Kultum Singkat Tentang Sholat

Posted on

Jenis ibadah yang dilakukan oleh manusia setiap harinya sesuai dengan waktu yang telah ditentukan adalah sholat. Ada lima waktu sholat yang wajib dikerjakan oleh seluruh umat Islam. Namun, apakah semua orang sudah paham akan makna dari sholat itu sendiri? Contoh kultum singkat tentang sholat yang sering menjadi tema di dalam dakwah akan menjadi penerang manusia dalam memahami sholat.Kultum Singkat Tentang Sholat

Bagaimana hubungan manusia dengan sholat dan bagaimana sholat itu bisa menjadi penolong bagi kita? Itulah yang harus sahabat muslim pahami dalam melakukan sholat. Jadi, tidak hanya raga kita saja yang melakukan sholat tetapi tidak dipahami dengan baik. Sholat menjadi pilarnya agama dan pembeda antara status yang bertolak belakang, yaitu sebagai seorang muslim dan seorang kafir.

Baca Juga : Pidato Singkat Lucu dan Gokil


Contoh Kultum Singkat Tentang Sholat


  • Mendirikan Sholat

Bismillaahirrohmanirrohim.

Assalamualaikum warahmatullahi Wabarakatuh.

Segala puji untuk Allah SWT yang sudah memberikan banyak nikmat di kehidupan dunia, serta karunia-Nya yang memberkahi kehidupan kita. Nikmat yang tiada tara yang dilimpahkan pada kita semua. Semoga Allah memberikan hidayah-Nya agar kita senantiasa bersyukur atas semua yang telah diberi.

Shalawat dan salam juga semoga selalu tercurahkan kepada Nabi Muhammad SAW yang telah menuntun umatnya hingga pengikutnya di akhir zaman.

Baca Juga : Teks Ceramah Tentang Kematian

Sahabat muslim yang dimuliakan oleh Allah SWT, saya ingin membahas tentang sholat pada kesempatan pertemuan kita kali ini. Pentingnya mendirikan sholat ini telah disampaikan oleh Allah SWT. Bahkan di dalam hadist Rasulullah disebutkan bahwa sholat adalah tiangnya agama.

Sholat merupakan bangunan paling dasar di dalam agama Islam. Hal itu menjadi analogi paling sederhana mengenai sholat itu sendiri di dalam Islam. Menurut firman Allah yang isinya seperti berikut:

“Dan dirikanlah sholat dan tunaikankanlah zakat dan ruku’lah bersama orang-orang yang ruku.”

Makna dari firman Allah itu adalah sebuah perintah yang memang wajib dilakukan oleh seluruh umat Islam. Ada banyak keutamaan yang besar di dalam sholat tersebut. Seperti yang tertera di dalam hadist Rasulullah SAW:

“Seandainya mereka tahu pahala sholat subuh dan asar, niscaya mereka akan mendatanginya meskipun dengan merangkak.”

Riwayat hadist dari Imam Bukhori itu menegaskan keutamaan dari sholat itu sendiri. Misalnya keutamaan yang bisa sahabat muslim dapatkan dari sholat Subuh, salah satunya adalah adanya persaksian dari malaikat Subuh. Ada banyak juga keutamaan dan pahala yang berlimpah dari sholat wajib lainnya, dari Allah SWT.

Sholat menjadi bukti iman manusia kepada Allah. Dan seperti yang disebutkan oleh Nabi Muhammad SAW, jalankanlah ibadah sholat dengan penuh rasa syukur, lapang hati, keikhlasan, serta istiqomah. Agar kita semua terhindar dari orang-orang yang lalai dalam sholat.

Baca Juga : Kultum Singkat Tentang Ikhlas

Sekian kultum singkat yang saya sampaikan ini mengenai sholat dan maknanya. Semoga bermanfaat bagi sahabat muslim semua dan semoga membawa kebaikan.

