Khasiat Zikir Hari Sabtu

Posted on

Zikir Hari Sabtu

Dalam Islam, zikir berarti mengingat Allah di dalam hati dan menyebut-Nya dengan lidah. Zikir adalah cara yang sangat ampuh dan sederhana untuk beribadah kepada Allah. Zikir juga membawa banyak manfaat jika Sahabat Muslim mau mengamalkannya. Adapun salah satu zikir yang bisa untuk Sahabat Muslim amalkan adalah zikir hari Sabtu.Zikir Hari Sabtu

Zikir ini bermaksud untuk memuji dan memuliakan Allah dan menunjukkan rasa syukur kita kepada-Nya dan mengakui keagungan-Nya. Zikir membuat Sahabat Muslim menjadi lebih dekat dengan Allah. Berikut adalah bacaan dari zikir Sabtu dan apa saja manfaat melafalkan zikir ini secara istiqomah.

Baca Juga : Keistimewaan Zikir Hari Rabu


Bacaan Zikir Sabtu

Zikir Sabtu adalah salah satu dari amalan zikir harian yang banyak disarankan oleh beberapa ulama untuk dilafalkan umat muslim. Zikir Sabtu mewajibkan Sahabat Muslim untuk membaca kalimat :

“Laa illaaha illallah”

Sahabat Muslim pasti tidak asing dengan kalimat “Laa illaaha illallah” bukan? Nah, ternyata kalimat syahadat ini bisa digunakan sebagai sarana berzikir kepada Allah SWT.

 “La ilaha illallah” bukan hanya sekedar kalimat syahadat yang bisa membuat seseorang beriman dan masuk Islam.

Kalimat zikir ini juga menunjukkan bahwa Sahabat Muslim menyangkal semua Tuhan yang ada selain Allah dan menerima Allah sebagai satu-satunya Tuhan semesta alam dan segala isinya. Seseorang tidak bisa disebut sebagai umat Islam jika ia tidak beriman dan berpegang pada prinsip “la illaha illallah”.

La illaha illallah adalah kepercayaan pada ketuhanan Allah yang disebut sebagai “rubbiyyah”. Kalimat ini menunjukkan keimanan dan percaya bahwa Allah adalah satu-satunya kekuatan yang menciptakan, memberi hidup dan mati, dan memelihara urusan semua yang ada di alam semesta ini.

La illaha illallah adalah kepercayaan pada sifat ketuhanan (disebut sebagai “uluhiyyah”), yang berarti percaya bahwa Allah adalah satu-satunya Tuhan yang harus Sahabat Muslim sembah.


Cara Mengamalkan Zikir Hari Sabtu

Lalu bagaimana cara untuk mengamalkan zikir Sabtu ini? Ada beberapa adat atau etika yang harus Sahabat Muslim lakukan ketika hendak mengamalkan zikir tentang ketauhidan ini. Berikut adalah cara untuk mengamalkan zikir Sabtu :

  1. Bersuci, bisa dengan wudu atau mandi.
  2. Tenang dan diam.
  3. Duduk di sebuah tempat yang suci.
  4. Zikir sambil menghadap kiblat.
  5. Menekankan kalimat zikir “La ilaha illallah” dengan khusyu’ dan penuh penghayatan.
  6. Abaikan segala entitas selain Allah, Tuhan Sahabat Muslim semua.
  7. Bacalah zikir sebanyak 100 kali atau semampunya.
  8. Jika sudah selesai berzikir, maka Sahabat Muslim jangan langsung minum air putih! Zikir menghadirkan rasa tenteram atas kehadiran Allah dan jika langsung minum, maka rasa tenteram itu akan langsung padam dalam hati.

Khasiat Zikir Hari Sabtu

Mengatakan “la illaha illa allah” sama halnya menegaskan keimanan Sahabat Muslim. Tapi tahukah Sahabat Muslim, bahwa mengatakan kalimat zikir satu ini juga memiliki banyak manfaat di sisi Allah ?

 Lalu apa sih manfaat yang akan Sahabat Muslim dapatkan dengan mengamalkan zikir Sabtu ini? Berikut adalah beberapa manfaat yang bisa memotivasi Sahabat Muslim untuk berzikir “la illaha illa allah” dengan istiqomah.


  1. Wajahnya Bersinar Pada Hari Kiamat

Jika Sahabat Muslim senantiasa mengamalkan zikir Sabtu ini, maka ketika hari akhir itu tiba, wajah Sahabat Muslim akan bersinar. Nabi Muhammad sendiri pernah mengatakan, bahwa siapapun umatnya yang zikir 100 kali dengan mengucapkan kalimat syahadat, maka wajahnya akan bersinar bagai bulan purnama saat hari kiamat.

Baca Juga : Fadhilah Zikir Hari Kamis bagi Umat Muslim


  1. Diampuni Dari Segala Dosa

Jika Sahabat Muslim ingin segala dosa masa lalu digugurkan dan dimaafkan, maka amalkan dengan konsisten zikir Sabtu ini. Kalimat zikir Sabtu ini tidak hanya bisa menggugurkan dosa saat ini saja, namun juga di masa lalu dan yang akan datang.

Rasulullah pernah berkata, siapapun umatnya yang mengucapkan kalimat syahadat ini, maka ia akan diampuni segala dosanya.


  1. Aman Dari Siksaan Api Neraka

Mengamalkan zikir Sabtu juga bisa membantu Sahabat Muslim terhindar dari siksaan api neraka. Nabi Muhammad pernah berkata, bahwasannya siapapun umatnya yang selalu membasahi mulutnya dengan kalimat zikir, maka umat itu akan dilindungi oleh Nabi. Siapapun yang dilindungi oleh Nabi, maka ia tentu akan terlindungi pula dari siksaan neraka.


  1. Masuk Surga

Apabila Sahabat Muslim mau istiqomah mengucapkan kalimat zikir Sabtu ini dengan penuh keikhlasan dan kemurnian di dalam hatinya, maka amalan zikir ini bisa mengantarkan Sahabat Muslim untuk bisa masuk ke dalam surga-Nya.


  1. Tidak Ditanya Tentang Dosanya di Akhirat

Mengamalkan zikir Sabtu juga bisa membuat Sahabat Muslim terhindar dari pertanyaan mengenai dosa apa saja yang telah dilakukan selama di dunia. Sebagaimana disampaikan oleh Rasul dalam hadisnya :

“Barang siapa yang awal perkataannya laa ilaha illalloh dan akhir perkataannya laa ilaha illalloh dan melakukan seribu kesalahan (dosa kecil) dan jika dia hidup seribu tahun, maka Allah tidak akan menanyakan satu dosa pun”.


  1. Mendapatkan Pahala

Kalimat zikir “la illaha illa allah” yang diucapkan secara istiqomah juga bisa membantu Sahabat Muslim untuk mendapatkan pahala dari Allah SWT.

Baca Juga : Cara Mengamalkan Zikir Hari Ahad

Banyak sekali bukan manfaat yang akan Sahabat Muslim dapatkan jika mau istiqomah mengamalkan zikir hari Sabtu? Jadi mengapa tidak kita amalkan zikir-zikir kepada Allah di setiap saatnya?

Pemuda Muslim Yang Hoby Menulis #Publisher #Programmer #Blogger #SEO