Resensi Novel Nebula

Posted on

Resensi Novel Nebula

Novel dengan judul Nebula adalah sebuah novel dari serial Bumi karya Tere Liye. Tentunya novel ini sangat ditunggu-tunggu oleh Sahabat penikmat karya Tere Liye serial Bumi, bukan? Referensi novel Nebula di bawah ini akan memberikan informasi lengkap tentang novel yang satu ini.

Ya, alangkah lebih baiknya jika Sahabat membaca referensi novel ini untuk mengetahui identitas novel, kelebihan novel, kekurangan novel, dan bahkan sinopsis novel Nebula. Yuk langsung saja baca referensi dari novel Nebula di bawah ini!

Identitas Novel

Lihat Juga : Resensi Novel Selamat Tinggal

Tere Liye memang dikenal sebagai sosok penulis yang memiliki banyak ide kreatif dengan penggambaran visual yang imajinatif. Ia sudah menulis banyak novel populer termasuk novel-novel dalam serial Bumi. Berikut ini identitas novel dari serial Bumi yang berjudul Nebula, yaitu:

  • Judul : Nebula
  • Cover buku : Orkha Creative
  • Penulis : Tere Liye
  • Co-Author : Diena Yashinta
  • Penerbit : Gamedia Pustaka Utama
  • Cetakan : 2020 (Cetakan Pertama)
  • Tebal : 375 Halaman
  • Dimensi : 20 cm
  • ISBN : 9786020639543
  • Harga : Rp 85.000

Sinopsis Novel Nebula

Lihat Juga : Resensi Novel Pulang-Pergi

Novel Nebula adalah novel ke-9 dari rangkaian novel dalam serial Bumi. Novel ini harus dibaca setelah Sahabat membaca novel Selena ya karena ceritanya berkesinambungan.

Kisah novel Nebula dimulai ketika Selena, Mata, dan Tazk kebetulan bangun kesiangan padahal harus pagi-pagi datang ke kampus ABBT (Akademi Bayangan Tingkat Tinggi). Karena hampir terlambat akhirnya Selena meminjam kereta terbang X210579 dengan nekat.

Mereka bertiga berangkat bersama, tetapi malah menyebabkan kekacauan hingga gerbong kereta terbang menembus atap aula! Beruntungnya Mata menggunakan kemampuan teleportasi sehingga mereka bertiga selamat.

Kisah seru persahabatan mereka bertiga tidak berhenti di situ, banyak tugas menantang yang harus dikerjakan ketika memasuki tahun kedua perkuliahan. Ya, tingkat kesulitan di tahun kedua memang lebih tinggi.

Selain disibukkan dengan kegiatan kuliah, Selena juga berusaha mencari petunjuk dan melakukan pengintaian sebagai tugas dari sosok misterius. Kenapa ia melakukan tindakan ini? Tentu saja karena Selena mendapatkan ancaman!

Selain menceritakan berbagai petualangan dan kisah seru, novel Nebula juga menceritakan tentang kisah emosional yang menguji ikatan persahabatan Selena, Mata, dan Tazk. Ya, Selena memang lebih banyak menghabiskan waktu bersama Tazk.

Namun, sayangnya Selena malah salah paham dengan sikap Tazk dan kedekatan mereka berdua. Padahal Tazk hanya menganggap Selena sebagai sahabat dan tidak lebih dari itu.

Tazk bahkan lebih sering bertanya kabar dan mencari informasi tentang Mata melalui Selena. Hanya saja Selena tidak peka dan tidak menyadari bahwa yang disukai Tazk bukanlah Selena.

Petualangan berlanjut ketika mereka bertiga melakukan KKN dengan meminjam kapsul milik Flo dan Flau. Ketiga sahabat itu pergi ke klan Nebula untuk menemukan Cawan Abadi.

Di klan Nebula, mereka bertemu dengan Lumpu yang merupakan seorang kepala kampung. Selain Lumpur, mereka juga bertemu Kosong, seorang perempuan tua baik hati.

