Resensi Novel Selena

Posted on

Resensi Novel Selena

Tere Liye merupakan salah satu penulis novel terbaik yang ada di Indonesia. Salah satu novel karyanya berjudul Selena. Bagaimana alur cerita dalam novel Selena? Apa pelajaran penting yang bisa diambil dari novel ini? Jika ingin tahu informasi singkatnya, Sahabat bisa membaca resensi novel Selena.

Ya, di dalam resensi novel ini akan ada informasi lengkap tentang novel Selena termasuk sinopsis dari ceritanya. Buat Sahabat yang penasaran dan ingin membeli novel Selena, tidak ada salahnya untuk membaca resensi-nya terlebih dahulu di sini ya!

Sputar Novel Selena (Novel Serial Bumi ke-8)

Baca Juga : Resensi Novel Nebula

Novel karya Tere Liye yang masuk ke dalam novel Serial Bumi memang memiliki cover atau sampul dengan ciri khas unik dan menarik. Begitu pula dengan cover novel Selena yang menampilkan ciri khas novel Serial Bumi dengan warna dominan hijau.

Selain cover, ada beberapa informasi umum yang harus Sahabat ketahui. Nah, berikut ini identitas buku dari novel Selena, yaitu:

  • Judul : Selena
  • Tahun Terbit : 2020 (Cetakan Pertama)
  • Genre : Novel Remaja
  • Penulis : Tere Liye
  • Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
  • Jumlah Halaman : 368 halaman
  • Dimensi Buku : Panjang 20 cm
  • Nomor ISBN : 9786020639512
  • Harga : Rp 85.000

Sinopsis Novel Selena

Baca Juga : Resensi Novel Selamat Tinggal

Cerita dalam novel Selena memiliki latar di klan Bulan. Judul novel ini merupakan nama sosok guru Matematika, Miss Selena. Walaupun berasal dari klan Bulan, Miss Selena mengajar Matematika di klan Bumi, tepatnya di sekolah Raib, Seli, dan Ali.

Kisah Miss Selena sebenarnya bermula ketika ia masih remaja berusia 15 tahun. Ketika kecil, Selena tinggal di Distrik Sabit Enam. Di usianya yang masih muda, ia sudah menjadi anak yatim piatu karena kedua orang tuanya telah meninggal.

Tidak lama setelah ibunya meninggal, ia mendapat surat wasiat dari ketua Distrik Sabit Enam bernama Togra. Setelah mengetahui isi dari surat wasiat tersebut, Selena pun pergi dan tinggal di Kota Tishri bersama dengan Paman Raf. Perjuangannya untuk pergi ke kota itu pun tidak mudah, beruntungnya para tetangganya sangat baik dan memberikan uang sebagai bekal.

Ketika tinggal bersama Paman Raf, Selena ikut membantu dengan tim pekerja untuk mengerjakan konstruksi lorong di bawah tanah. Walaupun Bibinya tidak setuju, Paman Raf tetap meminta Selena untuk melakukan pekerjaan tersebut.

Selena bisa menyesuaikan diri bahkan seringkali memberikan solusi di tempatnya bekerja. Ketika suatu hari ketua proyek dan insinyur tidak bisa menemukan jalan keluar, Selena membantu mereka dengan saran yang hebat.

Ya, Selena memang sosok pekerja keras yang mampu berpikir dengan akurat dan detail. Selena bahkan dapat memadukan dinding dengan tampilan seperti peta digital atau proyeksi 4D di dalam pikirannya.

Setelah kejadian tersebut, Aq sebagai mandor proyek memutuskan untuk melatih dan membantunya belajar menjadi pekerja konstruksi terbaik. Selena mengambil kesempatan itu dengan sangat baik. Ia belajar dari Aq tentang perhitungan dan ilmu konstruksi lainnya. Ia pun mengikuti kursus atau sekolah tentang perhitungan dasar.

