwat juga memperoleh doa balasan untuk menjawab salam yang sama baiknya.

Baca Juga : Macam-Macam Puasa Sunnah Hikmah dan Ganjarannya

Penjelasan tentang makna Assalamualaikum ukhti, artinya sekaligus keutamaannya perlu segera dipraktekkan. Agar seluruh umat muslim dapat saling memberikan doa keselamatan tiap saling bertemu satu sama lain. Ucapkan ketika akhwat bertemu dengan perempuan muslim manapun baik yang tidak dikenal maupun yang telah dikenal lebih dekat.

Pemuda Muslim Yang Selalu Memperbaiki Hati dan Diri #Programmer #Blogger #Desainer