Keutamaan Luar Biasa dari Sholawat Fatih

Posted on

Sahabat muslim pasti ingin memperoleh syafaat Nabi saat di Padang Mahsyar kelak. Oleh karenanya, sahabat muslim harus banyak-banyak membaca sholawat. Ada berbagai macam sholawat yang dapat dipilih, misalnya sholawat fatih. Jika Sahabat Muslim ingin memiliki kehidupan dunia dan akhirat yang memuaskan, kunci sholawat fatih dapat menjadi jawabannya.kuncii Sholawat Fatih


Kunci Sholawat Fatih dan Bacaannya

Sholawat Fatih dapat dikatakan sebagai kunci pembuka pintu rezeki dan cocok dibaca saat sahabat muslim sedang menghadapi kebuntuan. Sehingga, sahabat muslim harus mengetahui bacaan sholawat ini.

Baca Juga : 7 Khasiat Zikir Hari Selasa

Bacaan: Allahumma sholli wa sallim wa barik ‘ala sayyidina Muhammadinil Fātihi lima ughliqo, wal khātimi limā sabaqa, wan nashiril haqqa bil haqqi, wal hadi ila shirotin mustaqim. Shollallahu ‘alayhi, wa ‘ala alihi, wa ashhabihi haqqa qadrihi wa miqdārihil ‘azhim.

Artinya: “Ya Allah, limpahkanlah sholawat, salam, dan keberkahan kepada junjungan kami, Nabi Agung Sayyidina Muhammad SAW. Pembuka apa yang terkunci, penutup apa yang telah lalu, pembela yang hak dengan yang hak, dan petunjuk kepada jalan yang lurus. Semoga Allah melimpahkan sholawat kepadanya, keluarga, dan para sahabatnya dengan hak derajat dan kedudukannya yang agung.”


Sejarah Sholawat Fatih

Bagaimana sholawat fatih ini bermula? Pada suatu hari, Syeikh Ahmad At-Tijani Rodhiallahuanhu bermunajat serta memohon kepada Allah swt agar ia diberi bacaan sholawat yang banyak mengandung keistimewaan, fadhilah, dan pahala.

Setelah menunggu belasan tahun, Syeikh Ahmad At-Tijani lalu memperoleh jawaban atas permohonannya. Malaikat datang kepadanya, saat ia terjaga dan memberinya lafal sholawat fatih ini dalam bentuk tulisan cahaya. Ia juga diberitahu tentang keistimewaan dan fadhilah sholawat tersebut.

Baca Juga : Keistimewaan Hizib Nashor

Sebelum dikenal dengan nama sholawat fatih, sholawat ini dikenal dengan nama sholawat al-bakriyah. Di samping itu, sholawat ini juga dinamai Al-Yaaqutatul Faridah.


Keutamaan Sholawat Fatih

Sholawat ini memiliki berbagai keistimewaan dan keutamaan. Dengan membacanya, sahabat muslim dapat memperoleh berbagai manfaat, sebagai berikut:


  • Menambah Pahala

Memiliki bekal amal atau pahala sebanyak-banyaknya untuk kehidupan akhirat merupakan suatu keharusan. Salah satu cara untuk menambah bekal tersebut adalah dengan mengamalkan sholawat fatih. Menurut ulama, pahala yang diperoleh dari membaca sholawat ini adalah 1000 kali pahala membaca  sholawat biasa.


  • Menghapus Dosa Kecil

Selain dapat memperbanyak pahala, mengamalkan sholawat fatih dapat membantu sahabat muslim mengurangi dosa-dosa yang dimiliki. Ketika membaca sholawat ini, Allah akan mengampuni dosa-dosa kecil milik sahabat muslim.

Sahabat muslim tidak perlu membacanya ratusan atau ribuan kali. Hanya dengan membacanya sebanyak 11 kali setiap selesai shalat fardhu, selama 40 hari berturut-turut, insha Allah dosa-dosa kecil sahabat muslim akan terhapus.

