Keistimewaan Hizib Nashor

Posted on

Hizib nashor sangat populer di kalangan masyarakat umum. Hizib tersebut juga disebut dengan hizib qahr. Penyusunnya adalah seorang wali Qutb Syekh Abi Hasan As-Syadzili yang menjadi kiblat dari tarekat Syadziliyah. Biasanya diamalkan oleh penganut tarekat Syadziliyah dan Qadiriah secara istiqamah.Hizib Nashor


Mengenal Hizib Nashor

Hizib yang ditulis ketika terjadi perang melawan tentara salib ini sangat terkenal sebagai wirid ampuh untuk menangkal berbagai serangan dari musuh atas izin dari Allah SWT. Masyarakat telah membuktikan betapa mujarabnya khasiat wirid ini. Setiap do’a yang diminta insya Allah  terkabul.

Baca Juga : Cara Mengamalkan Hizib Autad

Sahabat muslim bisa membaca dan mengamalkan hizib tersebut yang artinya seperti berikut:

Artinya:

“Dengan menyebut asma’ Allah Yang Maha Penyayang lagi Maha Pengasih. Aku berbenteng kepada Tuhan Yang memiliki kerajaan dan kekuasaan; aku berpegang teguh pada yang memiliki kemuliaan dan kekuasaan; aku bertawakkal kepada Sang Raja yang hidup abadi lagi terus menerus mengurus makhluk-Nya, Yang Maha Penyantun, yang tak pernah tidur dan tidak mengenal mati. Aku masuk kedalam penjagaan Allah. Aku masuk kedalam pemeliharaan Allah. Aku masuk kedalam pengamanan Allah. Berkat kebenaran kaaf haa yaa ‘aiin shaad aku dijaga dan berkat haa miim ‘aiin siin qaaf aku dilindungi. Tiada daya dan tiada kekuatan melainkan dengan pertolongan Allah yang Maha Tinggi lagi Maha Agung”

Artinya:

“Yaa Allah! Dengan perantaraan kekuatan kekua-saan penaklukan-Mu; dengan perantaraan kecepatan datangnya pertolongan-Mu; dengan perantaraan kecemburuan-Mu bagi pelanggaran terhadap larangan-larangan-Mu; dengan perantaraan perlindungan-Mu terhadap orang yang memohon perlindungan dengan ayat-ayat-Mu,

Bagi para pecinta tasawuf dan ahli tarekat tentu tidak asing dengan nama Abu Hasan As-Syadzili. Beliau adalah ulama sufi tersohor yang lahir di Mesir pada tahun 1197 M dan wafat ketika berumur 61 tepatnya pada tahun 1258 M. Berdasarkan nasabnya, merupakan keturunan Rasulullah SAW yang berasal dari jalur Hasan.

Baca Juga : Hizib Nawawi dan Keutamaannya


Petunjuk Mengamalkan

  1. Dibaca pagi dan sore setiap hari, caranya didahului dengan membaca “Hasbunallahu wa ni’mal wakil” sebanyak 450 kali yang merupakan syarat utama baru kemudian membaca hizib 3 kali atau satu kali.
  2. Mendatangkan kewibawaan dengan mengamalkan usai sholat wajib dengan diawali membaca 450 kali  “Hasbunallahu wa ni’mal wakil” lalu hizib dibaca 3 kali. Sahabat muslim ketika membacanya harus khusyuk.
  3. Apabila dikuasai oleh seorang musuh atau orang zalim maka sahabat muslim bisa mengamalkan usai sholat isya. Caranya berwudhu, lalu berdiri untuk melakukan 2 rakaat sholat hajat. Setelah itu, wirid   “Hasbunallahu wa ni’mal wakil” 450 kali dilanjutkan hizib 7 kali pada sekali duduk. Insya Allah jika dilakukan rutin akan terbebas dari belenggu musuh.

Dalam mengamalkannya harus ekstra hati-hati terutama jika ditujukan untuk orang lain yang dianggap musuh. Apalagi faktanya orang tersebut hanya tidak disenangi karena alasan pribadi saja. Jika demikian, maka dampaknya bisa dirasakan oleh pembacanya sendiri.

