Kultum Singkat Tentang Bersyukur Kepada Allah

Posted on

Makna dari bersyukur ini sangat luas dan dalam. Arti dari bersyukur adalah berterima kasih kepada Allah SWT atas segala karunia dan nikmat yang telah diberikan. Dalam memahami makna dari bersyukur itu sendiri, sahabat muslim harus mengikuti kultum singkat tentang bersyukur agar bisa diterapkan di kehidupan kita sehari-hari.Kultum Singkat Tentang Bersyukur

Jangan melihat kehidupan orang lain yang lebih segalanya dari hidup kita sebagai sesuatu yang besar. Hal itu bisa membuat sahabat muslim sekalian menjadi tidak pandai bersyukur. Tapi, cobalah untuk melihat bagaimana orang-orang yang hidupnya serba kekurangan dan masih pandai bersyukur. Tanamkan juga sikap berserah diri pada setiap hasil yang diberikan oleh Allah SWT.

Baca Juga : Kultum Singkat Tentang Sholat


Contoh Kultum Singkat Tentang Bersyukur

Berikut ini ada beberapa contoh dari kultum singkat yang mana isinya adalah tema tentang bersyukur di dalam hidup:


  • Menjadi Manusia yang Pandai Bersyukur

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Segala puji kepada Allah SWT atas segala rahmat dan nikmat-Nya yang selalu dilimpahkan kepada kita semua. Semoga sahabat muslim semua selalu dalam keadaan sehat dan bahagia. Shalawat dan salam juga saya ucapkan kepada Nabi Muhammad SAW yang selalu menjadi penerang bagi umat Islam.

Sahabat muslim yang saya cintai, Allah SWT telah melimpahkan begitu banyak nikmat kepada kita semua setiap harinya. Maka, izinkan saya untuk menyampaikan sedikit saja kultum mengenai bagaimana menjadi manusia yang pandai dalam bersyukur.

Baca Juga : Pidato Singkat Lucu dan Gokil

Jika dibandingkan dengan penguasa alam semesta, yaitu Allah SWT, tentu apa yang kita miliki di dunia ini tidak ada apa-apanya. Seperti yang tercantum di dalam Surat Al-Baqarah ayat 185:

“Dan hendaklah bertakbir atas anugerah yang telah Allah berikan. Semoga kalian menjadi hamba-Nya yang bersyukur.”

Bersyukur menjadi perbuatan hati yang mampu membuat banyak orang merasa damai, bahagia, tenang, dan tentram. Dengan bersyukur, kita akan mendapat kenikmatan serta pahala dari Allah SWT. Seperti yang Allah sampaikan pada Surat Ibrahim ayat 7, yaitu:

“Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah kepadamu, dan jika kamu mengingkari nikmat-Ku, maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih.”

Maka dari itu, dalam kesempatan kali ini saya ingin mengajak sahabat muslim semua untuk belajar bersyukur, belajar mensyukuri segala yang Allah berikan, dan belajar bersyukur atas segala hal yang kita terima dari Allah SWT.

Sekian kultum tentang bersyukur ini, atas kekurangannya saya mohon maaf. Semoga bermanfaat.

Wabilahitaufik walidayah wa ridho wal inayah

Wassalamualaikum Wr. Wb

Baca Juga : Teks Ceramah Tentang Kematian


  • Bersyukur Kepada Allah SWT

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Mari kita panjatkan kepada Allah SWT, segala puji dan rasa syukur yang mendalam atas segala nikmat sehat, rahmat serta keberkahan yang selalu dilimpahkan kepada kita semua. Shalawat dan salam selalu tersampaikan kepada Nabi Muhamad SAW beserta keluarga dan para sahabatnya.

Saya ingin menyampaikan kultum secara singkat dengan tema “Bersyukur Kepada Allah SWT”. Makna paling dasar dari bersyukur adalah berterima kasih serta menerima segala yang Allah beri kepada kita. Anugerah serta nikmat dalam hal apapun yang Allah limpahkan setiap harinya kepada kita. Itulah makna yang paling umum dari bersyukur.

Sebagai makhluk Tuhan yang baik, tentu sahabat muslim semua juga tidak bisa menghitung berapa banyak nikmat yang telah Allah berikan. Maka dari itu, sudah menjadi keharusan bagi seorang muslim untuk bersyukur kepada Allah SWT, karena rasa syukur itu sendiri menjadi bentuk ketaatan kita sebagai hamba-Nya kepada Allah. Dengan bersyukur, kenikmatan yang Allah berikan akan selalu bertambah.

Sayangnya, masih banyak manusia yang sulit untuk mensyukuri nikmat dari Allah SWT dan banyak juga dari kita yang berpikir bahwa nikmat yang Allah berikan, hanya sebatas nikmat dalam bentuk uang/materil saja.

Padahal ada banyak sekali bentuk pensyukuran yang bisa kita berikan atas nikmat yang diperoleh. Allah SWT berfirman di dalam Surat AN-Nahl ayat 83:

Baca Juga : Kultum Singkat Tentang Ikhlas

“Mereka mengetahui nikmat Allah, kemudian mereka mengingkari dan kebanyakan mereka adalah orang orang kafir.”

Maka, janganlah menjadi orang yang kufur nikmat terhadap segala yang telah Allah berikan. Sekian kultum singkat dari saya, semoga bisa bermanfaat bagi kita semua.

Wassalamuailaikum warahmatullahi wabarakatuh.


  • Bersyukur Atas Segala Nikmat yang Diberikan Allah SWT

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Pertama-tama kita panjatkan rasa syukur kepada Allah SWT atas segala rahmat serta karunia yang telah diberikan kepada kita, dan kita bisa berkumpul bersama di hari ini dalam keadaan sehat sejahtera. Dan tak bosan-bosannya juga kita haturkan shalawat dan salam kepada Nabi Muhammad SAW.

Sebagai muslim yang baik, kita harus selalu mengungkapkan rasa syukur kita kepada Allah SWT. Ada banyak sekali nikmat yang Allah berikan kepada kita yang sering kita lupakan atau syukuri. Dengan bersyukur, artinya sahabat muslim berterima kasih kepada Allah, dan tidak memandang banyak atau sedikitnya nikmat tersebut.

Baca Juga : Kultum Singkat Tentang Sedekah

Bersyukur juga bermakna terima kasih dan menerima dengan sepenuh hati atas anugerah yang Allah berikan. Nikmat sehat, nikmat materi, nikmat keimanan, nikmat berpikir dan masih banyak lagi nikmat lainnya yang selalu diberikan Allah SWT kepada hamba-Nya.

Allah SWT tidak akan menyiksa siapapun yang bersyukur, seperti yang tercantum di dalam Surat An-Nisa ayat 147:

“Mengapa Allah akan menyiksamu, jika kamu bersyukur dan beriman, dan Allah adalah Maha Mensyukuri lagi Maha Mengetahui.”

Mudah-mudahan kita termasuk orang-orang yang dirihoi oleh Allah SWT dan diberi kesadaran akan segala nikmat yang sangat besar yang Allah berikan kepada kita.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Baca Juaga : Kultum Singkat Tentang Kejujuran


Contoh kultum singkat tentang bersyukur di atas bisa menjadi panduan sahabat muslim yang ingin menyampaikan kultum. Apabila merasa kesulitan untuk menghafal kultum, sahabat muslim sangat dibolehkan untuk mengganti kalimat sesuai dengan bahasa sendiri.

Pemuda Muslim Yang Hoby Menulis #Publisher #Programmer #Blogger #SEO