Di saat Mata asyik bermain dengan anak-anak lain, Selena dan Tazk terlibat dalam percakapan serius. Tazk akhirnya mengungkapkan perasaannya kepada Selena. Ya. Tazk mengatakan kepada Selena bahwa ia menyukai Mata.

Selena tentu saja sangat terpukul mengetahui kenyataan itu. Orang yang dia sukai malah lebih menyukai sahabatnya sendiri. Merasa dikhianati dan dikecewakan, Selena pun akhirnya diam-diam mengambil Cawan Abadi.

Sayangnya, ketika mengambil Cawan Abadi, Selena juga tidak sengaja membangunkan raksasa dan mengganggu kehidupan klan Nebula. Kekacauan besar terjadi di klan Nebula!

DI saat yang sama sosok misterius Tamus menekan sebuah remote control untuk membuat Selena mengikuti semua perintahnya. Selena semakin marah mengetahui bahwa ia hanya dimanfaatkan sebagai sebuah bidak oleh Tamus. Ia pun semakin marah dan membuat keributan besar!

Lalu, apakah Mata dan Tazk akan membantu menyadarkan Selena dan memaafkan perbuatannya? Bagaimana kelanjutan dari kisah persahabatan mereka? Apa yang terjadi dengan Cawan Abadi dan klan Nebula? Temukan jawabannya dengan membaca langsung novel Nebula ya!

Lihat Juga : Resensi Novel Si Anak Pelangi

Kelebihan dan Kekurangan Novel Nebula

Apa kelebihan dan kekurangan dari novel Nebula karya Tere Liye? Berdasarkan sejumlah review dari para pembaca novel Nebula, novel ini memiliki banyak kelebihan dan beberapa kekurangan.

1.     Kelebihan

  • Konsep dan alur cerita sangat menakjubkan, sehingga semakin membuat para pembaca terus penasaran.
  • Memiliki beberapa sisipan tentang wawasan maupun ilmu pengetahuan.
  • Menggunakan beberapa istilah gaul yang sering digunakan para remaja di kehidupan sekarang. Misalnya, galau, baper, halu, dan lain sebagainya.

Lihat Juga : Resensi Novel Lumpu

2.     Kekurangan

Selain memiliki kelebihan, novel ini memiliki beberapa kekurangan, yaitu:

  • Ada kesalahan ketik pada halaman 30 yaitu “Bayangna”, seharusnya “Bayangan”.
  • Ada juga kesalahan tanda baca di halaman 167.

Kekurangan yang dimiliki novel Nebula tidak terlalu fatal karena hanya salah dalam pengetikan. Secara keseluruhan, novel Nebula sangat layak untuk dibaca karena menghadirkan banyak kisah seru dan membuat penasaran!

Resensi Novel Nebula: Pesan dalam Novel Nebula

Selain menghadirkan cerita seru, menarik, dan membuat penasaran, novel Nebula juga memiliki beberapa pesan klasik, yaitu:

  • Kebaikan akan selalu menang melawan kejahatan.
  • Untuk mencapai keberhasilan diperlukan kerja keras dan perjuangan panjang.
  • Harus lebih hati-hati menerjemahkan perilaku orang lain. Jangan sampai salah paham dan menimbulkan pertengkaran.
  • Pengorbanan terkadang harus dilakukan demi kehidupan lainnya.

Selain itu, masih banyak pesan moral lainnya yang penuh makna. Seluruh pesan ini tergambar dengan baik melalui setiap kisah dan kejadian di dalam novel Nebula.

Lihat Juga : Resensi Novel Si Putih

Setelah membaca resensi novel Nabula, pasti Sahabat semakin penasaran dengan cerita lengkapnya, bukan? Langsung saja pergi ke toko buku dan beli novel Nebula untuk mengikuti seluruh petualang seru Selena, Mata, dan Tazk!

Lihat Juga : Resensi Novel Janji

5/5 - (1 vote)
Pemuda Muslim Yang Selalu Memperbaiki Hati dan Diri #Programmer #Blogger #Desainer