Hal senada seperti yang telah disebutkan di dalam kitab Al-Mafakhir Al-‘aliyah fi Al-Ma’atsir As-Syadziliyah. Allah akan menghancurkan orang yang bertindak sewenang-wenang, durhaka dan zalim serta melampaui batas.

Musuh yang seharusnya dilawan dan dibentengi dengan membaca hizib adalah orang yang menghalangi perjuangan dakwah agama Islam. Musuh tersebut bisa dalam wujud manusia atau pun makhluk yang tidak dapat dilihat seperti setan dan jin.

Sahabat muslim harus memiliki ijazah agar bisa mengamalkannya, yaitu belajar bersama seorang guru yang telah ahli. Tanpa adanya bimbingan bisa mendatangkan mudharat. Satu hal yang harus selalu diingat adalah niat mengamalkan hanya untuk sebagai pelindung diri dan tidak untuk menyakiti orang lain.


Keistimewaan Hizib Nashor


  • Mengalahkan Musuh

Pembaca hizib akan diberi pertolongan untuk mengalahkan musuh sampai tuntas tanpa ada sisa. Selain itu, juga memberikan efek menaklukkan musuh seperti namanya yang dikenal sebagai hizib al-qahr yang artinya penakluk. Bahkan, bisa membuat seseorang tidak mempan terhadap serangan benda tajam.


  • Mengandung Karomah Tinggi

Karomah dapat dirasakan jika sahabat muslim mengamalkan secara konsisten, rutin dan istiqamah. Energi spiritual di dalamnya paling hebat. Kehebatan do’anya telah dikenal terutama di lingkungan pondok pesantren.

Salah satu contohnya adalah mendatangkan keberanian untuk melawan pengeroyok orang yang tidak senang. Di sisi lain, juga melawan orang yang iri terhadap keberhasilan dan kesuksesan yang telah diraih.

Baca Juga : Khasiat dan Manfaat Hizib Barqi


  • Memberikan Pertolongan dari Ancaman

Saat terhimpit sesuatu maka sahabat muslim dapat memanfaatkan hizib agar mendapatkan perlindungan dan keselamatan. Dengan demikian, bisa terhindar dari ancaman gaib maupun nyata yang berbahaya bagi diri sendiri, keluarga dan masyarakat. Selain itu, bisa menolak bala’, menangkal dari serangan santet, sihir dan tenun.


  • Mengobati Penyakit

Para pakar ilmu hikmah telah menggunaknnya untuk menolong banyak orang mengobati berbagai jenis penyakit baik medis ataupun nonmedis. Misalnya adalah mengobati orang gila, sakit ayan, kerasukan jin, luka memar akibat pukulan dan lain-lain. Apabila dikerjakan terus menerus maka sahabat muslim semua akan merasakan manfaatnya yang luar biasa hebat.


  • Membantu Masalah Keuangan

Apabila sedang dalam kondisi susah terutama dalam hal keuangan maka dengan mengamalkan wirid ini akan membantu mencari solusi terbaik sebagai jalan keluar dan bisa juga menghilangkan kesialan. Bahkan, kelak di akhirat akan mendapatkan pertolongan Nabi Muhammad SAW.

Baca Juga : Keutamaan dan Tata Cara Membaca Hizib Bahr


  • Mengabulkan Hajat

Hajat seseorang dapat terkabul dengan melakukan amalan ini sesuai dengan petunjuk. Selain itu, juga akan memberikan kewibawaan yang membuat orang lain senang dan segan saat melihat serta menambah kepercayaan pada diri seseorang.

Baca Juga : Bacaan Wirid Sakran Beserta Manfaatnya

Keistimewaan membaca hizib nashor begitu banyak. Namun, sahabat muslim harus bijak dalam mengamalkannya agar tidak salah sasaran hingga justru malah membahayakan diri sendiri. Oleh karena itu pentingnya memiliki seorang guru yang akan membimbing saat mempelajarinya.

Pemuda Muslim Yang Hoby Menulis #Publisher #Programmer #Blogger #SEO