Wabillahi taufiq wal hidayah,

Wassalamualaikum warahmatullaahi wabarokaatuh


  • Sholat Adalah Takaran Iman

Assalamualaikum warahmatullahi Wabarakatuh.

Mari kita panjatkan rasa syukur yang mendalam kepada Allah SWT dan segala puji untuk-Nya yang telah merahmati alam semesta beserta isinya. Shalawat serta salam selalu tercurahkan kepada junjungan kita yaitu Nabi Muhammad SAW, serta kepada keluarga dan sahabatnya, semoga kita selalu menjadi umatnya hingga akhir zaman.

Sholat bukan hanya kewajiban yang harus dilakukan oleh seluruh umat muslim, tetapi sholat juga menjadi takaran dari iman seorang manusia.

الصلاه مكيال

“Sholat adalah takaran (timbangan)”

فَمَنْ وَفَّى وُفِّيَ لَهُ

“Siapa yang menunaikannya dengan sempurna diberikan pahalanya secara sempurna”

Perkataan tersebut diucapkan oleh Salman Al-Farisi Radhiyallahu ‘Anhu, yang ditulis kembali oleh Imam Abdullah bin Mubarak Rahimahullah dalam kitab Beliau Az-Zuhud. Sama dengan firman Allah di dalam Al Quran sebagai berikut:

Baca Juga : Kultum Singkat Tentang Sedekah

وَيْلٌ لِلْمُطَفِّفِينَ

“Neraka wail, bagi orang-orang yang melakukan kecurangan pada takaran dan timbangan.”

Mereka yang menambahkan atau mengurangi takaran dengan curang maka akan masuk ke neraka Wail. Apa yang dimaksud dengan Wail? Seorang ulama pernah perkata bahwa Wail itu merupakan lembah neraka yang sangat dalam dengan bau yang busuk dan kotor.

Terbayang jika sahabat muslim berada di ruangan yang sempit, kotor, pengap ditambah dengan baunya yang busuk menusuk hidung. Tentu akan membuat sahabat muslim menjadi tidak nyaman. Bayangkan di neraka Wail yang jauh lebih buruk dari itu.

Maka, berhati-hatilah sahabat muslim sekalian, karena sholat adalah takaran atau timbangan. Barang siapa yang mengurangi takarannya, maka hal itu akan sangat berbahaya bagi orang tersebut. Selain itu, jangan juga meremehkan sholat di dalam hidup sahabat muslim. Maka, jalankanlah sholat wajib setiap hari sesuai perintah Allah.

Sholat juga menjadi pelecut manusia dalam melakukan amal baik dalam hidup. Allah akan memberi ganjaran yang setimpal pada orang-orang yang menaati segala perintah-Nya.

Baca Juga : Kultum Singkat Tentang Kejujuran

Sebagai umat muslim yang baik, tanamkan juga dalam diri sahabat muslim untuk menjadi seseorang yang menyesal jika berbuat dosa, merasa rugi jika meninggalkan sholat, merasa kehilangan waktu ketika melewatkan sholat dan sebagainya. Sikap seperti itu akan menjadi pengingat bagi kita, bahwa sholat itu hukumnya wajib dan harus dilakukan.

Menyesal lah dengan waktu yang sahabat muslim habiskan dengan percuma misalnya hanya bermain game saja, atau hanya bermain media sosial saja.

Demikianlah yang bisa saya sampaikan mengenai sholat yang menjadi takaran dalam iman manusia. Semoga apa yang kita bahas hari ini memberi manfaat dan mendatangkan pahala bagi kita semua.

Wassalamualaikum warahmatullaahi wabarokaatuh.

Baca Juga : Kultum Singkat Tentang Bersyukur Kepada Allah

Kultum singkat tentang sholat yang diuraikan di atas akan menjadi rekomendasi terbaik bagi sahabat muslim sekalian dalam memaknai sholat. Ingatlah bahwa sholat adalah tiang agama yang tidak sepantasnya untuk ditinggalkan.

Pemuda Muslim Yang Hoby Menulis #Publisher #Programmer #Blogger #SEO