Cara Mengamalkan Hizib Autad

Posted on

Hai sahabat muslim semua, pada kesempatan kali ini akan dikupas secara tuntas tentang hizib autad yang disusun oleh Syekh Abdul Qodir Jaelani beserta teks bacaan dan artinya. Selain itu, dilengkapi juga dengan cara untuk mengamalkan dan kegunaannya di dalam kehidupan sehari-hari. Penasaran? Yuk, simak dan gali lebih dalam informasi di bawah ini.Hizib Autad

Di dalam hizib tersebut mengandung rangkuman dzikir-dzikir untuk mengagungkan nama Allah SWT. Ilmu ini telah banyak diamalkan setiap hari oleh para kyai atau ustad. Salah satu faedahnya adalah dapat mengabulkan hajat pembacanya.

Baca Juga : Hizib Nawawi dan Keutamaannya


Mengenal Sosok Syekh Abdul Qodir Jaelani

Syekh Abdul Qodir Jaelani merupakan salah satu ulama besar sekaligus waliyullah yang mempunyai gelar sulthonul auliya. Artinya adalah beliau merupakan rajanya para wali. Beliau lahir pada tahun 1077 M atau 470 H dan wafat pada tahun 1166 M atau 561 H. Semasa hidupnya, beliau termasuk golongan orang shaleh yang memiliki ilmu tinggi dan berjasa mendirikan tarekat Qodiriyah.

Banyak karya yang telah beliau hasilkan dalam bentuk kitab, dzikir, hizib dan wirid. Karyanya masih diamalkan sampai sekarang. Nama lain dari hizib ini adalah hizib Jaelani. Di dalamnya mengandung rahasia yang keutamaannya begitu dahsyat bagi pengamalnya. Bagi sahabat muslim yang belum mengetahui bacaan maka bisa membaca teks di bawah ini:

Allahul kafi, robbunal kafi, qoshadnal kafi, wajadnal kafi, likulin kafi, kafanal kafi, wa nimal kafi alhamdullilah. Hasbunnallahu wanimal wakil nimal maulana waniman nashir, Wakafallohu mumininal qital. Amin, amiin ya Robbal alamin.

Baca Juga : Khasiat dan Manfaat Hizib Barqi

Artinya:

Allah yang mencukupi, Tuhan kita yang mencukupi. Tujuan kita Allah yang mencukupi, Yang kita temukan Allah yang mencukupi. Terhadap segala sesuatunya Allah yang mencukupi, yang memenuhi kebutuhan kita hanyalah Allah. Allah lah sebaik-baik Dzat yang mencukupi, Alhamdulillah segala puji bagi Allah. Dan Allah lah yang mencukupi orang-orang mukmin dalam pertempuran. Aamiin, aamiin yaa Rabbal alamiin.


Cara Untuk Mengamalkan

Hizib sendiri berasa dari kata hizb yang artinya adalah suatu kelompok besar. Namun, pada prakteknya hizib hampir mirip dengan wirid, yaitu kegiatan yang dilakukan secara rutin atau terus menerus. Selain itu, juga mirip dengan Al-Thaaifah atau Al-Jamaah karena isinya adalah dzikir maupun wirid.

Makna hizib juga sama dengan Al-Silaah, yakni sesuatu yang diamalkan rutin pada momen-momen tertentu. Hizib bisa dimaknai sebagai An-Naubah yang terkadang dapat dibaca pada waktu-waktu tertentu. Bacaannya sangat pendek dan mudah juga untuk dilafalkan sehingga mempermudah pengamalannya.

Sahabat muslim yang dimuliakan oleh Allah SWT, ketika hendak mengamalkannya bisa diawali dengan membaca basmalah kemudian diikuti sholawat dan surat Al-Fatihah untuk Nabi Muhammad SAW beserta keluarganya dan kepada Syekh Abdul Qodir Jaelani. Selanjutnya membaca dengan niat untuk berdzikir kepada Allah SWT.

