7 Khasiat Zikir Hari Selasa

Posted on

Pengertian Zikir Hari Selasa

Jika sahabat muslim menginginkan ketenangan dan kedamaian hati, sahabat muslim bisa mendapatkannya dengan terus menerus zikir kepada Allah (SWT). Dalam Al-Qur’an, Allah Yang Maha Kuasa sendiri berfirman bahwa dengan mengingat-Nya, hati akan menemukan ketenangan. Salah satu amalan zikir yang bisa sahabat muslim lafalkan adalah zikir hari Selasa.Zikir Hari Selasa

Zikir Selasa adalah salah satu zikir dari 7 jenis zikir harian lainnya yang diamalkan oleh Imam Al-Ghazali, yang kemudian juga banyak diamalkan oleh umat muslim. Dengan berzikir, maka sahabat muslim akan menemukan kedamaian di sisi Allah dan menjadi tenang. Selain itu, ada beberapa manfaat yang akan sahabat muslim dapatkan dengan konsisten berzikir. Apa sajakah itu?

Baca Juga : Keistimewaan Hizib Nashor


Bacaan  Zikir Hari Selasa

Al-Ghazali adalah salah satu ahli hukum Islam terbesar, teolog dan seorang sufi. Ia mempelajari berbagai cabang ilmu agama Islam tradisional di kota asalnya Tus, Gurgan dan Nishapur di bagian utara Iran. Ia sudah menjadi sufi sejak usia dini. Diakui oleh Nizam al-Mulk, wazir dari para sultan Saljuk, ia diangkat sebagai kepala Nizamiyyah College di Baghdad pada tahun 484 H.

Perguruan tinggi menyangkal ajaran sesat serta menjawab pertanyaan dari semua lapisan masyarakat. Empat tahun kemudian, Imam Ghazali meninggalkan karirnya dan dunia untuk lebih mendalami ilmu tasawufnya. Salah satu ajaran tasawufnya yang banyak dipraktekkan oleh banyak orang adalah zikir hariannya.

Menurut Al-Ghazali, jika seseorang merasa kesulitan membaca 1000 zikir secara langsung, maka dipecah menjadi 200 kali setiap selesai sholat wajib pun tidak masalah. Ia kemudian juga membagi zikir harian, salah satunya ya zikir Selasa ini.

Baca Juga : Cara Mengamalkan Hizib Autad

Berikut adalah bacaan zikir Selasa menurut Imam Al-Ghazali :

“Allahumma solli ‘ala sayyidina muhammadin nabiyyil ummiyyi wa’ala alihi wasohbihi wasallim”

Artinya :

Ya Allah limpahkanlah shalawat dan salam kepada Sayyidina Muhammad yang tidak dapat membaca dan menulis (ummy) kepada keluarga serta sahabatnya.

Atau jika dirasa sholawat di atas terlalu untuk dibaca, maka sahabat muslim bisa memilih untuk berzikir :

“Allahumma solli a’la muhammad”

Artinya :

Ya Allah limpahkanlah shalawat dan salam kepada Sayyidina Muhammad


Cara Mengamalkan Zikir Harian Selasa

Nah, untuk sahabat muslim yang ingin sekali melakukan amalan zikir harian dari Imam Al Ghazali ini, berikut adalah caranya :

  1. Berwudu terlebih dahulu.
  2. Bacalah di tempat yang dirasa hening dan menenangkan.
  3. Bawalah tasbih jika memang diperlukan.
  4. Baca sambil menghadap kiblat.
  5. Bacalah sebanyak 200 kali atau semampu sahabat muslim.
  6. Baca setiap selesai sholat fardhu.

Baca Juga : Hizib Nawawi dan Keutamaannya


 Khasiat Zikir Hari Selasa

Ada beberapa khasiat yang akan sahabat muslim dapatkan dengan senantiasa mengucapkan zikir Selasa kepada Allah, di antaranya adalah :


  • Mendapat Berkah dari Nabi

Seluruh alam semesta meminta berkah bagi Nabi, kemudian Allah dan Malaikat-Nya mengirimkan berkah kepada Nabi. Inilah mengapa Nabi adalah ‘berkah bagi alam semesta’. Oleh sebab itu orang-orang beriman dianjurkan untuk mengirimkan berkah kepada Nabi dengan cara zikir sholawat.

Nabi Muhammad adalah utusan terakhir yang datang dari Allah. Dengan kata lain, keberadaannya di awal penciptaan Islam merupakan keberkahan untuk alam. Semua yang ada di alam ini mendapat berkah karena kehadiran utusan-Nya. Doa orang kepada Allah tidak sampai kepada-Nya kecuali melalui Nabi Muhamad. Jadi mengapa harus ragu untuk selalu mengucapkan sholawat kepada Nabi?


  • Terhindar dari Rasa Gelisah

Dengan berzikir mengucapkan sholawat kepada Nabi, maka sahabat muslim akan dijauhkan dari rasa cemas, panik, takut dan gelisah. Apapun masalah yang sahabat muslim dapatkan, semua rasa khawatir akan hilang dari hati sahabat muslim.

Baca Juga : Khasiat dan Manfaat Hizib Barqi


  • Menghapus Dosa Kecil

Berzikir sholawat kepada Nabi juga bisa menghapus dosa-dosa kecil yang sahabat muslim lakukan. Baik dosa itu sahabat muslim sengaja atupun tidak, mengucapkan zikir Selasa dengan istiqomah bisa menghapus dosa-dosa yang pernah dilakukan.


  • Terhindar dari Godaan Setan

Amalan zikir hari Selasa juga bisa membantu sahabat muslim terhindar dari berbagai tipu muslihat setan yang bisa menjerumuskan sahabat muslim ke lembah dosa. Amalan zikir ini bisa menghindarkan sahabat muslim dari segala godaaan setan yang hanya akan merugikan diri sendiri dan orang lain.


  • Terhindar dari Fitnah Dunia

Fitnah dunia merupakan suatu kabar kebohongan yang sangat kejam karena bisa menimbulkan banyak kesalahpahaman. Sahabat muslim yang ingin terlindungi dari fitnah dan gunjingan tetangga atau orang-orang di sekitar, amalkan saja zikir Selasa ini.


  • Dibukakan Pintu Rezeki

Apabila sahabat muslim merasa rezeki sedang macet dan dalam kondisi finansial yang cukup menyulitkan, maka amalan zikir Selasa bisa membukakan rezeki kepada sahabat muslim. Sholawat kepada Nabi terus menerus bisa membukakan rezeki seluas-luasnya kepada sahabat muslim.

Baca Juga : Keutamaan dan Tata Cara Membaca Hizib Bahr


  • Terhindar dari Segala Bahaya

Amalan zikir hari Selasa yang istiqomah dilafalkan juga bisa membantu sahabat muslim terlindungi dari segala bahaya yang mengancam seperti banjir, kebakaran atau badai. Zikir ini juga bisa membantu sahabat muslim terhindar dari segala bentuk kejahatan manusia yang membahayakan.

Biasakan bagi sahabat muslim untuk berzikir secara teratur. Istiqomah dalam berzikir akan membuat sahabat muslim lebih terhubung dengan Allah dan Nabi.

Baca Juga : Bacaan Wirid Sakran Beserta Manfaatnya

Zikir memusatkan pikiran sahabat muslim kepada Allah SWT terus menerus sehingga bisa menenangkan pikiran dari hal-hal negatif. Semakin banyak latihan berzikir, semakin sahabat muslim terbiasa untuk melakukannya.

Pemuda Muslim Yang Hoby Menulis #Publisher #Programmer #Blogger #SEO