Baca Juga : Cara Mengamalkan Hizib Autad


  • Bertemu dengan Baginda Nabi SAW di Dalam Mimpi

Jika sahabat muslim ingin bertemu dengan Baginda Nabi SAW di dalam mimpi, sahabat muslim dapat membaca sholawat fatih. Bacalah sholawat ini pada Kamis malam atau Minggu malam sebanyak 1000 kali. Insha Allah sahabat muslim akan didatangi oleh Nabi SAW di dalam mimpi.


  • Berkumpul dengan Baginda Nabi SAW di Akhirat

Sahabat muslim pasti juga ingin berkumpul dengan Baginda Nabi SAW di akhirat. Untuk tujuan ini, amalan yang harus dilakukan hampir sama seperti jika sahabat muslim ingin bertemu Baginda Nabi SAW di dalam mimpi.

Namun bedanya, sahabat muslim harus melakukannya secara istiqomah. Dengan kata lain, harus melakukannya setiap Kamis malam dan Minggu malam. Selain itu, ada baiknya sahabat muslim melakukan shalat hajat 2 kali sebelum membaca sholawat ini sebanyak 1000 kali.

Surat pendek yang sebaiknya dibaca pada shalat hajat yang pertama adalah Al Qadar pada rakaat 1 dan Al Zalzalah pada rakaat 2 lalu salam. Dan pada shalat hajat yang kedua, sahabat muslim sebaiknya membaca Al Kafirun di rakaat 1 dan An Naas di rakaat 2 lalu salam.

Baca Juga : Hizib Nawawi dan Keutamaannya


  • Membebaskan Diri dari Siksa Api Neraka

Dengan membaca sholawat fatih, insha Allah sahabat muslim akan terbebas dari siksa api neraka. Seperti juga sholawat lainnya, sholawat fatih akan membantu sahabat muslim untuk memperoleh syafaat Nabi SAW ketika di padang Mahsyar dan yaumul mizan.

Jika memperoleh syafaat ini, sahabat muslim akan memperoleh salah satu dari beberapa kemungkinan syafaat. Kemungkinan itu adalah dipercepat masuk surga, masuk surga tanpa hisab, dan ditambah berat amal kebaikannya. Agar memperoleh syafaat ini, sahabat muslim harus membaca sholawat fatih setiap hari ketika selesai shalat fardhu.


  • Menghilangkan Kesulitan dan Kesempitan

Setiap orang pasti akan diberi cobaan berupa kesulitan dan kesempitan oleh Allah. Saat dihadapkan pada hal tersebut, sahabat muslim dapat mengamalkan sholawat fatih. Menurut para ulama, sholawat ini dapat menghilangkan kesulitan dan melapangkan kesempitan.

Agar cobaan tersebut segera terangkat dari kehidupan sahabat muslim, bacalah sholawat fatih setiap selesai melaksanakan shalat fardhu sebanyak mungkin setiap hari. Selain itu, sholawat ini juga dapat menenangkan hati yang sedang gundah.


  • Melancarkan Rezeki

Jika saat ini sahabat muslim merasa bahwa rezeki yang diperoleh kurang lancar dan tidak berkah, sahabat muslim dapat berikhtiar dengan cara membaca sholawat fatih. Sholawat ini harus dibaca setiap sehabis shalat Subuh sebanyak 21 kali. Apabila istiqomah dalam membacanya, sahabat muslim akan hidup sejahtera dan rezeki mengalir dengan lancar.

Baca Juga : Khasiat dan Manfaat Hizib Barqi


  • Terlindung dari Malapetaka

Menurut para ulama, sholawat fatih dapat menghindarkan orang yang mengamalkannya dari berbagai malapetaka di dunia ini. Untuk terhindar dari malapetaka atau keburukan dunia, bacalah sholawat ini setiap selesai shalat fardhu sebanyak 20 kali.

Baca Juga : Keutamaan dan Tata Cara Membaca Hizib Bahr

Kunci sholawat fatih memang memberi kemudahan hidup di dunia dan di akhirat. Namun, hal ini bukan berarti sahabat muslim dapat mengganti ibadah fardhu dan sunnah dengan membacanya. Di samping itu, sahabat muslim juga tidak boleh melupakan sholawat lainnya.

Pemuda Muslim Yang Hoby Menulis #Publisher #Programmer #Blogger #SEO