Teks Ceramah Lucu Tentang Cinta

Posted on

Dalam cinta, konteksnya bisa berupa apa saja dan bisa untuk siapa saja. Cinta identik dengan pasangan atau lawan jenis. Namun sebenarnya tidak selalu seperti itu, karena cinta yang kita rasakan dan berikan bisa untuk siapa saja, misalnya orang tua, kakak, adik, atau sahabat. Teks ceramah lucu tentang cinta bisa menjadi pedoman yang tepat, karena sesuatu yang lucu biasanya lebih disukai banyak orang.Teks Ceramah Lucu Tentang Cinta

Sebuah ceramah yang isinya lucu dan membuat banyak orang tertawa tentu akan lebih menarik perhatian. Supaya semakin banyak orang yang datang ke pengajian, setidaknya untuk mendengarkan dan melakukan hal-hal baik yang disampaikan di dalam ceramah tersebut. Tujuan dari ceramah ini memang untuk menyiarkan kebaikan dan ajakan untuk beribadah, tapi disampaikan dengan cara lucu.

Baca Juga : Kultum Singkat Tentang Sedekah


Contoh Teks Ceramah Lucu Tentang Cinta

Dalam menyampaikan ceramah tentu juga harus berstrategi, misalnya dengan memilih kata/kalimat yang mengundang tawa seperti contoh teksnya di bawah ini:


  • Budaya Pacaran dalam Islam

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,

Bismillahirrahmanirrahim, alhamdulillahirrahmanirrahim.

Mari kita ucapkan puji serta syukur hanya kepada Allah SWT atas segala rahmat, hidayah, dan taufiknya pada seluruh hamba-Nya. Sehingga, kita senantiasa berkumpul dalam kesempatan yang baik untuk membahas sesuatu yang baik dalam keadaan sehat.

Semoga tercurahkan juga kepada Nabi Muhammad SAW shalawat dan salamnya, serta kepada keluarga dan para sahabat beliau.

Sahabat muslim yang ceria selalu, saya ingin membahas tentang cinta yang selalu berkaitan dengan pasangan atau kekasih. Makna cinta itu sendiri sebenarnya sangat beragam. Seperti yang selalu diucapkan oleh mereka yang sedang jatuh cinta, hidup tanpa cinta seperti berdiri di tepi tebing curam, tetapi rasanya akan semakin gelap gulita apabila tiada rindu di dalamnya.

Baca Juga : Kultum Singkat Tentang Kejujuran

Ucapan tentang cinta itu memang cukup menggelikan, apalagi hal itu diucapkan oleh orang yang dimabuk cinta. Bagai sayur tanpa garam bila kita hidup tanpa cinta atau bagaikan pasir yang tak bisa digenggam dengan erat. Ada banyak lagi ungkapan cinta lainnya yang memiliki maknanya masing-masing.

Bentuk cinta dalam hidup manusia terbagi dalam tiga jenis yaitu cinta kepada Allah SWT, kepada Nabi Muhammad SAW, dan kepada sesama manusia yang bisa siapa saja. Cinta itu sendiri sering disebut sebagai sesuatu yang berjuta makna dan arti.

Terlepas dari itu, dalam kehidupan kita sehari-hari mulai banyak terjadi budaya pacaran khususnya pada anak remaja. Budaya pacaran ini menjadi budaya yang familiar di kehidupan masyarakat tetapi hal itu sangat dilarang oleh Allah SWT. Lucunya, generasi zaman sekarang saling memanggil ayah dan bunda padahal bukan merupakan suami istri. Hal ini tentu harus menjadi perhatian kita semua.

Bagi sahabat muslim yang masih bercinta-cintaan dengan lawan jenis, sebaiknya segeralah dihentikan. Move on dari sekarang dan jalani kehidupan yang diridhai oleh Allah. Sahabat muslim juga harus mampu melupakan mantan, karena mantan hanyalah bagian dari sejarah dan merupakan peninggalan sejarah di masa lampau.

Sekian ceramah singkat saya tentang cinta dalam konteks budaya pacaran ini. Mohon maaf jika masih banyak kekurangan. Terima kasih.

Wassalamualaikum warakhmatullahi wabarakaatuh.

Baca Juga : Kultum Singkat Tentang Bersyukur Kepada Allah


  • Cinta Bagi yang Jomblo

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Sahabat muslim yang saya cintai, mari kita panjatkan terlebih dahulu puja dan puji kepada Allah SWT. Alhamdulilah, berkat rahmat-Nya kita dapat berkumpul bersama di sini dan dilimpahi karunia dari-Nya. Sholawat dan salam tak lupa kita ucapkan juga kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW, juga kepada keluarga dan para sahabatnya yang senantiasa memberikan pedoman kebaikan.

Ijinkan saya untuk berceramah sedikit saja mengenai tema cinta dalam konteks berpacaran dengan lawan jenis. Jika dibolehkan maka saya akan lanjut tetapi jika tidak dibolehkan, maka saya akan pulang saja ke rumah. Hehehe.

Banyak sekali kemirisan yang terjadi di kehidupan pemuda-pemudi kita dengan tren berpacaran. Tak punya pacar dengan status jomblo itu dibilang sebagai sesuatu yang menyedihkan. Padahal memang benar, hehehe. Becanda ya, sahabat muslim.

Baca Juga : Ceramah Singkat Tentang Ibu

Namun, sebenarnya dalam konteks agama islam tidak ada yang namanya menyedihkan dalam kesendirian tanpa pasangan. Siapa bilang pacaran itu enak? Karena sekalinya patah hati atau putus cinta saja sahabat muslim bisa mewek sampai galau berkepanjangan. Atau bisa juga curhat online di Facebook masalah putus cinta.

Ada juga yang berpacaran, tapi seringnya galau. Ya, gimana bisa kayak gitu sahabat muslim. Jadi, jangan hanya membayangkan yang indah-indahnya saja pada berpacaran ini. Artinya, tak ada gunanya pacar-pacaran cinta-cintaan. Apalagi yang jadi pacar belum tentu yang akhirnya menemani kita di pelaminan.

Banyak juga, kan, kasus pacaran bertahun-tahun tapi menikahnya dengan orang lain. Kalau mengutip bahasa dari meme, capeknya jagain jodoh orang. Hehehe.

Bahkan menurut pelawak Cak Lontong, cinta itu memang sebuah pengorbanan. Tapi kalau kita berkorban terus, ya itu bukan cinta, tapi namanya penderitaan.

Maka dari itu, cintalah hanya kepada Allah dan mencintai sesama tidak usah berlebihan tetapi secukupnya saja. Sekian ceramah singkat yang saya sampaikan ini. Semoga kedamaian dan keberkahan selalu menyertai kita semua. Terima kasih.

Wassalamualaikum warakhmatullahi wabarakaatuh.

Baca Juga : Kultum Singkat Tentang Sholat

Contoh-contoh teks ceramah lucu tentang cinta di atas bisa menjadi referensi menarik untuk para sahabat muslim. Biasanya ceramah yang lucu-lucu justru bisa tersampaikan dengan baik, lho. Pasalnya, cara penyampaiannya santai dan membuat tertawa.

Pemuda Muslim Yang Hoby Menulis #Publisher #Programmer #Blogger #SEO