Waktu yang tepat untuk mengamalkannya adalah bisa kapan saja tanpa ada batasan waktu sesuai kemampuan pribadi masing-masing. Misalnya dilakukan setelah sholat, di waktu pagi, siang, sore atau malam hari.

Baca Juga : Keutamaan dan Tata Cara Membaca Hizib Bahr

Sahabat muslim juga dapat mengamalkan selama 21 hari setiap tengah malam, yaitu setelah sholat hajat atau tahajud. Setelah itu, dianjurkan untuk mendawamkannya dan alangkah baiknya jika dilakukan sesudah sholat wajib sebanyak 7, 21 atau 41 kali.

Cara lainnya adalah dibaca 7 hari secara berurutan usai menjalankan sholat lima waktu masing-masing 41 kali. Kemudian, 313 kali menjelang menunaikan ibadah sholat subuh lebih diutamakan karena khasiatnya sungguh besar. Lalu, didawamkan setiap selesai sholat dengan minimal membaca 3 kali.


Kegunaan Hizib Autad


  • Membuat Hati Lebih Tenang

Sahabat muslim yang insya Allah menjadi ahli surga, membaca hizib dapat menenangkan hati dan mahabbah. Hal ini dikarenakan Allah SWT akan mempermudah menyelesaikan berbagai hal dan masalah hidup serta memberikan keselamatan dari ancaman maupun bahaya.

Baca Juga : Bacaan Wirid Sakran Beserta Manfaatnya


  • Media Berdzikir

Tujuan seseorang melakukan dzikir adalah untuk semakin mendekatkan diri dan menggapai ridho dari Allah SWT. Oleh karena itu, sebagai umat muslim yang taat hendaknya memperbanyak dzikir karena manfaatnya sangat besar. Contohnya membuat hati semakin tenang, tenteram, dan tidak gelisah.


  • Cepat Mengabulkan Do’a

Apabila sahabat muslim ingin harapan, do’a, dan apa pun yang dicita-citakan segera terkabul maka dianjurkan untuk berdzikir dan serta mengamalkannya 1000 kali. Namun, perlu diingat bahwa harus disertai dengan kepasrahan, kerendahan hati, bersungguh-sungguh, bersikap tawadhu’ dan diiringi dengan usaha secara lahiriah insya Allah cepat terkabul.


  • Melapangkan Rezeki

Atas seizin Allah SWT rezeki sahabat muslim menjadi lebih lancar karena dapat memperluas pintu-pintu untuk mendapatkan rezeki yang berlimpah ruah. Dengan demikian, bisa hidup damai, aman dan kesejahteraan hidup terjamin.

Baca Juga : Manfaat Mengamalkan Sholawat Jibril 500x


  • Terhindar dari Musuh

Jika ada orang lain yang hendak berbuat jahat atau berniat buruk maka Allah akan melindungi dan memberikan keselamatan sehingga bisa terhindar dari bahaya yang akan menimpa. Selain itu, akan disayangi oleh seluruh makhluk ciptaan Allah SWT.


  • Sebagai Perisai

Membaca dengan rutin dapat menjadi perisai dan melindungi diri dari berbagai jenis bencana maupun bahaya. Insya Allah sahabat muslim akan diberi keselamatan baik selama hidup di dunia maupun kelak di akhirat.

Baca Juga : Khasiat Zikir Hari Senin

Apa pun itu jenis amalannya, jika dikerjakan istiqamah dan ikhlas hanya karena Allah saja maka hasilnya akan jauh lebih baik. Begitu pula saat mengamalkan hizib autad ini. Semoga Allah SWT selalu memberikan kemudahan dan kelancaran dalam beribadah sehingga bisa meningkatkan keimanan dan keyakinan di dalam hati.

Pemuda Muslim Yang Hoby Menulis #Publisher #Programmer #Blogger #SEO