Ceramah Singkat Tentang Ibu

Posted on

Ibu menjadi orang yang melahirkan kita ke dunia. Bukan hanya melahirkan, tapi ibu juga menjaga dan merawat kita sejak di dalam kandungan. Ibu adalah orang yang rela bersakit-sakit selama masa kehamilan demi anak yang dicintainya. Untuk sahabat muslim yang ingin memuliakan ibunya, sebaiknya belajar dari isi ceramah singkat tentang ibu.Ceramah Singkat Tentang Ibu

Segala hal yang dilakukan oleh ibu kepada anak-anaknya, kelak harus dibalas dengan sikap berbakti kepada ibu atau kepada orang tua. Surga berada di telapak kaki ibu itu adalah hal yang benar-benar terjadi, sehingga lakukanlah segala hal dalam hidup yang diiringi dengan ridha dari ibu.

Baca Juga : Teks Ceramah Lucu Tentang Cinta


Contoh Ceramah Singkat Tentang Ibu


  • Berbakti Kepada Ibu

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Dalam kesempatan kali ini kita bisa berkumpul bersama dalam keadaan sehat walafiat. Alhamdulilah kita panjatkan puji dan syukur kepada Allah SWT atas karuania sehat yang dilimpahkan kepada kita semua.

Sahabat muslim yang saya cintai, anjuran untuk selalu berbakti kepada orang tua terutama kepada ibu bisa ditemukan di dalam firman Allah SWT, yaitu:

وَوَصَّيْنَا الْإِنسَانَ بِوَالِدَيْهِ إِحْسَاناً حَمَلَتْهُ أُمُّهُ كُرْهاً وَوَضَعَتْهُ كُرْهاً وَحَمْلُهُ وَفِصَالُهُ ثَلَاثُونَ شَهْراً حَتَّى إِذَا بَلَغَ أَشُدَّهُ وَبَلَغَ أَرْبَعِينَ سَنَةً قَالَ

رَبِّ أَوْزِعْنِي أَنْ أَشْكُرَ نِعْمَتَكَ الَّتِي أَنْعَمْتَ عَلَيَّ وَعَلَى وَالِدَيَّ وَأَنْ أَعْمَلَ صَالِحاً تَرْضَاهُ وَأَصْلِحْ لِي فِي ذُرِّيَّتِي إِنِّي تُبْتُ إِلَيْكَ وَإِنِّي مِنَ

الْمُسْلِمِينَ

“Kami perintahkan kepada manusia supaya berbuat baik kepada dua orang ibu bapaknya, ibunya mengandungnya dengan susah payah, dan melahirkannya dengan susah payah (pula). Mengandungnya sampai menyapihnya adalah tiga puluh bulan, sehingga apabila dia telah dewasa dan umurnya sampai empat puluh tahun ia berdo’a: “Ya Tuhanku, tunjukilah aku untuk mensyukuri nikmat Engkau yang telah Engkau berikan kepadaku dan kepada ibu bapakku dan supaya aku dapat berbuat amal yang saleh yang Engkau ridhai. Berilah kebaikan kepadaku dengan (memberi kebaikan) kepada anak cucuku. Sesungguhnya aku bertaubat kepada Engkau dan sesungguhnya aku termasuk orang-orang yang berserah diri.” (Qs. Al-Ahqaaf : 15)

Baca Juga : Kultum Singkat Tentang Sholat

Ayat di atas menggambarkan tentang seorang ibu yang mengandung anaknya selama 9 bulan dengan susah payah, ditambah lagi dengan masa menyusui selama 2 tahun. Maka, agama mengajarkan untuk selalu dahulukan ibu setelah itu Bapak, karena pengorbanan seorang ibu itu jauh lebih besar.

Nabi Muhammad SAW pun sering mengajarkan umatnya untuk selalu berbakti kepada orang tua terutama ibu. Nabi Muhammad SAW juga menyebutkan bahwa ibu adalah seorang wanita yang hatinya sangat mulia dan harus kita bahagiakan.

Sahabat muslim tentu tahu cerita tentang Malin Kundang yang melawan atau durhakan kepada ibunya, kemudian dikutuk menjadi batu. Namun, di zaman sekarang banyak anak yang durhaka karena sering berbohong, berucap kasar, memerintah, atau menyuruh-nyuruh ibunya, sampai berlaku kasar kepada orang tua.