Tiga tahun kemudian, Selena mulai mempersiapkan diri agar diterima masuk di kampus impiannya, yaitu Akademi Bayangan Tingkat Tinggi (ABTT). Namun, ia mengalami sedikit kesulitan ketika ujian kekuatan klan Bulan. Ya, Selena memang tidak terlalu menguasainya.

Untung saja ada ada seseorang bernama Tamus yang membantunya membuka kunci segel kemampuan teknik bertarung pada diri Selena. Tamus sebenarnya merupakan sosok yang misterius. Ia membantu Selena karena memiliki maksud tersembunyi.

Kampus ABTT terletak di Distrik Lembah Gajah. Gedungnya terlihat sangat megah, modern, dan futuristik. Selena nekat datang ke kampus tersebut untuk membuktikan bahwa ia layak diterima di sana.

Aksi Selena terbilang cukup nekat karena menerobos acara inagurasi mahasiswa baru dan mengakibatkan adanya pertempuran. Di dalam pertempuran itu, Selena mendapat bantuan dari Mata dan Tazk.

Mata adalah sosok gadis yang berasal dari keturunan murni klan Bulan di Distrik Sungai-sungai yang jauh. Tazk adalah mantan anggota boyband yang juga cucu mantan Panglima Pasukan Bayangan. Kejadian pertarungan di acara inagurasi membuat mereka bertiga menjadi sahabat baik.

Namun, ternyata pertempuran itu adalah awal dari masalah-masalah dan petualangan seru lainnya dari ketiga sahabat ini.

Bagaimana petualang seru yang dihadapi Selena, Mata, dan Tazk? Apakah mereka berhasil menyelesaikan pendidikan di Akademi Bayangan Tingkat Tinggi (ABTT)? Lalu, apa maksud tersembunyi dari sosok misterius Tamus?

Penasaran dengan kisah tiga sahabat ini? Langsung saja baca cerita lengkapnya di novel Selena ya! Dijamin deh Sahabat akan ikut merasakan petualangan seru dan menantang!

Baca Juga : Resensi Novel Pulang-Pergi

Kelebihan dan Kekurangan

1.     Kelebihan

  • Memiliki cerita dengan sudut pandang berbeda dari serial novel Bumi biasanya.
  • Penggambaran cerita sangat bagus.
  • Alur cerita mudah dipahami.
  • Cerita yang disampaikan juga sangat menarik.

2.     Kekurangan

  • Ada sedikit cerita atau penggambaran yang monoton ketika mata kuliah Teknik Bertarung.
  • Ada beberapa istilah yang sulit dimengerti.
  • Ada kesalahan penulisan di halaman 43 yaitu kata “bertengar” yang harusnya “bertengkar”.

Resensi Novel Selena: Unsur Intrinsik dan Unsur Ekstrinsik

Baca Juga : Resensi Novel Si Anak Pelangi

Unsur intrinsik yang sangat berpengaruh adalah alur dan tokoh. Novel Selena memiliki alur maju sehingga mudah dipahami. Tokoh utama dalam novel ini bernama Selena, Mata, dan Tazk yang memiliki karakter dengan kekuatannya masing-masing.

Unsur ekstrinsik berupa unsur sosial yang menceritakan persahabatan antara Selena, Mata, dan Tazk. Selain itu, di dalam novel ini juga menceritakan hubungan antar tokoh, baik itu dengan tokoh utama maupun tokoh pendukung.

Baca Juga : Resensi Novel Lumpu

Resensi novel Selena merupakan penggambaran secara umum tentang isi novel karya Tere Liye. Sinopsis novel ini pasti memancing rasa penasaran Sahabat, bukan? Langsung saja beli dan nikmati keseruan petualangan di novel Selena!

Baca Juga : Resensi Novel Si Putih

Pemuda Muslim Yang Selalu Memperbaiki Hati dan Diri #Programmer #Blogger #Desainer