Khasiat dan Manfaat Hizib Barqi

Posted on

Pengertian Hizib Barqi

Jenis hizib dalam ilmu hikmah sangatlah banyak, salah satunya adalah hizib barqi. Masing-masing hizib mempunyai manfaat yang berbeda-beda. Ada yang sebagai perlindungan, memberi kekayaan, kesembuhan, kewibawaan dan lain-lain. Agar sahabat muslim bisa menguasai hizib maka harus menjalankan tirakat batin. Hizib Barqi

Hizib merupakan sekumpulan do’a khusus yang disatukan oleh Auliya dan bersumber pada Al-Qur’an, hadits maupun amalan dari sahabat serta tabiin. Apabila diamalkan sesuai anjuran maka do’a tersebut mustajab. Sahabat muslim juga akan mendapatkan kekebalan dan kekuatan sehingga bisa melindungi diri dari niat jahat orang lain.

Baca Juga : Keutamaan dan Tata Cara Membaca Hizib Bahr


Bacaan Hizib Barqi

Hizib ini bacaanya pendek dan sangat mudah untuk dilafalkan tidak seperti hizib lainnya yang rata-rata panjang sehingga sulit dihafalkan. Namun, untuk menguasainya  cukup susah sehingga tidak semua orang mampu melampaui ujiannya. Bacaannya adalah sebagai berikut:

Artinya:

“Aku bersaksi bahwasanya tiada Tuhan selain Allah dan aku bersaksi bahwasanya Muhammad adalah utusan Allah. Dengan nama-Mu kami menolak musuh-musuh dari segala arah. Dengan nama Allah kami melempari mereka dari jauh dengan keceraiberaian. Engkau adalah tempat aku berharap. Ya Tuhanku dan Tuanku, maka cerai beraikanlah persatuan tentara (musuh), bila mereka bermaksud jahat kepadaku, maka mendidihlah mereka.”

Bacaannya pendek namun khasiatnya sangat mujarab, hal ini dikarenakan mempunyai kekuatan besar. Bark merupakan kata di dalam bahas arab yang artinya adalah halilintar sehingga oleh para ulama sering disebut dengan hizib halilintar.

Baca Juga : Bacaan Wirid Sakran Beserta Manfaatnya

Hizib bersifat sangat mahsyur sebagai benteng pertahanan diri dan untuk menaklukkan musuh yang jahat. Meskipun bacaannya pendek namun jangan disepelekan karena efeknya begitu dahsyat. Hal ini bisa terjadi atas izin dari Allah SWT.

Hikmah yang terkandung di dalamnya tidak ditujukan untuk membanggakan diri, bersikap sombong, angkuh, menganiaya, melakukan kejahatan, berniat buruk atau berbuat kerusakan. Apabila digunakan untuk tujuan tersebut maka justru membahayakan bagi orang yang mengamalkannya.

Apabila diamalkan untuk kebaikan dan tujuan positif maka hikmah yang akan diperoleh sangat dahsyat dan luar biasa. Efeknya tidak hanya dirasakan oleh diri sendiri saja melainkan orang lain juga dapat mengambil hikmahnya. Sahabat muslim yang diberkahi Allah, jika hendak menguasai hizib secara sempurna tentu membutuhkan bimbingan langsung dari seorang guru mursyid.


Cara Melakukan Amalan

  1. Menjalankan puasa mutih selama 7 hari.
  2. Saat berbuka puasa tidak diperkenankan mengkonsumsi makanan yang bernyawa seperti daging hewan, ikan dan telur.
  3. Saat menjalankan tirakat puasa, hizib dibaca sebanyak 77 kali ketika maghrib dan 77 kali di waktu subuh.
  4. Setelah selesai tirakat, hizib hanya dibaca 3 kali saja sehabis sholat maghrib dan 3 kali usai shubuh.
  5. Sahabat muslim dianjurkan untuk membaca terlebih dahulu surat Al-Fatihah untuk ditujukan kepada Rasulullah SAW, kemudian Nabi Hiri, Wa Ilyas, malaikat Mukorrobin, Kutubul Aulia, Ruh Wali Songo, kedua orang tua, kaum muslimin dan Khadim, masing-masing satu kali.

Baca Juga : Manfaat Mengamalkan Sholawat Jibril 500x

Adapun hal-hal yang harus diperhatikan sebelum mengamalkan adalah amalan keilmuan harus didapat melalui ijazah yang diberikan seorang guru dan dibimbing secara langsung. Lalu, meminta do’a dan restu dari kedua orang tua.

Sahabat muslim tidak dianjurkan untuk mempelajari ilmu lewat buku, kitab atau catatan tentang ilmu kecuali telah memperoleh ijazah. Hal ini dikarenakan banyak orang menjadi gila akibat mempelajari ilmu pada buku namun orang tersebut tidak berhasil memahaminya. Oleh karena itu, sebelum diamalkan harus paham terlebih dahulu atau bertanya kepada seorang guru.


Khasiat dan Manfaat


  • Membuat Musuh Takut

Membaca hizib berfungsi melindungi dari serangan musuh karena dapat membuat hati musuh bergetar. Dengan demikian, musuh menjadi ketakutan dengan sekali gertakan kemudian akan lari kencang. Caranya sahabat muslim baca di dalam hati sebelum pergi menghadapi musuh.


  • Mengelabuhi Musuh

Saat musuh dibacakan hizib maka membuat mata dan telinganya menjadi buta serta tuli. Dengan demikian, para musuh tidak dapat melihat dan mengetahui keberadaan sahabat muslim semua serta tidak bisa mendengar suara apa pun.

Baca Juga : Khasiat Zikir Hari Senin


  • Menggagalkan Niat Jahat Musuh

Apabila ada musuh yang ingin mencelakai maka tidak akan pernah terwujud. Hal ini dapat terjadi karena dengan mambaca hizib bisa menaklukkan musuh sehingga bertekuk lutut memohon ampun karena sudah tidak berdaya untuk melakukan perlawanan.


  • Dihargai Orang Lain

Orang lain akan lebih menghargai dan menghormati orang yang membaca dan mengamalkannya. Selain itu, juga menjadikan sikap orang lain lebih baik, lebih sopan, dan segan terhadapnya. Hal ini dikarenakan sahabat muslim akan menjadi sosok orang yang  bijaksana.


  • Membuat Tubuh Kebal

Apabila sahabat muslim mendapat serangan menggunakan benda tajam seperti pedang atau pisau dan benda tumpul lainnya maka tubuh menjadi lebih kebal terhadap serangan tersebut. Namun, dalam pengamalannya harus disertai dengan niat yang baik. Selain itu, juga akan kebal terhadap berbagai serangan ilmu hitam, santet, guna-guna, teluh dan lain-lain.

Baca Juga : Karomah Sholawat Munjiyat dan Sejarahnya

Hizib barqi setelah berhasil dikuasai, maka alangkah baiknya jika sahabat muslim tetap bersikap tawadhu’, rendah hati dan menjaga ilmu yang dimiliki sehingga bisa bermanfaat untuk sesama. Semoga Allah SWT senantiasa meridhoi setiap perbuatan dan melindungi  dari berbagai jenis bahaya maupun kejahatan.

Pemuda Muslim Yang Hoby Menulis #Publisher #Programmer #Blogger #SEO