Padahal, seorang ibu akan mengandung, melahirkan dan menyusui anaknya dengan rasa ikhlas walaupun itu berat. Sampai kita dewasa, kasih sayang ibu tidak akan pernah hilang. Itulah sebabnya kita harus menyayangi ibu lebih dari rasa sayang kita kepada orang yang lainnya.

Baca Juga : Pidato Singkat Lucu dan Gokil

Rasulullah SAW juga bersabda tentang seorang ibu yang musyrik, “Ya, tetaplah kamu menyambung silaturrahmi dengan ibumu.” (HR. Muttafaqun ‘Alaih).

Jelas sudah bahwa kasih sayang seorang ibu itu tidak terhingga dan tidak mengharap imbalan/pamrih. Sekian kultum dari saya, semoga bermanfaat dan membawa kebaikan bagi kita semua.

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.


  • Berbuat Baik Kepada Ibu

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Puji serta syukur kita ucapkan kepada Allah SWT yang telah mencurahkan segala rahmat, berkah dan nikmat yang jumlahnya tak terhingga. Kesehatan dan karunia yang kita nikmati hari ini juga tak lain adalah berkah dari Allah SWT.

Shalawat dan salam kita haturkan juga kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW. Semoga selalu terlimpahkan berkah yang serupa kepada keluarga dan para sahabatnya.

Baca Juga : Teks Ceramah Tentang Kematian

Sahabat muslim yang saya hormati, mengutip firman Allah yang tertera di dalam Al Quran surat Al-Isra, yaitu:

“Dan Tuhanmu telah memerintahkan agar kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah berbuat baik kepada ibu-bapak. Jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berusia lanjut dalam pemeliharaanmu, maka jangan sekali-kali mengatakan ‘Ah’ dan janganlah engkau membentak keduanya, dan ucapankanlah kepada keduanya perkataan yang baik.”

Terdapat suruhan kepada setiap anak yang harus menghormati orang tuanya terutama ibunya dalam kehidupan ini, pada surat tersebut. Berkat orang tualah kita berada di dunia ini, karena ibulah yang menjaga dan merawat anaknya sampai anaknya dewasa. Allah SWT memberikan amanat-Nya melalui ibu.

Seorang ibu mengandung, melahirkan, menyusui, dan membesarkan anaknya dengan bersusah-susah. Itulah sebabnya terdapat pepatah yang menegaskan bahwa kasih ibu sepanjang masa. Artinya kasih sayang dari seorang ibu memang tidak terhingga dan berkat jasanya tersebut, sebagai anak kita wajib berbuat baik kepada ibu sampai akhir hayatnya.

Selain berbuat baik, sahabat muslim juga harus senantiasa mendoakan mereka. Selagi mereka ada di dunia ini, maka bahagiakanlah mereka dan muliakan juga hidup mereka. Jaga ucapan kita terhadap ibu, jangan bernada tinggi atau bahkan kasar. Jangan juga menolak apa yang diperintahkannya dan jangan menggerutu.

Selama ibu mengajarkan hal yang baik, maka ikutilah. Seorang ibu sering didefinisikan sebagai seseorang yang galak dan cerewet, tetapi hal itu karena ia sangat menyayangi anaknya dan tak mau anaknya terluka.

Semoga kita menjadi salah satu orang yang berbakti kepada ibu, selalu berbuat baik dan membahagiakannya. Sekian kultum singkat mengenai ibu yang saya sampaikan ini. Semoga apa yang kita bahas hari ini menjadi berkah bagi kita semua.

Baca Juga : Kultum Singkat Tentang Ikhlas

Wabilahi taufik wal hidayah, wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Ceramah singkat tentang ibu yang disampaikan di atas bisa menjadi cerminan bagi kita semua. Sahabat muslim, marilah memuliakan orangtua, terutama ibu, agar mendapatkan ridha dari Allah, karena ridha ibu juga ridha Allah SWT.

Pemuda Muslim Yang Hoby Menulis #Publisher #Programmer #Blogger #SEO